Friday

Penyebab Speaker HP Suaranya Pecah Dan Cara Memperbaikinya

Memperbaiki Suara Speaker HP yang pecah tentunya harus dicari dulu penyebabnya, Dimana setiap smartphone dengan suara 'gember' berisik dan tidak enak didengar ketika memutar musik, Video atau main game tentu membosankan. Jadi jangan tergesa-gesa ke tukang servis, ketahui dulu penyebab dan solusi pemecahannya.

mengatasi speaker suaranya pecah di HP

Speaker rusak pada HP Samsung, OPPO, Xiaomi, Vivo atau tipe smartphone lainnya, yang suaranya pecah (jawa: gember / kemresek) bisa jadi suatu pertanda kalau buzzer (ada yang menyebut speaker begitu) minta ganti yang baru. Baca juga cara perbaikan Suara di HP Android Hilang tanpa ke tempat servis.

Namun sebelum itu, kita simak dulu apa saja Penyebab dan perbaikan speaker HP suaranya pecah atau bahkan tidak bersuara sama sekali :

  • Lihat Setelan Volume

Sebelum memutuskan speaker HP tidak berfungsi normal karena kerusakan komponennya, lebih baik periksa terlebih dahulu setelan volume.

Di beberapa tipe smartphone android setiap pengaturan volume berlainan antara setelan nada dering, suara media, dan juga Notifikasi. Periksa apakah pengaturan media tidak dalam kondisi silent / diam. Coba geser slider sampai posisi maksimal, lalu coba putar music atau video.

Dan pastikan juga aplikasi seperti video, Game dna juga pemutar music pada settingannya tidak posisi 'Mute'.

  • Speaker Kemasukan Debu

Banyaknya debu yang masuk lalu menempel di speaker HP bisa mempengaruhi kualitas suara outputnya. Bahkan banyak pasir lembut yang berubah warna jadi hitam menempel di membran speaker dan tidak mudah lepas karena tertarik magnet.

Meskipun hampir semua smartphone menyertakan pelindung (seperti jaring halus) di bagian speaker, namun ponsel yang sering terpapar debu maka kotoran tersebut semakin lama semakin banyak menempel.

Dan cara untuk menghilangkannya tentu harus membuka cassing belakang dan membersihkan speaker dengan kuas lembut atau tiup-tiup sampai kotoran terangkat.

  • Membran speaker sobek

Penyebab umumnya suara speaker HP 'kemresek' atau pecah disebabkan sobeknya membran depan. Dimana penyebabnya salah satunya ponsel sering terjatuh dan juga membersihkan dengan menusuk menggunakan benda tajam seperti jarum dan sebagainya.

Bisa juga sering memainkan game dan music dengan suara maksimal / keras menjadikan sobek membran buzzer. Cara perbaikan speaker ponsel yang sudah sobek tentu harus menggantinya dengan yang baru.

  • Jalur komponen Putus / longgar

Seringnya HPP Terbentur atau terjatuh juga bisa menyebabkan jalur penghubung antara lempengan pin plus minus tidak menempel sempurna pada PCB.

Begitu juga jalur kelistrikan yang terhubung ke speaker bisa dilakukan dengan membukanya dan meneliti apakah ada jalur putus atau soket yang longgar.

  • Kutub di Lilitan Coil terlepas/longgar

Solderan timah di coil lilitan speaker yang longgar (tidak rapat) menyebabkan arus listrik tidak bisa maksimal mengalir. Sehingga menyebabkan suara berisik kadang bagus terkadang pecah.

Untuk mengatasinya tentu harus membuka penutup / rumah speaker dan mengukurnya menggunakan Multitester. Bila masih bisa terlihat dengan kasat mata timah solderan longgar, silahkan rekatkan ulang.

Kesimpulan

Jadi kebanyakan kasus suara speaker smartphone pecah atau 'nggember', entah itu android atau iPhone disebabkan kerusakan pada bagian coil dan membrannya. Jadi penyelesaiannya kebanyakan harus mengganti dengan yang baru.

Meski melepas speaker di HP itu mudah, namun tidak semua pengguna ponsel berani melakukannya. Lebih baik serahkan ke tukang service terdekat, Atau kalau ponsel masih bergaransi, silahkan bawa ke service center resminya dan tentunya sparepart dijamin original.


Emoticon Emoticon