Saturday

Membuka Kode QR dengan Alat Pemindai Redmi Note 7

Di pembahasan sebelumnya saya pernah mengulas bagaimana menggunakan kamera Redmi Note 7 untuk scanner QR Code dengan fitur Google Lens. Ada cara lebih mudah lagi, yakni dengan menggunakan tool bawaan Xiaomi yang bernama "Pemindai", fungsinya sama yaitu melakukan scan kode QR dan menterjemahkannya.

Membuka QR code dengan Aplikasi Bawaan Redmi

Apapun bentuk aplikasinya, tetap saja untuk melakukan scan kode QR harus memanfaatkan kamera belakang di smartphone. Dan untuk ponsel keluaran terbaru saat ini, seperti Xiaomi Redmi Note 7 / Pro dan seri sejenisnya sudah dibekali aplikasi khusus untuk memindai kode batang QR tanpa harus menginstall aplikasi scanner lain dari google play store.

Tool atau Alat bawaan HP Redmi Note 7 umumnya dikelompokkan dalam folder khusus, dimana didalamnya ada beberapa aplikasi penting seperti Rekam Layar, Mi Kalkulator, Pemindai, Radio FM, Kompas, SIM Toolkit, Tema dan lain sebagainya. Baca Juga : Cara Sembunyikan Tombol Navigasi Menu Redmi Note 7 / Pro.

Scan Kode QR dengan Pemindai di Redmi Note 7


Langsung saja saya berikan contoh bagaimana cara menggunakan aplikasi pemindai bawaan HP Xiaomi REDMI Note 7 untuk scan kode QR. Cara ini juga bisa diaplikasikan pada beberapa tipe Xiaomi lain yang sudah memiliki aplikasi "Pemindai" didalamnya.

Aplikasi pemindai QR bawaan Xiaomi

1. Buka aplikasi "Pemindai", bila belum tahu letaknya biasanya ada di folder "Alat".

2. Arahkan kotak QR Kode yang ingin di pindai tepat di tengah-tengah Bingkai

3. Bila kamera mengenali isi kode tersebut, akan terbuka keterangannya di halaman baru, umumnya terbuka di aplikasi browser.

4. Bila sebelumnya sudah memiliki QR Code yang tersimpan di galeri HP, bisa diakses melalui ikon gambar (di bagian bawah kiri tombol kamera), Pilih gambarnya dan hasilnya akan langsung tampil di aplikasi pemindai.

Mungkin ada yang bertanya, mengapa kamera Xiaomi selalu gagal scan QR kode ?, umumnya masalah kegagalan pemindaian kode batang disebabkan beberapa hal, seperti kamera tidak fokus di tengah bingkai, pencahayaan yang kurang, terlalu banyak bergerak saat pepmindaian berlangsung, dan bisa juga disebabkan kode QR rusak dan sudah dimodifikasi.

Pada alat (aplikasi) pemindai bawaan Redmi Note 7, selain digunakan untuk scan kode batang juga bisa dibuat scanner dokumen. Semisal anda ingin menyimpan halaman novel atau buku pelajaran, bisa anda simpan di memori ponsel. Caranya Pilih mode "Dokumen" disamping pilihan Kode QR, lalu jepret area tulisan / gambar yang anda inginkan, Lakukan seleksi bagian mana yang ingin disimpan.

Kesimpulannya, anda bisa memindai QR Kode di HP Redmi Note 7 / Pro menggunakan dua opsi, yakni langsung membuka aplikasi kamera dengan fitur Google lens atau bisa menggunakan alat (tool) bawaan Xiaomi bernama "Pemindai", pilih yang sesuai dengan selera anda, selamat mencoba.


Emoticon Emoticon