Saturday

Fitur Terbaru ! Mengunci WhatsApp dengan Sidik Jari

Mengamankan aplikasi di HP android dengan mengunci layar memakai Pola atau fingerprint sudah umum dilakukan. Namun khusus untuk aplikasi WhatsApp padda versi terbarunya sudah memiliki fitur pengamanan dengan scan sidik jari. Dimana update fitur ini sudah dimulai sejak awal November 2019 lalu.

Mengaktifkan fitur sidik jari aplikasi WA

Bagi anda yang menggunakan Versi lama WhatsApp maka fitur pengunci aplikasi belum tersedia. Begitu fungsi pengaman dengan sidik jari juga tidak akan bisa difungsikan apabila ponsel tidak ada scanner fingerprint.

Cara kerjanya, pengunci aplikasi WA ini akan bekerja layaknya pengaman berlapis. Dimana semisal layar ponsel berhasil dibuka oleh orang lain dengan PIN atau Pola, tetap saja saat ingin membuka whatsApp akan ada halaman verifikasi untuk memindai sidik jari pemiliknya.

Baca juga: Mengatasi Centang Satu Terus saat Kirim pesan WA dan Tips Supaya WhatsApp Tidak Centang Biru saat Pesan dibaca.

Adapun langkah-langkah untuk mengaktifkan kunci sidik jari pada aplikasi WhatsApp bisa sobat simak di bawah ini:

1. Perbarui dahulu aplikasi WA di smartphone anda, Untuk memastikannya coba buka google play store, kemudian menuju ke opsi menu di pojok kiri atas, pilih 'Aplikasi saya', disana akan tampak apakah versi WA terbaru atau meminta update.

2. Setelah itu, jalankan whatsapp seperti biasanya, kemudian masuk ke bagian menu di pojok sebelah kanan atas.

setelan menu kunci WhatsApp sidik jari

3. Di opsi Menu, berurutan masuk ke Setelan > Akun > Privasi > Kunci Sidik jari.

4. Aktifkan pilihan 'Buka kunci dengan sidik jari', Lalu tempelkan jari tangan yang sudah terdeteksi oleh sietem ponsel anda.

5. Setelah aktif, ada tiga pilihan yang bisa dipilih yaitu Segera, Setelah 1 menit atau Setelah 30 menit. Dimana maksud dari pilihan tersebut semisal anda memilih 'Segera' berarti saat keluar dari whatsApp dan membukanya kembali akan dimintai verifikasi sidik jari.

mengunci WA dengan fingerprint

6. Untuk mematikan fitur penguncian aplikasi WhatsApp, bisa mengulangi langkah-langkah diatas, cukup geser slider di opsi 'Buka kunci dengan sidik jari' sampai berwarna Abu-abu.

Catatan : Anda harus terlebih dahulu mendaftarkan sidik jari tangan ke sistem smartphone anda.

Apabila fitur keamanan tersebut sudah anda aktifkan, meskipun ada panggilan whatsApp masih bisa anda jawab dan notifikasi pesan tetap bisa ditampilkan di bilah atas layar.

Ada juga bisa mengatur supaya pemberitahuan pesan masuk di WhatsApp hanya berupa ringkasan saja atau tidak menampilkannya sama sekali.

Demikianlah tips dari fitur aplikasi whatsApp dengan memanfaatkan kunci sidik jari sehingga akan menyulitkan orang lain yang tidak bertanggung jawab mengintip isi pesan sobat, semoga bermanfaat.


Emoticon Emoticon