Tuesday

Tips Mengatasi Mi Band di Di Cas Tidak Terisi / Selalu Gagal

Gelang pintar produk Xiaomi yakni Mi Band memang terkenal bandel dan awet. Namun namanya perangkat elektronik, ada saja permasalahan yang bisa timbul, seperti Mi-Band di cas sulit terisi atau bahkan daya tidak masuk meski ada tanda pengisian daya, Sering mati sendiri, bahasa tiba-tiba berubah sendiri, dan trouble lainnya.

Baterai Mi band error saat di cas

Pada kondisi pemakaian dan kondisi normal, Baterai Mi Band 2, 3 atau seri Mi Band 4 bisa aktif sampai 20 hari lamanya. Namun saat daya baterai habis, tentunya melakukan pengisian ulang wajib dilakukan supaya tetap bisa digunakan.

Yang menjadi masalah, Saat baterai Mi Band tidak bisa di cas (Charge), indikator pengisian menyala namun setelah dicabut kabel dayanya ternyata tidak terisi, Baterai terisi namun durasi waktu cas sangat lama sekali dan beberapa masalah lain.

Baca Juga Tips Mi band Berikut:

Untuk mengetahui apa penyebab dan cara mengatasi gelang Mi Band yang baterainya tidak dapat terisi daya atau sulit untuk di cas, simak caranya berikut ini.

1. Alat Cas bermasalah

Penyebab pertama Mi Band 2, 3, 4 dan tipe lainnya tidak bisa diisi daya baterainya yakni alat charge bermasalah.

Cek dulu apakah kaki-kaki (konektor) di alat charging Mi Band kotor, terganjal sesuatu atau menekuk. Bila tidak dan dirasa normal, cek apakah ada arus tegangan keluar dari kedua kutubnya.

Memang mudah melakukan pengetesan apakah daya keluar dari kaki-kaki konektor alat cas menggunakan multitester. Namun bila tidak memiliki alat tersebut, ada cara mudah mengecek apakah ada tegangan keluar yakni hubungkan kedua kaki kutub positif dan negatif dengan menggunakan logam seperti penjepit kertas atau selainnya secara singkat, sentuhkan kedua kaki positif negatif dengan cepat, bila ada percikan sedikit saja, berarti ada arus yang mengalir.

mengatasi Mi band baterai bermasalah

Periksa juga logam konektor pengisian yang ada di perangkat Mi Band, periksa apa kedua logam tertutup sesuatu atau kotor, Bersihkan menggunakan cotton Bud atau bahan halus lainnya (Jangan membersihkan konektor pengisian baterai di Mi band menggunakan cairan karena bisa menyebabkan konsleting)

Coba juga menggunakan alat cas lain atau bisa menggunakan charger yang memiliki daya / ampere yang lebih besar. Bila ternyata baterai bisa terisi, maka alat charger anda perlu diganti dengan yang baru.

2. Sistem Mi Band Error


Adakalanya sistem Mi Band sedang bermasalah sehingga saat mengisi baterai tidak bisa terdeteksi oleh sistem.

Cobalah merestart ulang Mi band supaya sistem kembali normal dan cobalah untuk mengisi daya baterai kembali.

3. Baterai Rusak

Tdak menutup kemungkinan baterai Mi band rusak atau sudah menurun kinerjanya, bisa karena masa pemakaian, sering terjatuh atau terkena benturan keras. Bahkan ketika bodi Mi band tidak presisi lagi dan sealer anti air-nya bocor bisa menyebabkan baterai konsleting saat digunakan olahraga berenang atau aktifitas dalam air.

Untuk mengganti baterai Mi band yang rusak, bisa mendatangi service center Xiaomi terdekat atau melakukan klaim garansi bila masih berlaku.

4. Jalur / Komponen Charging Putus

Bila baterai dan alat pengisi baterai Mi Band tidak bermasalah namun tetap tidak dapat di cas, kemungkinan besar ada pada komponen atau jalur pengisian baterai di dalamnya.

Pastinya untuk mengatasi masalah penggantian komponen dan pengecekan kerusakan Mi Band, serahkan kepada ahlinya yakni Service center resmi Xiaomi.

Itulah beberapa penyebab dan cara mengatasi baterai Mi Band tidak dapat diisi atau pengisian bermasalah, semaoga bermanfaat untuk sobat pembaca Duniaandroid.com, terima kasih.


Emoticon Emoticon