Thursday

Apakah Hasil Subscribe Subs4Subs Bahaya Bagi Channel Youtube ?

Apakah Hasil Subscribe Subs4Subs Bahaya Bagi Channel Youtube ?

Mendapatkan banyak subscriber bagi pemilik channel youtube merupakan kebanggaan tersendiri. Bahkan sebagai pertanda bahwa video yang diupload disenangi sehingga penonton rela untuk menekan tombol merah agar padam menjadi abu-abu.
bahaya subs for subs channel

Bagi youtuber pemula, Mendapatkan satu subscribe saja awalnya terasa berat, bahkan harus mondar-mandir ke berbagai forum Subs4subs di media sosial tempat berkumpulnya para ‘pencari Subs’.

Bukan tindakan yang tidak beralasan, dimana salah satu tujuan utama pemilik channel menempuh ‘jalan pintas’ mencari subcriber dari pemilik channel lain yaitu karena adanya persyaratan monetisasi. Dimana syarat utama agar bisa disetujui menayangkan iklan di program pratner youtube adalah harus memiliki minimal 1.000 Subscriber dan 4.000 Jam tayang.

Maksud dari 4.000 Jam tayang (240.000 Menit) yaitu dalam kurun 12 bulan terakhir untuk total keseluruhan video yang dimiliki. Jadi sebenarnya, meskipun sudah mencapai total minimal 1.000 Subscriber, namun jam tayang belum memenuhi maka kriteria persyaratan monetize belum lengkap.

Baca juga: Cara memutar youtube tetap bersuara meskipun layar dimatikan

Oleh sebab itu, saat ini banyak di forum-forum Subs For Subs para pemilik channel youtube dalam menyebar link video miliknya mensyaratkan agar ditonton minimal beberapa menit (sesuai permintaan) sehingga dia akan membalas dengan memberi men-subscribe channel tersebut.

Apakah berbahaya untuk akun youtube bila kita melakukan aksi Subs4subs dengan youtuber lain ?


Untuk mengetahui jawabannya, admin sendiri akan membagi pengalaman saat melakukan saling subscribe dan pengalaman dari beberapa teman sesama youtuber.

1. Subs For Subs Berbahaya Jika.... 

Perlu diketahui, Mesin pelacak youtube saat ini semakin canggih. Tidak hanya teks Judul atau deskripsi saja yang dipantau, Bahkan teks dan suara di dalam video juga dapat terdeteksi bila ada pelanggaran.

Begitu juga masalah alur trafik datangnya subcriber, pastinya semua data tersebut akan terindek oleh pihak youtube. Mulai dari IP Address pemilik channel sampai lalu lintaas link yang kita sebar di beberapa forum Subs For Subs.

Akan berbahaya untuk kelangsungan channel apabila mesin pelacak youtube mendeteksi adanya trafik tidak wajar yang menuju ke channel karena terlalu ‘bersemangat’ untuk memperoleh subscribe banyak dalam waktu singkat.


Semisal, kita menyebar link video ke salah satu forum Subs4subs dan menargetkan langsung 1.000 Subs didapat dalam hitungan Jam, seolah kita seperti mengundang Spam dengan lalu lintas trafik tidak wajar.

Meskipun banyak kasus tidak ada peringatan dari pihak youtube saat pemilik channel langsung memperoleh semisal 1.000 subcriber dalam satu jam meski tidak sebanding dengan jumlah jam tayangnya.

Namun imbas dari tidak adanya peringatan tersebut bisa menyebabkan akun kita ditolak saat mengajukan monetize, yang tentunya alasan detailnya bisa tidak dijelaskan pihak youtube saat melakukan penolakan.

Intinya, sampai saat ini saya pribadi belum pernah mendengar adanya channel yang dihapus pihak youtube karena melakukan subs4subs. Hanya Kerugian tidak memperoleh peningkatan jam tayang saja yang didapat meskipun jumlah subscriber bertambah.

2. Subs4Subs Tidak berbahaya


Peningkatan jumlah subscriber dalam satu bulan

Dari pengalaman saya pribadi dan beberapa youtuber yang sudah pernah melakukan Subs For Subs di beberapa forum youtuber, tidaklah berbahaya.

Mungkin pihak youtube sendiri sudah memprediksi bakal ada yang bertindak curang untuk menambah jumlah subscriber yang salah satunya melakukan saling subscribe.

Namun lagi-lagi yang tidak dapat dibohongi adalah jumlah jam tayang. Dimana para pemilik channel tidak akan mengetahui apakah saat ingin melakukan aksi sub4sub tersebut pihak pemilik channel lain hanya sekedar lewat dan menekan tombol subscribe tanpa menonton video kita untuk beberapa menit.

Seandainya persyaratan monetisasi hanya berdasar jumlah subscriber saja, mungkin sudah banyak pemilik channel yang tidak dibikain pusing untuk memperoleh 4.000 Jam tayang.

Itulah sebabnya, boleh saya bilang kalau aksi saling subs antar pemilik channel tidaklah berbahaya karena jalan panjang masih harus dilalui untuk menambah jumlah jam tayang.

Salah satu tips supaya akun youtube aman dan channel tidak terdeteksi melakukan spam, maka milikilah target subscriber dalam satu waktu tidak berlebihan, misalnya hari ini target subs4subs hanya 100, besoknya tambah lagi dan seterusnya.

Kesimpulannya, Saling subs channel sebenarnya sah-sah saja menuru saya kalau dilakukan dengan cara natural dan tidak berlebihan.

Hindari membeli subcriber dari jasa penyedia subs karena kita tidak tahu apakah penjualnya menggunakan bot atau robot, bukan akun real. Lebih baik mencari forum subs For Subs yang secara logika mereka semua merupakan akun asli dan memang ingin menguntungkan satu sama lain.

Show comments
Hide comments