Sunday

Cara Membuka dan Pasang Memori / SIM Card di HP Samsung Slot Samping

Meski terlihat sepele, Namun Bagi pengguna pemula yang baru saja memiliki HP Android Samsung yang letak kartu SIM dan Memori MicroSD ada di bagian samping akan menjadi problem tersendiri. Bahkan ada yang malu bertanya dikira gapTek atau kurang mengerti Teknologi terkini. Namun, yang namanya belum tahu ilmunya pasti harus belajar, dan di Google banyak sekali yang mengulasnya.

letak slot kartu memori dan SIM samsung galaxy

Pada ponsel jadul dan smartphone model lama, sudah umum kalau letak slot atau tray Kartu SIM ada di bagian belakang, dengan membuka penutup bodi lalu melepas baterai maka terlihat disana letak dudukan SIM Card dan juga Kartu memori eksternal seperti MicroSD.

Namun saat ini, sudah banyak smartphone dengan desain tipis dan bertipe baterai Non-removable, dimana tidak mudah membuka cassing belakang dan semua modul eksternal seperti Kartu Memori dan SIM Card letaknya ada di bagian bodi samping, seperti halnya HP Samsung Galaxy yang akan kita bahas kali ini.

Meski tidak semua HP Samsung letak kartu SIM dan memori ada di bagian samping, namun ada beberapa ciri khusus yang menjadi tanda kalau tray SIM dan MicroSD letaknya di balik baterai ataupun di bagian bodi samping.
Simak juga Info berikut:

Diantara ciri-ciri Smartphone android seperti Samsung galaxy yang menggunakan slot Kartu SIM dan kartu Memori di bagian samping tanpa membuka penutup cassing adalah bentuk ponsel Tipis, Penutup bodi belakang dibuat rapat tanpa ada lubang kecil untuk mencungkil cover dan baterai smartphone bertipe Non-Removable alias bukan tipe bongkar.

Jadi bagi anda yang bingung dimana letak wadah Kartu Selular SIM dan Memori card, ciri paling mudah di bagian bodi samping ada lubang kecil, dimana lubang tersebut adalah sarana ejecter (pembuka) slot SIM dan Memori eksternal. Begitu juga dalam paket penjualannya disertakan Jarum PIN Ejection.

Untuk anda yang benar-benar bingung bagaimana Membuka dan memasang Sim Card 1 atau 2 dan Kartu MicroSD di HP Samsung galaxy, silahkan ikuti tipsnya berikut ini.

1. Siapkan dulu Jarum ejector atau kalau tidak ada gunakan paper Clip yang diluruskan, bisa juga kalau terpaksa menggunakan jarum.

2. Selanjutnya masukkan PIN / Jarum pembuka tray SIM Card, tekan kedalam, dan akan terasa ada pegas, lalu lepaskan. Maka tatakan Memori dan SIM akan keluar sedikit.

3. Selanjutnya tarik tray, dan pasang USIM 1 atau USIM 2 (Kartu Tipe Nano SIM). Saat ini seluruh provider selular seperti Telkomsel, Indosat, XL, Tri dan yang lain di kartu Perdana-nya sudah dapat digunakan untuk tipe Nano SIM tanpa perlu memotong kartu dengan alat khusus.

mengeluarkan tatakan kartu SIM di Samsung galaxy

4. Masukkan juga memori MicroSD bila ingin menambah kapasitas penyimpanan eksternal (Lihat contoh penempatan di gambar)

5. Lakukan penempatan SIM Card dan Kartu SD dengan benar, selanjutnya masukkan tray ke lubangnya dan tekan dengan ujung jari sampai benar-benar menempel rata dengan bodi.

Untuk mengeluarkan, mengganti atau mengosongkan Sim Card di HP Samsung Galaxy, caranya sama dengan langkah diatas. Bila SIM tidak terdeteksi saat dihidupkan, coba keluarkan dan cek lagi apakah letaknya sudah benar atau sedikit miring dan masukkan kembali.

Demikianlah cara memasukkan dan mengeluarkan kartu memori MicroSD dan SIM Card pada HP Samsung Galaxy dengan tray yang ada di bagian samping bodi, semoga bermanfaat.


Emoticon Emoticon