Thursday

Mengatasi Trouble pada Aplikasi BRIS Mobile Banking

Mengatasi Trouble pada Aplikasi BRIS Mobile Banking

Banyak pengguna atau Nasabah Bank BRI yang menggunakan Aplikasi Mobile banking Untuk bertransaksi dan melakukan kegiatan finansial dari smartphone. Tidak sedikit pula suatu saat mengalami permasalahan seperti tidak dapat login, kegagalan aktifasi kartu, Gagal transfer maupun pembayaran dan masalah lainnya.

BRI Mobile online banking error

Trouble saat menjalankan aplikasi BRIS Mobile banking (BRIMO) tentu merepotkan penggunanya, Semisal ingin transfer ke rekening lain untuk transaksi penting malah terjadi gangguan. Atau saat ingin membayar iuran BPJS kesehatan selalu gagal melulu meskipun berulangkali dicoba dan beberapa error lain yang membingungkan.

Bahkan kejadian seperti tidak bisa login ke akun BRI Mobile dan aplikasi banking muncul pesan error sering juga terjadi. Bagi pengguna Mobile banking BNI, Mandiri, BCA dan selainnya tidak menutup kemungkinan mengalami hal serupa. (Baca juga: Cara Transfer via Aplikasi BRIS online Banking ke rekening BRI)

Keadaan yang sering terjadi dan dialami pengguna aplikasi Mobile banking BRI atau BRIMO diantaranya:

  • Selalu gagal saat ingin login ke akun BRI mobile
  • Tidak bisa melihat Informasi saldo dari menu di dalam aplikasi
  • Kegagalan aktifasi akun mobile BRI
  • Gagal Melakukan transaksi seperti Transfer, Pembelian, pembayaran dan selainnya.
  • Aplikasi banking sering keluar sendiri meski belum menekan tombol logout.

Di bawah ini adalah beberapa solusi dan penyebab secara umum trouble di aplikasi Mobile BRI Banking sehingga kita tahu apakah aplikasinya yang bermasalah, servernya atau sistem di smartphone yang menjadikannya error.

1. Periksa koneksi Internet

Yang pertama harus anda lakukan saat terjadi trouble ketika menjalankan aplikasi mobile banking BRI yaitu memeriksa sambungan data internet.

Dimana perlu koneksi internet yang stabil minimal kualitas jaringan di smartphone 3G untuk dapat terhubung ke server BRI.

Dimana proses sinkron data, dari aplikasi smartphone ke server bisa mengalami error karena jaringan internet yang buruk.

Di saat sinyal selular melemah, jangan paksakan untuk melakukan transaksi seperti transfer, pembayaran atau pembelian di aplikasi mobile banking. Cari area sinyal yang bagus dan stabil, atau kalau bisa gunakan jaringan WiFi supaya transfer data stabil.
Baca Juga:


2. Kartu SIM Salah Letak Slot

Umumnya hampir semua aplikasi mobile banking mewajibkan penggunaan kartu SIM selular ke dalam Slot pertama di smartphone.

Dan jika Sim Card yang sudah didaftarkan ke pihak Bank diletakkan di slot kedua maka saat akan terjadi error ketika pertama kali menjalankan aplikasi mobile banking.

Meskipun sebelumnya anda sudah berulangkali mengakses aplikasi dan mencoba memindahkan kartu SIM ke slot kedua, maka proses login tidak bisa dilanjutkan. jadi pastikan letak SIM Card yang sudah diaktifasi untuk akun BRI Mobile anda letaknya di ruang pertama.

3. Terjadi Error di Server Bank

Setelah yakin langkah pengecekan koneksi internet dan letak kartu selular benar, maka lanjut ke perkiraan ketiga, yaitu adanya server aplikasi banking mengalami trouble.

Masalah yang terjadi pada server aplikasi banking bisa menyebabkan beberapa menu transaksi tidak dapat digunakan, seperti tidak bisa melihat informasi saldo, selalu gagal saat transfer uang, tidak bisa melihat nota transaksi dan lain sebagainya.

Bisa saja ada perbaikan, pemeriksaan keamanan, atau peningkatan kinerja server yang menjadikan aplikasi sementara waktu terjadi masalah sinkron data atau malah tidak dapat digunakan login.

Untuk bisa mengetahui apakah server sedang bermasalah atau tidak, salah satu yang paling mudah adalah menanyakan ke teman terdekat yang sama-sama menggunakan aplikasi BRI mobile.

Bila ada beberpa teman atau semisal ada forum tertentu yang mengalami problem serupa, bisa dipastikan pusat data server aplikasi banking sedang ada masalah. Jadi tunggu beberapa waktu sampai normal kembali dan bersabarlah.

Anda juga bisa menghubungi layanan resmi BRI seperi via Email di alamat callbri@bri.co.id, Call center BRI di 14017 / 1500017, atau kalau anda tidak sibuk bisa menanyakan langsung ke customer service kantor BRI cabang terdekat di rumah anda.

4. Login ganda di perangkat lain



Apa maksudnya ?, Artinya biasanya pusat data server aplikasi banking akan mendeteksi user atau nasabah yang sedang login. Dimana sistem mereka akan mendeteksi apabila ada aktifitas masuk yang tidak wajar seperti double login.

Walaupun autentifikasi kartu di slot pertama smartphone digunakan, biasanya ada jeda waktu pengguna untuk logout dan masuk kembali.

Yang terbiasa menutup aplikasi mobile Banking tanpa menekan tombol keluar dan langsung menutupnya dengan tombol home di Navigasi ponsel, yang terjadi sebenarnya aplikasi masih berjalan di latar belakang sistem.

Bila suatu saat ada peringatan user sedang aktif kala menjalankan aplikasi banking, coba bersihkan aplikasi yang aktif sebelum mencobanya kembali.

Tunggu jeda waktu beberapa menit untuk masuk lagi ke dalam akun BRI mobile supaya bisa login kembali.

5. Restart Sistem Smartphone

Penyebab lainnya aplikasi Mobile banking BRI trouble adalah sistem yang sibuk atau bermasalah.

Untuk mengatasinya, cobalah untuk memuat ulang (restart) ponsel supaya sistem reboot dan sistem ponsel kembali pulih serta ringan untuk menjalankan berbagai aplikasi.

Tidak jarang pengguna smartphone terus mengaktifkan ponselnya tanpa mencoba restart sistem. Padahal banyak sekali file sampah, cache atau aplikasi yang tidak terpakai berjalan di latar belakang sehingga memperberat kinerja ponsel.

6. Aplikasi Banking Rusak

Bila sudah mencoba restart ponsel, mengecek sambungan internet, memastikan SIM Card tidak kadaluarsa dan sudah diaktifasi ternyata masih saja gagal masuk ke BRI Mobile banking, bisa disebabkan aplikasi bermasalah.

Coba copot pemasangan aplikasi Mobile BRI dari ponsel anda, lalu unduh lagi di play store dan install.

Jangan lupa rutin membersihkan file cache di smartphone supaya kinerja sistem tidak berat dan semua aplikasi bisa berjalan lancar.

Itulah beberapa penyebab dan solusi untuk masalah BRI Mobile error saat dijalankan maupun dipakai untuk bertransaksi finansial, semoga bermanfaat.

Show comments
Hide comments