Sunday

Mengatasi Kamera HP Xiaomi Error Gagal Memotret

Meskipun saat ini hardware dari perangkat smartphone produk Xiaomi semakin canggih, tidak jarang pula ada trouble maupun error di beberapa aplikasi maupun perangkat keras bawaannya, seperti kamera yang tiba-tiba tidak bisa dipakai memotret atau permasalahan file foto tidak tersimpan di memori ponsel.

trouble xiaomi camera

Meski di beberapa tipe HP Xiaomi terbaru jarang terjadi kendala pada kamera, namun ada saja kejadian di beberapa pengguna yang mengeluhkan tidak dapat memotret dengan tidak mengetahui penyebab pastinya. Hal ini mungki wajar pada tipe smartphone android terdahulu yang banyak masalah pada bagian kamera, jaringan WiFi maupun di beberapa aplikasi yang sering keluar dan restart sendiri.

Permasalahan kamera Xiaomi juga admin rasakan di perangkat seperti Redmi Note 7, dimana terkadang saat ingin memotret objek ternyata tombol shutter tidak bisa ditekan meski di layar tidak ada peringatan error yang terjadi. Meskipun jarang, hal ini jelas menjadi pertanyaan sendiri bagi pemilik ponsel.
Baca Juga :


Penyebab Kamera Xiaomi Error


Tidak melulu karena kerusakan hardware saja, terkadang ada bagian sistem yang menjalankan aplikasi kamera juga memiliki pengaruh terhadap trouble saat ingin memotret. Nah, apa saja penyebab kamera di smartphone Xiaomi trouble ?, simak beberapa diantaranya sebagai berikut.

a. Aplikasi dan sistem crash, dimana kebanyakan kasus error pada kamera android disebabkan aplikasi camera bawaan ponsel sedang bermasalah, seperti crash dengan app lain, kehabisan alokasi RAM ataupun karena memang sistem sedang bermasalah.

b. Update Firmware / MIUI, Banyak kejadian setelah melakukan update firmware atau pembaruan sistem di HP Xiaomi ternyata ada beberapa Bug yang masih terjadi dan berimbas ke salah satu aplikasi seperti di bagian kamera. Biasanya kesalahan atau error ini biasanya akan diperbaiki oleh produsen dengan memunculkan update software terbarunya.

c. Hardware bermasalah, Perangkat keras yang sudah menurun kinerjanya bisa mengakibatkan kegagalan proses saat dijalankan. Begitu juga untuk masalah kamera Xiaomi yang sering macet atau tidak bisa difungsikan beberapa fiturnya seperti buram tidak bisa fokus, sebentar nyala namun keluar sendiri dan beberapa error lainnya.

d. HP sering terjatuh dan di Suhu ekstrem juga menjadi salah satu penyebab kamera Xiaomi trouble. Benturan yang berulangkali bisa membuat perangkat keras kamera maupun komponen lain yang rusak, begitu juga suhu udara yang terlalu panas dan juga lembab menyebabkan hardware sering mengalami trouble.

Mengatasi Kamera Xiaomi sering Error


Masalah pada bagian kamera smartphone bisa diatasi dengan mengetahui dulu apa penyebabnya. Meski sering terjadi benyak pemiliknya tidak tahu apa yang harus diperbuat dan apa yang menjadikan HP miliknya tiba-tiba error saat ingin memotret. Mari simak langkah-langkah mengatasi error camera Xiaomi berikut ini.


1. Bersihkan Aplikasi terbuka

Recent App atau banyaknya aplikasi yang terbuka dan belum ditutup dengan sempurna sering menjadi penyebab gagal proses bagi aplikasi lain, Tidak terkecuali di bagian kamera.

Jadi saat anda membuka aplikasi kamera bawaan xiaomi dan ternyata tidak dapat digunakan memotret objek, langkah pertama adalah menutup semua aplikasi yang anda buka sebelumnya, Tekan saja tombol navigasi kotak, lalu close semuanya.

Setelah semua tertutup sempurna, silahkan ulangi lagi membuka aplikasi kamera xiaomi dan coba tekan tombol shutter apakah sudah bisa digunakan atau belum.

2. Bersihkan Cache Xiaomi

Coba bersihkan juga cache dan file sampah HP Xiaomi bila cara nomor 1 tidak mengatasi masalah. Umumnya setiap tipe Xiaomi ada aplikasi Pembersih bawaan ponsel yang akan bekerja otomatis memindai file sampah dan cache saat dijalankan.

Banyaknya temporary dan cache file di sistem bisa menyebabkan HP lemot, sering kehabisan space RAM dan beberapa aplikasi macet tidak bisa dijalankan sebagaimana mestinya.

3. Restart HP Xiaomi

Coba muat ulang sistem Xiaomi, dimana cara ini sangat efektif dan jitu mengatasi semua permasalahan aplikasi yang sering macet maupun trouble saat dijalankan.

Smartphone yang jarang dimatikan maupun di restart bisa berpengaruh pada kinerja aplikasi secara keseluruhan, diantaranya disebabkan banyak file temporary yang menumpuk, kesalahan sistem mengalokasikan space RAM, crash app dan lain sebagainya.

4. Install aplikasi kamera


Maksudnya adalah mencoba memasang aplikasi kamera pihak ketiga semisal Open camera, camera 360, B612 selainnya untuk memastikan apakah aplikasi kamera bawaan xiaomi bermasalah atau tidak.

Bila setelah menginstall dan menjalankan app camera pihak ketiga namun tetap tidak bisa digunakan memotret bisa diasumsikan ada sistem maupun hardware bermasalah.

5. Reset factory Xiaomi

Langkah selanjutnya setelah beberapa tips diatas tidak mengatasi masalah, maka memutuskan mengembalikan setelan ke pengaturan pabrik adalah keputusan yang tepat.

Fungsi reset di HP Xiaomi yaitu mengembalikan semua settingan ke pengaturan pabrikan, dimana nanti efeknya semua data akan hilang seperti file foto, video, nomor telepon di memori HP, unduhan, setting jaringan, aplikasi terunduh dan data lainnya.

6. Flashing Firmware Xiaomi

Melakukan flash ulang software atau sistem di HP Xiaomi menjadi opsi terakhir setelah melakukan reset tetapi tidak bisa mengatasi trouble kamera.

Dimana flashing firmware bertujuan memebersihkan dan menginstall ulang software untuk menutup trouble seperti kehilangan file sistem dan kerusakan aplikasi.

7. Bawa ke service center

Bawalah ke pusat perbaikan resmi Xiaomi untuk mengatasi masalah kamera yang tidak bisa anda lakukan sendiri dirumah. Dimana nantinya oleh teknisi yang berpengalaman akan dicek apakah ada kerusakan hardware atau perlu dilakukan tindakan lanjutan untuk memperbaikinya.

Admin sarankan jangan melakukan flash ulang di HP Xiaomi saat kartu garansi masih bisa digunakan, karena melakukan perubahan pada sistem bisa mengakibatkan klaim garansi smartphone hangus.

Itulah beberapa penyebab dan langkah mengatasi kamera Xiaomi yang error atau tidak dapat digunakan memotret objek, semoga bermanfaat untuk pembaca DuniaAndroid.com semua, terima kasih.

This Is The Newest Post


Emoticon Emoticon