Saturday

Mengatasi Gagal Setting Smart Camera Xiaofang di Mi-Home

Banyak sekali pertanyaan tentang sulitnya setting Smart Camera merek Xiaofang dari Xiaomi di aplikasi Mi-Home, dimana salah satu problemnya adalah selalu gagal saat menghubungkan smartphone dengan kamera di pengaturan sambungan WiFi. Nah, untuk mengetahui bagaimana pemecahan masalahnya, simak pembahasannya di bawah ini.

Trouble setting kamera xiaofang di Mi Home

Sebagai salah satu kamera pintar dengan ukuran kecil namun beresolusi 1080 piksel, Produk Xiaomi yakni Xiaofang ini sangat laris di pasaran. Tidak hanya itu saja, kemampuannya untuk disinkronkan dengan smartphone Android juga menjadi salah satu kelebihannya.

Dimana kita bisa melakukan remote kamera dari HP Android secara offline maupun Online dari jarak jauh. Dan tentunya apabila ingin melihat rekaman dan pantauan kamera secara online tentu koneksi internet (data) diperlukan, bisa via WiFi atau data selular.

Mengatasi Gagal menghubungkan Kamera Xiaofang di HP Android


Bagi anda yang selalu gagal melakukan setting awal, yakni saat di pengaturan sinkron via jaringan WiFi antara kamera dengan ponsel tidak dapat dilakukan, rata-rata bukan perangkatnya yang bermasalah, tapi aplikasinya.

Mengapa demikian?, dari pengalaman sebagian besar pengguna smart camera Xiaofang, antar muka aplikasi yang digunakan disarankan tidak menggunakan versi Mi-Home Terbaru yang ada di google play store.

Dimana permasalahannya ada pada settingan lokasi yang tidak ada pilihan 'Mainland China' pada versi Mi-Home terbaru. Padahal agar instalasi remot kamera lancar di HP Android disarankan menggunakan pilihan lokasi bukan Negara Indonesia atau selainnya, tapi pilih Mainland China.

Nah, bagi anda yang sudah terlanjur mengunduh dan menginstall aplikasi Mi-home terbaru di play store dan selalu gagal setting kamera Xiaofang, silahkan copot (Uninstall) terlebih dahulu aplikasinya dan ganti dengan versi MiHome yang lama atau dibawahnya. Caranya :

  • Pertama copot dulu aplikasi Mi-Home versi terbaru di HP Android.
  • Setelah itu Download APK aplikasi versi lama >> Mi-Home 5-1-30
  • Install aplikasinya di smartphone, setelah itu jalankan.
  • Untuk Tampilan pertama kali dengan Logo 'Mijia' di bagian atas, jangan memilih lokasi indonesia atau Negara lain, pilih 'Mainland China'
  • Selanjutnya lakukan Login ke akun Mi Xiaomi anda, Bila belum bisa langsung mendaftar dengan alamat Email atau ponsel

Menghubungkan Kamera Xiaofang Dengan HP Android


menu sinkron xiaofang dnegan android di Mi Home

  1. Setelah melakukan Login di aplikasi Mi-Home, pilih tanda '+' lalu 'Add camera Product' untuk menambah perangkat
  2. Pada deretan gambar yang tersedia, pilih gambar kamera Xiaofang
  3. Koneksikan kamera ke sumber arus, dan tunggu sampai kedipan indikator lampu berwarna kuning berubah biru
  4. Tekan tombol Set-up di kamera dan akan ada bunyi berbahasa China
  5. Pada tampilan Mi-Home Tekan Next atau selanjutnya dan pilih koneksi WiFi yang dipakai
  6. Hadapkan ponsel ke kamera untuk melakukan scan QR Code
  7. tekan tombol selanjutnya dan tunggu sampai proses sinkron berhasil 100 persen
  8. Pastikan koneksi WiFi di rumah anda lancar agar proses menghubungkan kamera dengan smartphone berjalan lancar.

memilih tipe perangkat smart camera


Kesimpulannya, ternyata banyak problem selalu gagal menghubungkan kamera Xiaofang ke HP Android karena menggunakan versi Mi Home terbaru dan bisa diatasi kalau memakai aplikasi Mi-Home versi lama. Silahkan dicoba di rumah, semoga berhasil.


Emoticon Emoticon