Sunday

Mengatasi WiFi Tidak Bisa Terhubung di HP Xiaomi / Redmi

Mungkin sobat pernah mengalami Problem saat menghubungkan WiFi ponsel Xiaomi ke Hotspot namun ada peringatan ada masalah otentifikasi. Padahal sebelumnya masih bisa tersambung otomatis ke router jaringan, namun mengapa tiba-tiba saat mengaktifkan WiFi di HP ada notifikasi "Tidak dapat menghubungkan ke jaringan Wi-Fi" dengan ditandai ikon sinyal "tanda tanya". Apa sebenarnya yang terjadi dan bagaimana agar bisa tersambung kembali ?

WiFi Xiaomi gagal terkoneksi salah otentifikasi

Di smartphone android pada umumnya masalah wifi trouble dan tidak dapat tersambung ke penyedia hotspot atau router milik sendiri dirumah diantaranya kesalahan kata sandi (password) yang dimasukkan, Sinyal Wi-Fi gampang putus nyambung, tidak bisa login otomatis mesti sandi yang dimasukkan sebelumnya sudah dianggap benar dan beberapa permasalahan lainnya.

Di kesempatan kali ini admin akan membahas bagaimana mengatasi WiFi di HP Xiaomi / Redmi yang tidak bisa terhubung ke Hotspot / Router padahal sebelumnya sudah pernah tersambung ke jaringan tersebut.

Simak juga tutorial Cara Scan QR Kode dengan kamera Xiaomi tanpa aplikasi tambahan, serta tips Menampilkan Layar Xiaomi ke TV LED dengan STB Box tanpa kabel.

Jadi semisal, sobat pernah berkunjung ke warkop atau cafe, disana sebelumnya pernah sukses menyambungkan wifi smartphone Xiaomi anda dengan password yang sudah benar. Masalahnya, saat anda berkunjung lagi ke tempat tersebut dan menyalakan WiFi ponsel, ternyata tidak bisa terhubung dan ada notifikasi ikon tanda tanya dengan tulisan seperti "Tidak dapat terhubung ke jaringan WiFi" atau tulisan Masalah Otentifikasi dan beberapa peringatan lain sesuai dengan sistem android dan MIUI tipe ponsel Xiaomi.

Bila mengalami hal tersebut, umumnya disebabkan password atau kata sandi WiFi di jaringan penyedia (Hotspot / Router) sudah diganti oleh pemiliknya namun SSID ( Nama Jaringan) tetap sama.

Karena password WiFi di Router sudah diganti, Maka otomatis sistem smartphone akan memberitahu penggunanya bahwa ada masalah otentifikasi karena password yang sebelumnya sudah tidak berlaku lagi dan harus menginput sandi baru.

Baca Juga :

Mengatasi Masalah Otentifikasi WiFi HP Xiaomi


Yang menjadi permasalahan, pemilik HP Xiaomi tidak tahu bagaimana cara memasukkan password wifi yang sudah diganti pemiliknya dan hanya menampilkan pesan kesalahan otentifikasi jaringan. Nah, untuk mengatasinya, silahkan simak langkah-langkah menghubungkan kembali jaringan WiFi hotspot berikut ini. (Admin mencontohkan kasus pada HP Redmi Note 7, untuk tipe lainnya sama dan bisa menyesuaikan berdasarkan tata letak menunya saja)

Menu ubah jaringan WiFi di HP Xiaomi

1. Buka Menu Setelan di Ponsel Xiaomi dan buka opsi "Wi-Fi"

2. Akan tampil Nama jaringan yang terhubung namun ada tulisan "Kesalahan otentifikasi", berarti belum mendapatkan IP address dan tidak tersambung ke router.

3. Masuk ke tanda panah disamping nama WiFi-nya, silahkan tekan tombol "Ubah jaringan"

Memasukkan kata sandi WiFi yang baru di Xiaomi

4. Akan muncul kotak untuk memasukkan password WiFi, masukkan dengan benar agar bisa terkoneksi.

5. Bisa juga menekan tombol Lupakan jaringan, dimana nantinya anda bisa login kembali ke nama SSID WiFi penyedia layanan hotspot / Router.

Umumnya cara diatas sudah bisa mengatasi masalah otentifikasi gagal WiFi di Smartphone Xiaomi. Bila sudah memastikan password benar dan tidak banyak pengguna di jaringan (limit IP Address klien masih ada) lalu ponsel selalu gagal terkoneksi, coba restart dulu ponsel. Adakalanya masalah sistem juga bisa menyebabkan WiFi tidak konek meski sinyal bagus dan sandi sudah tepat.

Begitulah cara mudah mengatasi masalah gagal masuk ke jaringan WiFi karena masalah otentifikasi (ada peringatan ikon tanda tanya) di ponsel Xiaomi atau Redmi. Hal ini juga bisa diterapkan hampir semua smartphone android, baik itu HP Samsung, OPPO, Vivo, Lenovo dan lain sebagainya.


Emoticon Emoticon