Sunday

Apa fungsi 2 Titik di dekat Speaker depan HP Android?


Fungsi dua titik dekat speaker di HP Android - Mungkin banyak pengguna HP Android yang bertanya-tanya apa fungsi dan nama 2 titik mirip kamera di bagian atas dekat dengan speaker. Banyak yang menyangka kalau 2 titik tersebut adalah kamera tambahan, ternyata bukan. Nah apa nama dan fungsinya?

Sensor di dekat speaker HP android

Di setiap ponsel pintar, memang sudah umum dipasang jenis sensor yang diletakkan di bagian samping dekat speaker. Kedua titik yang mirip lensa kamera namun lebih kecil tersebut mempunyai fungsi yang penting, salah satunya sebagai sensor saat kita sedang melakukan telepon.

Nama dua titik dekat speaker depan Smarpthone tersebut adalah sensor Proximity. Dimana fungsinya untuk memadamkan layar saat ponsel mendekat dengan telinga kala melakukan panggilan atau menerima telepon.

Entah itu HP merek samsung, Xiaomi, OPPO, Lenovo, Asus dan lain sebagainya pastinya dilengkapi dengan sensor di dekat speaker depan. Dimana memang tujuan utamanya untuk menghindari sentuhan terhadap layar saat melakukan panggilan telepon.

Baca juga:

Sebagai contoh, saat anda ingin melakukan panggilan atau menerima telepon nantinya ponsel akan kita dekatkan ke telinga, nah saat itulah sensor Proximity akan bekerja dan layar seketika akan padam untuk menghindari sentuhan menu di layar saat kita sedang asik telepon.

Kalau tidak percaya sensor tersebut benar berfungsi memadamkan layar saat telepon, silahkan coba lakukan panggilan ke nomor tertentu kemudian dekatkan jari atau sengaja menutup kedua titik tersebut, pasti saat itu pula layar akan padam, dan ketika anda membukanya layar akan kembali menyala.

Adapun tipe Proximity Sensor yang ada di smartphone Android, iPhone, Blackberry dan sebagainya berjenis Sensor Proximity Optik, dimana sensor ini akan mendeteksi jarak objek dengan memanfaatkan Infra red.

proximity sensor smartphone

Sistem kerja Proximity sensor optik ini terdiri dari 2 kompnen penting yakni penerima atau receptor dan cahaya, yang mana jika ada benda yang dalam jarak tertentu terdeteksi maka akan terjadi sebuah refleksi. Cahaya akan memantul kembali ke penerima dan sensor akan memberitahukan sistem ada sebuah benda yang tertangkap.

Oleh sebab itu kelemahan sensor ini biasanya ada pada saat kondis kotor atau ada selubung yang menghalangi tingkat kepekaannya.

Jadi jangan pernah melapisi kedua titik proximity sensor dengan lapisan yang pekat karena akan berpengaruh pada kinerjanya. Contohnya kita menggunakan pelindung layar yang tebal berwarna gelap, pastinya sensor tidak akan bekerja maksimal.

Jenis Proximity Sensor

Bukan hanya di smartphone saja, Sensor ini juga banyak digunakan di berbagai keperluan seperti di mesin pabrik, Mobil, pesawat, metal detector dan sebagainya.

Adapun diantara jenis Sensor proximity diantaranya sebagai berikut:

Inductive Proximity

Fungsi utamanya digunakan untuk melakukan pendeteksian logam, dan prinsip kerjanya adalah Osilator akan membangkitkan Medan magnet berfrekuensi tinggi dan begitu ada logam didekatkan padanya maka akan terjadi perubahan medan magnet.

Alat ini yang biasa digunakan pada sensor Logam untuk metal detector bandara dan lain sebagainya.

Capacitive Proximity

Sensor ini akan mendeteksi bahan bentuk logam maupun non logam dan cara kerjanya yakni mengukur adanya perubahan di kapasitas medan listrik yang terjadi di sebuah kapasitor karena ada objek lain yang ada didekatnya.

Sensor ini sering digunakan pada mobil masa kini agar memudahkan parkir mobil atau mendeteksi sekitar mobil agar tidak terjadi benturan.

Proximity Optik

Untuk sensor tipe inilah yang saat ini sering digunakan untuk smartphone dan penjelasannya sudah admin sajikan di bagian atas.

Itulah fungsi dan nama 2 titik yang ada di dekat speaker depan HP android, iPhone, blackberry dan smartphone tipe lainnya, semoga bermanfaat.


Emoticon Emoticon