Thursday

2 Pilihan Cara Update Software Realme ke Versi Terbaru

2 Pilihan Cara Update Software Realme ke Versi Terbaru

Brand Realme yang resmi didirikan oleh Sky Li pada Mei 2018 ini sudah memiliki pengguna mencapai 35 Juta di seluruh Dunia pada pertengahan 2020. Deretan produk yang dikeluarkan selalu menarik perhatian konsumen, Mulai tipe Realme C3, C6, X3 Super-zoom, C11 dan tipe lainnya.
Cara update HP Realme

Apapun jenis dan tipenya, Seiring waktu biasanya vendor Realme mengeluarkan versi terbaru dari software smartphone buatannya, baik itu pembaruan untuk User Interface (UI) atau ColorOS. Tentu tujuan utamanya untuk meningkatkan performa dan fitur dari versi sebelumnya.

Cara melakukan update software di HP Realme sangatlah mudah dan hampir tidak memerlukan keahlian khusus. Dimana ada dua pilihan yang direkomendasikan untuk memperbarui software lama dengan versi terbaru bagi pemilik smartphone.

Simak juga : Beda Harga dan Spesifikasi Realme 6 dan 6-Pro di Indonesia serta Cara Reset dan Restart HP Realme C2 dan C3

Namun sebelum melakukan pembaruan, disarankan bagi pemilik HP Realme untuk melakukan mack-up data. Adapun cara mencadangkan data sistem dan aplikasi bisa dilakukan dengan mengakses Pengaturan > Pengaturan Tambahan > Buat Cadangan dan Reset > Cdangkan & Pulihkan, Lalu pilih data mana yang ingin dicadangkan.

2 Cara Memperbarui Software Realme


1. Cara Update paling mudah

Cara memperbarui software paling mudah yaitu lewat tampilan menu Pengaturan, Lalu masuk ke bagian Software Update. Secara otomatis apabila ada firmware versi terbaru akan ditampilkan informasinya di layar. Pastikan koneksi data internet terhubung dengan lancar dan baterai dalam kondisi minimal 70 persen keatas.

2. Update mode sederhana

Cara berikutnya yaitu dengan melakukan download manual firmware / Software versi terbaru di situs resmi Realme. Caranya sebagai berikut :

  1. Download firmware sesuai tipe smartphone anda di > situs Software Update – Realme
  2. Setelah itu copy atau transfer file unduhan ke memori internal telepon
  3. Buka aplikasi file manager dan cari file firmware yang telah diunduh
  4. Buka file tersebut dan tekan perbarui sekarang
  5. Tunggu sampai update selesai dan nantinya ponsel akan reboot otomatis

Catatan: Jangan mematikan HP realme secara paksa saat proses pembaruan sedang berlangsung, Tunggu dengan sabar karena membutuhkan waktu beberapa menit.

3. Update Realme di Mode Recovery

Cara ini mungkin terlihat lebih rumit dari kedua metode diatas karena metode update firmware dilakukan dalam mode Recovery, Jadi bukan dari tampilan menu normal yang biasa anda lihat. Bila masih ragu silahkan ajak teman yang lebiih mengerti untuk mendampingi mempraktekkannya.

Update Realme dari Recovery mode

  1. Unduh software versi terbaru realme dari situs resminya
  2. Simpan file unduhan di kartu MicroSD atau penyimpanan telepon
  3. Bila sudah, Matikan ponsel dan pastikan kondisi baterai diatas 70 Persen
  4. Dalam kondisi Ponsel Mati, Tekan bersamaan tombol Volume bawah + Daya
  5. Bila muncul muncul mode recovery, Pilih bahasa (Dalam contoh bahasa English)
  6. Kemudian pilih menu “Install from storage device
  7. Pilih “From Sorage” bila file di internal memori atau Pilih “From SD card” bila dari microSD
  8. Klik saja OK apabla adda peringatan yang menyatakan proses nantinya tidak dapat dibatalkan
  9. Tunggu sampai selesai proses pembaruan firmware Realme dan ponsel bisa digunakan kembali

Apabila anda tidak yakin atau takut melakukan pembaruan software Realme, entah takut nantinya ponsel mati total atau sesuatu yang tidak diinginkan, Silahkan bawa ke service center (Pusat layanan resmi) Realme terdekat di kota anda. Demikianlah beberapa cara meng-update firmware versi terbaru realme, baik melalui menu pengaturan ponsel maupun langsung mengunduh file-nya dari situs resmi Realme, semoga bermanfaat.

Show comments
Hide comments