Monday

Penyebab dan Cara Mengatasi HP OPPO Sering Mati Sendiri

Cara mengatasi HP OPPO sering mati sendiri - Mungkin ada beberapa pengguna Android OPPO yang mengalami permasalahan HP sering restart sendiri padahal baterai penuh, atau HP sering macet dan tiba-tiba mati dan nyala sendiri?. Untuk menjawab apa sebab dan cara mengatasinya silahkan simak terus ulasannya berikut ini.

Penyebab dan Cara Mengatasi HP OPPO Sering Mati Sendiri

Apapun tipe ponselnya, seperti OPPO A37 sering mati sendiri, atau OPPO 39, OPPO A57, ataupun tipe terbarupun semisal HP OPPO A71, A83, V9 dan sebagainya juga bisa mengalami sistem error secara tiba-tiba tanpa kita sadari sebelumnya dan tentunya membuat aktifitas terganggu.

Bahkan banyak kejadian dimana ponsel OPPO yang baterainya masih full namun tiba-tiba mati dan menyala ulang sendiri, ada lagi saat sedang asik menjalankan aplikasi ponsel restart ulang tanpa sebab yang jelas.

Penyebab HP OPPO sering mati sendiri


Adapun error yang terjadi di sistem android OPPO terjadi tidak hanya sekali maka perlu adanya pengecekan terhadap beberapa penyebab yang ada, Tidak melulu masalah sistem, terkadang satu aplikasi saja yang bermasalah juga bisa menyebabkan keseluruhan jalannya sistem juga akan terganggu.

Baca juga tips OPPO berikut:

Nah, adapun faktor terjadinya HP OPPO sering restart sendiri atau bahkan mati tidak bisa nyala kalau tidak dengan menekan tombol power lagi diantaranya sebagai berikut:

  • Adanya kerusakan File pada sistem operasi android atau User interfacenya
  • Banyak file temporary, file sampah dan cache yang menumpuk dan tidak pernah dibersihkan
  • Sering install aplikasi dan game bukan dari situs resmi
  • Sistem android sudah di root
  • CPU dan RAM sudah overload karena banyak aktifitas data di sistem
  • Suhu prosesor overheat melebihi suhu yang direkomendasikan
  • Pengguna melakukan custom ROM bukan versi pabrikan
  • Kesalahan proses flashing dnegan firmware yang salah versinya
  • Lamanya pemakaian dan ponsel jarang direstart manual, dan lain sebagainya

Tips mengatasi HP OPPO mati sendiri


Bilamana anda pengguna Smartphone Oppo, apapun itu tipe dan versi androidnya yang mengalami error HP mati sendiri meskipun baterai masih bagus dan penuh, silahkan simak tips berikut ini untuk mengatasinya:

1. Bersihkan file cache

Cache file seringkali menumpuk pada ruang penyimpanan sistem sehingga menyebabkan proses alur data terganggu. Meskipun pada peruntukannya file cache bisa sangat berguna sebagai meddia mempercepat suatu proses jalannya aplikasi, namun bila terlalu banyak cache yang menumpuk akan menjadi sampah sistem yang tidak terbaca lagi.

Oleh sebab itu ketika mengalami HP OPPO error gara-gara sering restart atau mati nyala sendiri sebaikanya lakukan pembersihan file cache.

Kita bisa menggunakan aplikasi pihak ketiga seperti Clean master yang bisa diunduh di play store atau kalau tipe OPPO sudah ada aplikasi bawaan pembersih cache bisa dimanfaatkan.

2. Pembersihan Game dan aplikasi

Banyaknya aplikasi dan game yang ada di HP OPPO dan tipe android lainnya bisa berakibat beban berat CPU untuk selalu mengindex data yang ada. Akibatnya HP OPPO bisa lemot, terkadang aplikasi macet saat dijalankan dan layar juga bisa tidak merespon sentuhan untuk beberapa saat karena kerja Prosesor dan RAM yang terlalu banyak.

Sebaiknya copot saja aplikasi di HP OPPO yang jarang anda pakai atau tidak penting agar kesehatan sistem tetap terjaga.

3. Uninstall aplikasi penyebab error

Bilamana ada kecenderungan salah satu saja aplikasi yang menyebabkan error di HP OPPO maka akan mudah melakukan perbaikan.

Semisal kita saat membuka aplikasi Facebook di OPPO tiba-tiba macet atau HP restart sendiri dan di aplikasi lain yang kita jalankan tidak terjadi masalah tersebut maka bisa berarti aplikasi tersebut yang bermasalah.

Silahkan copot atau uninstall aplikasi yang bermasalah dan install kembali dengan mengunduh filenya dari situs resminya seperti via aplikasi google play store. Lebih aman download aplikasi langsung dari google play store jangan dari situs lain.

4. Cabut Kartu MicroSD

MicroSD HP OPPO Error

Banyak juga penyebab HP OPPO error karena kartu memori MicroSD bermasalah atau hampir rusak. Bahkan seringkali kartu penyimpanan eksternal tersebut bisa menyebabkan jalannya sistem dan aplikasi jadi lambat, lama pembacaan datanya dan seringkali membuat jalannya aplikasi macet.

5. Coba jalankan Antivirus

Sebenarnya HP android tidak memerlukan antivirus bila kita bijak menggunakan sambungan internet saat berselancar di dunia maya atau mengunduh data dari situs terpercaya. Karena adanya antivirus yang berjalan di balik background sistem malah akan membuat proses CPU semakin berat disebabkan kinerjanya yang secara realtime melakukan scan keseluruhan data sistem dan ruang penyimpanan.

Jadi solusi saat HP OPPO mengalami kejadian sering mati dan nyala sendiri silahkan pasang antivirus dan lakukan pemindaian. Bila ternyata bersih dari malware silahkan copot aplikasi antivirusnya dan berarti problem di ponsel bukan karena infeksi virus melainkan sebab lain.

6. Unroot HP OPPO

Bilamana HP OPPO dalam kondisi Root cobalah untuk meng-unroot, karena meskipun root sistem bisa meningkatkan kinerja dan membuat batasan pengaturan aplikasi serta sistem menjadi lebih optimal bukan berarti aman.

Sistem android dalam kondisi ter-root bisa dengan mudah kemasukan malware, kesalahan pengaturan, atau bahkan banyak aplikasi yang tidak bersih dari virus bisa masuk ke sistem dengan mudah.

7. Update OS dan ColorOS OPPO

Coba cek versi firmware dan User Interface OPPO apakah dengan versi terbaru yang disarankan pabrikan atau tidak. Coba lakukan update atau pembaruan versi OS bila diperlukan dan memang sudah ada versi terbaru dari firmware berdasarkan tipe ponsel.

8. Factory reset

Bilamana semua langkah diatas sudah dilakukan dan kemungkinan semua aplikasi yang ada di HP OPPO tidak bermasalah, kemungkinan besar da permasalahan di sistem androidnya.

Baca: Cara Recovery Mode di HP OPPO semua tipe

Untuk mengatasinya tentu kita harus mengembalikan pengaturan OPPO ke awal atau factory reset sebelum memutuskan apakah ponsel perlu di flashing ulang ataukah ada hardware di dalam ponsel yang bermasalah.

9. Flashing firmware OPPO

Nah, setelah proses factory reset sudah dilakukan dan tetap saja HP OPPO selalu mati sendiri, maka jalan terakhir adalah melakukan flash ulang.

Saat flashing sudah dilakukan dan OPPO juga tidak bisa normal kembali maka jalan satu-satunya adalah melakukan pengecekan hardware, dan tentu harus dilakukan oleh ahlinya / service center OPPO.

Itulah beberapa tips tentang apa penyebab dan cara mengatasi HP OPPO sering restart atau mati sendiri, semoga bermanfaat dan bila ada pertanyaan silahkan bertanya padda kolom komentar di bawah tips ini, terima kasih.


Emoticon Emoticon