Wednesday

Kirim Pesan WA Centang Satu Terus, Apa penyebab dan Solusinya !

Pernahkah anda mengalami saat mengirim pesan via WhatsApp ternyata status masih centang satu terus ?, meskipun terkadang centang dua dan sudah berwarna biru yang pertanda sudah dibaca oleh si penerima. Kejadian tidak cepat terkirimnya pesan ke tujuan disebabkan beberapa hal dan ada solusi mudah untuk mengatasinya.

Mengapa pesan centang satu di WhatsApp

Sebagai aplikasi chatting yang paling populer di dunia untuk pengguna smartphone, Mengirim pesan di WhatsApp caranya mudah dan semua penggunanya lebih cepat menguasai beberapa fungsi menu dan tanda centang yang memiliki arti tersendiri, seperti centang satu, centang dua berwarna abu-abu dan dua warnanya biru.

Dimana tanda pesan WA sudah dilihat oleh penerima ditandai dengan warna biru centang dua. Sedangkan tanda centang satu berarti pesan teks, gambar, video atau dokumen yang kita kirimkan belum masuk ke smartphone penerima.

Baca juga: Cara kirim File selain video dan gambar di WhatsApp, seperti mengirim file format PDF, Dokumen Docx, pptx, Xlsx, File RAR / Zip dan selainnya. Serta tips menyimpan foto dan video status WA ke memori Ponsel.

Dalam bahasa mudah, saat kita menekan tombol kirim, pertama ada tanda ikon jam yang berarti chattingan kita belum sampai ke server whatsApp. Setelah terkirim ke server ditandai centang satu, kemudian tanda cawang dua abu-abu berarti sudah sampai ke ponsel penerima namun belum dibaca (meskipun ada setelan di WA apabila penerima membaca pesan namun status di pengirim masih tetap centang dua abu-abu).

Penyebab Pesan WA centang satu


  • Sinyal dan koneksi internet lambat atau tidak stabil pada ponsel pengirim
  • Koneksi internet penerima pesan WhatsApp juga lemot atau jaringan tidak bagus
  • Sistem smartphone sibuk sehingga ada jeda beberapa waktu untuk status centang dua (terkirim) dan di layar masih tampil centang satu.
  • Aplikasi WhatsApp penerima pesan belum diaktifkan, sehingga pesan dari server belum terkirim.
  • Ponsel penerima tidak aktif atau diluar jangkauan area signal internet.

Cara mengatasi pesan WA tetap Centang satu


Setelah mengetahui beberapa penyebab pesan yang kita kirim via Aplikasi WhatsApp tetap kondisi centang satu, berikut ini langkah-langkah mengatasinya.


  1. Pastikan dulu jaringan internet di smartphone anda stabil, minimal ada di kualitas jaringan 3G. Bila ada di area 2G / EDGE, maka sinkron antara server WA dengan smartphone kita juga lambat.
  2. Bila hanya ada salah satu teman saja yang kita kirimi pesan namun centang satu dan tidak semua kontak demikian, bisa dipastikan teman anda tersebut ponsel belum dinyalakan, tidak berada di jaringan internet ataupun aplikasi WhatsApp-nya belum aktif.
  3. Bila anda mengirimkan file berukuran besar, semisal video, tunggulah beberapa saat karena ada proses download yang dilakukan penerima saat video tersebut terkirim. Bisa jadi koneksi internetnya tidak secepat jaringan ponsel anda.
  4. Bila anda merasa sinyal bagus, kualitas internet sudah bagus namun tetap terjadi centang satu terus saat mengirim pesan hampir ke setiap teman anda, coba reboot (restart) terlebih dulu smartphone. Tujuannya, supaya sistem dan aplikasi yang crash bisa kembali berjalan normal.
  5. Apabila setelah merestart ponsel juga tidak mengatasi masalah, unistall (copot) aplikasi WA kemudian unduh kembali aplikasinya via google play store. Adanya kerusakan aplikasi bisa menyebabkan beberapa fungsi tidak bekerja sebagaimana mestinya.


Itulah beberapa penyebab dan cara mengatasi pesan WA terus centang satu tidak cepat terkirim. Bila bermanfaat silahkan share ke teman dan semoga bermanfaat.


Emoticon Emoticon