Monday

Fungsi Menu HDR di Kamera Xiaomi Redmi Note 7 / Pro

Apa sebenarnya Fungsi Menu HDR di kamera Smarpthone Redmi Note 7 dan beberapa tipe HP Xiaomi lainnya ?, Dimana saat berada pada mode Foto (Bukan Potret) penggunanya bisa mengaktifkan fitur ini untuk mendapat hasil yang beda dari setelan standarnya.

Fungsi Fitur HDR kamera Xiaomi

Banyak diantaranya beberapa tipe Kamera HP Xiaomi yang sudah ada fitur HDR-nya, seperti Redmi Note 5, 6, 7, Mi A2, Pochophone F1, Mi A1, Redmi Go, A8 lite dan tipe lainnya. Dan banyak pemilknya jarang menggunakan fungsinya, padahal bila dibanding dengan mode standar hasilnya tentu ada bedanya dan lebih bagus lagi.

Anda juga dapat mendapat hasil foto yang maksimal dengan mengaktifkan juga opsi 48 megapiksel, Silahkan baca Cara mengaktifkan fitur kamera 48MP di Redmi Note 7/Pro. Dan simak Update MIUI 10.3.4.0 Terbaru Redmi agar ada menu "Foto" juga terdapat opsi pilihan resolusi 48MP.

Apa Fungsi HDR Kamera ?


High Dinamic Range (HDR) yakni teknik pencitraan fotografi untuk menjangkau pencahayaan yang lebih dinamis dan luas daripada menggunakan standar foto biasa.

Adanya rendering dan merging dari beberapa intensitas kontras dan cahaya pada objek akan dilakukan oleh software khusus atau sensor yang ada di perangkat kamera.

Sehingga saat fitur HDR ini diaktifkan, maka kecepatan jepretan foto memang tidak secepat pemotretan mode biasa, karena sensor dan software di smartphone akan mengolah image yang masuk (dari serangkaian gambar yang masuk) untuk dijadikan satu dan diolah sehingga menghasilkan kecerahan, intensitas warna dan cahaya yang lebih bagus.

Contoh hasil kamera dengan HDR
Contoh Foto Dengan HDR

Salah satu contoh gambar hasil jepretan kamera Redmi Note 7 yang saya ambil (bisa dilihat pada contoh foto diatas), terlihat pencahayaan, warna dan kecerahan lebih baik dibanding tanpa mengaktifkan menu HDR-nya.

Pada smartphone yang tanpa disertai fungsi HDR bisa memperoleh hasil yang kurang lebih sama, namun harus menggunakan efek dan filter khusus dari aplikasi pengolah foto (Foto editor) atau efek bawaan ponsel. Namun, tentunya sensasi dan kecepatan menghasilkan image fotografi instan tidak terasa sensasinya dibanding menggunakan sensor dan software asli HDR bawaan perangkat.

Cara mengaktifkan HDR di Xiaomi Redmi


Pada mode foto standar, saat membuka aplikasi kamera di HP Redmi Note 7 / Pro atau tipe lainnya, fungsi HDR tidaklah menyala otomatis. Jadi harus kita aktifkan secara manual saat ingin membidik objek agar memperoleh hasil lebih kaya warna dan terang pencahayaannya.

  1. Silahkan buka aplikasi kamera bawaan Xiaomi
  2. Selanjutnya Pilih mode Foto (Bukan Potret, Kotak, Panorama atau Pro)
  3. Pada bagian atas pilih HDR, lalu tekan "Hidup", jangan pilih "Auto"
  4. Setelah itu kamera siap untuk dipakai memotret objek.
  5. Untuk mematikannya, ulangi langkah yang sama dan pilih "Mati"

HDR menu Kamera Redmi Note 7

Tips Memotret dengan fitur HDR

Saat memutuskan menggunakan fungsi HDR di HP Redmi Note 7 dan tipe lainnya, usahakan memotret objek jangan langsung menggerakkan ponsel, karena sekitar 1 sampai 2 detik ada proses yang harus dilalui oleh sensor maupun software di dalam sistem untuk rendering dan menggabungkan objek menjadi satu hasil foto yang nantinya bisa anda lihat.

Begitu juga usahakan tidak memotret objek yang bergerak dengan fitur HDR karena hasilnya tidak akan maksimal. Arahkan bidikan kamera ke objek yang statis dan diam sebentar sesaat (1-2 Detik) setelah menekan tombol Rana agar hasilnya sempurna.

Bagaimana, sudah siap untuk mencoba fitur HDR kamera di HP Redmi 7 / Pro ? Semoga penjelasan singkat admin diatas bermanfaat.


Emoticon Emoticon