Thursday

Cara aktifkan Fingerprint Samsung Galaxy S8

Cara setting Fingerprint HP Samsung S8 - Ponsel android kelas premium Samsung S8 memang menyediakan berbagai fitur keamanan canggih terkini, Dimana untuk keamanan sistem akses sudah disediakan Sensor Fingerprint dan juga Iris Scanner sehingga penggunanya merasa nyaman dengan keamanan data didalamnya.

Cara aktifkan Fingerprint Samsung Galaxy S8

Sebelum mengulas tentang bagaimana cara mengaktifkan dan setting sensor sidik jari di HP Samsung galaxy S8, sebaiknya kita flashback dahulu apa saja spesifikasi canggih yang dibawa smartphone ini.

Harga Smartphone Galaxy S8 memang tidak bisa dibilang murah, dengan banderol sekitar 8,9 Jutaan, Ponsel android versi Nougat ini tampil menawan dan elegan dengan dimensi layar 5.8 inch berteknologi Super AMOLED beresolusi 1440 x 2560 pixels. Begitu juga proteksi antigores layar berupa corning gorilla glass 5 menjadikan ponsel ini bisa tahan terhadap goresan benda tajam sekalipun.

Fitur Anti air di HP Samsung S8 juga menjadi andalan smartphone ini bagi konsumen yang suka mengabadikan momen berharga di dalam air. Dimana HP S8 samsung sudah tersertifikasi IP68 yang berarti tahan air dengan kedalaman sampai 1,5 Meter.
Fitur kamera Samsung S8 juga tidak kalah hebat, dimana untuk kamera selfienya mempunyai sensor 8 MP aperture f/1.7 dengan fitur bisa melakukan dual video Call. Dan di sisi belakang kameranya beresolusi 12 MP lengkap dengan fitur OIS, Phase Detection Autofocus dan beberapa fitur optimasi image lainnya.

Cara pengaturan Fingerprint Samsung Galaxy S8


Adapun bagi pemilik HP S8 yang belum pernah sama sekali menggunakan fitur scan sidik jari untuk kunci layarnya, bisa disimak tipsnya di bawah ini:

1. Fitur pemindai sidik jari di HP Galaxy S8 ini sebelum bisa digunakan maka penggunanya harus terlebih dahulu mengaktifkan metode penguncian layar yang lain seperti pola, Password atau PIN.

2. Saya asumsikan anda belum mengatur screen lock di HP Samsung S8, Bila sudah maka bisa langsung melompat ke pengaturan Fingerprint-nya.

3. Silahkan masuk ke menu Settings, kemudian masuk lagi ke opsi 'Lock Screen and security'

Cara pengaturan Fingerprint Samsung Galaxy S8

4. Lalu masuk ke Opsi 'Fingerprint Scanner', meskipun belum punya pengaturan screen lock di halaman ini nanti bisa langsung melakukan pembuatan pengunci layar

5. Pada halaman yang terbuka, yakni halaman Set up Fingerprint Security, klik saja tombol 'continue'

mengatur kunci layar samsung S8

6. Kita akan dihadapkan pada pilihan pembuatan kunci layar (screen lock) terlebihn dahulu, silahkan pilih Pola, PIN atau password terserah anda

7. Umpamanya anda membuat kunci layar metode Pola, silahkan setting dahulu pola seperti yang anda inginkan, kemudian setelah jadi klik continue

8. Di halaman selanjutnya kita akan melakukan setting atau pemindaian jari di HP Samsung S8

mengatur fingerprint galaxy s8

9. Silahkan tempelkan jari anda seperti yang terlihat pada contoh di layar HP, untuk Galaxy S8 letak sensor sidik jari ada di samping kamera.

10. Lakukan pemindaian sidik jari sampai tanpa di layar menunjukkan angka 100 persen dan tercentang hijau, setelah berhasil klik continue atau lanjut

11. Di halaman selanjutnya kita bisa melakukan setting atau pengaturan apakah kita ingin menampilkan Notifikasi di layar ketika terkunci atau tidak.

setting sidik jari samsung galaxy S8

12. Bila ingin menampilkan Notifikasi namun menyembunyikan cuplikan kalimat atau isinya silahkan geser 'Hide content' agar aktif.

13. Setelah pengaturan fingerprint di HP Samsung S8 sudah berhasil, klik 'done' atau selesai.

14. Keluar dari pengaturan dan coba matikan layar, kemudian coba tekan sensor sidik jari di HP Galaxy S8, apabila layar terbuka berarti pengaturan sudah benar.

Apabila ingin menonaktifkan fitur penguncian layar dengan pemindai sidik jari di HP S8 samsung, silahkan masuk lagi ke pengaturan Fingerprint scanner, kemudian nonaktifkan opsi 'Fingerprint unlock'.

Pertanyaannya, apakah ketika opsi pemindai sidik jari diaktifkan pengguna bisa masuk dengan menggunakan fitur pengunci layar lain seperti Pola, PIN atau password?
Jawabnya bisa, karena selain menggunakan fingerprint, kita bisa masuk ke layar utama HP Samsung S8 hanya dengan menekan metode pengunci layar yang sebelumnya kita pilih untuk mengatur pemindai sidik jari.

Jadi meskipun jari kita dalam kondisi kotor sehingga selalu gagal ketika discan oleh sensor fingerprint, maka gunakan saja metode Pola, PIN atau password yang anda setting sebelumnya untuk membuka layar.

Itulah tips mudah mengatur dan mengaktifkan fitur fingerprint di HP Android Samsung galaxy S8, semoga bisa bermanfaat untuk para pembaca DuniaAndroid.com semuanya, terima kasih.


Emoticon Emoticon