Tuesday

Mengatasi error Hamparan Layar Terdeteksi di HP Android


Mengatasi peringatan Screen Overlay Detected / Hamparan layar terdeteksi - Mungkin anda salah satu pengguna smartphone android, entah itu merek Samsung, OPPO, Lenovo, Huawei, Asus dan sebagainya sedang mengalami kegagalan membuka aplikasi tertentu dengan munculnya layar pemberitahuan yang berbunyi 'Hamparan layar terdeteksi' atau kalau ponsel berbahasa Inggris Notifikasinya berupa tulisan 'Screen Overlay Detected'. Apa yang terjadi dan bagaimana cara mengatasinya?

Mengatasi error Hamparan Layar Terdeteksi di HP Android

Banyak kasus terjadi keluarnya peringatan hamparan layar terdeteksi bagi pengguna smartphone android dengan versi marshmallow. Ketika setelah mengunduh dan menginstall aplikasi lalu menjalankannya, ternyata dicegat dengan tanda peringatan tersebut.

Admin sendiri juga pernah mengalami hal tersebut dan mencari tahu bagaimana cara mengatasinya, tentunya tanpa bantuan mesin pencari goole karena di peringatan tersebut sudha bisa diartikan kalau aplikasi yang akan saya jalankan tidak diberi ijin oleh sistem karena adanya aplikasi lain yang sedang running menutup akses izin aplikasi lainnya.

Suatu contoh admin memiliki 2 perangkat smartphone, yang satu Samsung dan satunya merek Evercoss, keduanyapun sama-sama menggunakan versi android marshmallow. Dengan menginstall aplikasi yang sama, waktu itu admin ingin memasang aplikasi Xender transfer file, dan ingin menjalankan di kedua ponsel tersebut. Di Ponsel samsung saya berhasil membuka aplikasi, namun di HP Evercoss gagal membukanya dengan ditandai peringatan Hamparan layar terdeteksi.

Penyebab peringatan Screen Overlay detected

Karena di ponsel yang satunya tidak bisa dibuka, maka saya lakukan beberapa pengaturan pada izin aplikasi di ponsel Evercoss tersebut dan akhirnya aplikasi yang tadinya gagal terbuka sekarang sudah bisa dijalankan dnegan lancar tanpa adanya peringatan hamparan layar terdeteksi.
Baca Tips Android berikut :

Lalu apa saja yang menyebabkan error ketika membuka aplikasi dan muncul tulisan screen overlay detected tersebut dan bagaimana cara mengatasinya?, simak tipsnya di bawah ini.

1. Update sistem

Ternyata di beberapa forum di internet juga ramai memperbincangkan tentang error yang sering terjadi di android marshmallow ketika menginstall lalu menjalankan aplikasi dengan munculnya peringatan 'hamparan layar terdeteksi'.

Ternyata ada beberapa Bug di beberapa versi marshmallow yang bisa menyebabkan hal tersebut terjadi, dan untuk mengatasinya silahkan cek dan update sistem android sobat ke versi yang disarankan.

Silahkan menuju ke pengaturan ponsel android, kemudian masuk ke opsi update perangkat lunak dan lakukan pembaruan sistem agar error screen overlay detected tidak kembali muncul.

2. Masalah izin aplikasi

Masalah munculnya peringatan hamparan layar tersebut juga sering terjadi karena adanya masalah perizinan aplikasi yang digunakan oleh sistem.

izin aplikasi di android

Seperti diketahui, bahwasanya setiap kita menginstall suatu aplikasi tertentu, semisal saja kita install aplikasi WhatsApp, disana akan ada permintaan izin oleh aplikasi ketika kita ingin menggunakan salah satu fitur yang dimilikinya, semisal kita ingin melakukan panggilan video via WhatsApp, nantinya akan muncul permintaan izin sistem untuk diperbolehkan mengakses fitur kamera dan juga kontak.

Apabila kita tidak memberikan izin aplikasi kamera dan kontak, maka aplikasi tersebut tidak akan bisa menjalankan fitur yang kita ingin jalankan, Begitu pula untuk aplikasi lainnnya.

Nah, apabila anda sudah mencoba melakukan update sistem dan ternyata peringatan 'Hamparan layar terdeteksi' ketika ingin membuka suatu aplikasi maka coba lihat apakah izin aplikasi untuk mengakses data dan fitur di ponsel anda sudah diaktifkan atau belum.

Cara mengecek apakah izin aplikasi sudah diberikan atau belum bisa masuk ke menu pengaturan, kemudian masuk ke menu Aplikasi dan selanjutnya masuk ke opsi 'izin aplikasi'.

Di opsi izin aplikasi tersebut silahkan aktifkan semua opsi yang belum aktif, lalu coba buka kembali aplikasi yang tadinya tidak bisa dibuka.

3. Ada aplikasi yang sedang berjalan


Setelah izin aplikasi mengakses semua fitur yang diperlukan sudah diaktifkan dan ternayata belum juga hilang jendela peringatan hamparan layar terdeteksi tersebut, maka ada kemungkinan aplikasi lain sudah terlebih dahulu berjalan dengan menggunakan izin yang sama.

Beberapa aplikasi yang biasanya menghalangi jalannya perizinan aplikasi lain diantaranya, aplikasi antivirus, aplikasi pengoptimal RAM seperti CCleaner, RAM Bosster, RAM Optimizer, atau bisa juga Widget aplikasi alarm, Hotspot dan beberapa lainnya.

Solusinya, coba matikan aplikasi yang sedang berjalan di background, bisa dnegan force close atau bisa mematikan beberapa perizinan aplikasi. Contoh ada antivirus di ponsel, silahkan matikan beberapa izin akses dengan cara masuk ke opsi pengaturan, kemudian masuk ke menu aplikasi dan masuk ke aplikasi antivirus tersebut. Kemudian masuk ke opsi Perizinan dan nonaktifkan dahulu semua izin,Setelah itu coba buka kembali aplikasi yang tadinya error.

4. Lakukan Reset Preferensi aplikasi

Reset Preferensi aplikasi

Coba juga melakukan reset Preferensi izin aplikasi supaya perizinan sistem mengakses fitur bisa kembali ke settingan defaultnya.

Bagi pengguna HP Samsung galaxy dengan versi marshmallow caranya, masuk ke menu pengaturan. Kemudian masuk ke opsi Aplikasi, lalu sentuh opsi menu yang ada di pojok kanan atas. Selanjutnya pilih opsi 'Reset preferensi Aplikasi'

Dengan langkah diatas banyak yang sudah membuktikan kalau error android dengan munculnya peringatan 'Hamparan layar terdeteksi' akan bisa diatasi. Semoga tips singkat admin DuniaAndroid.com diatas bermanfaat untuk pembaca semua, terima kasih.

3 komentar

Udah pake semua cara tetep gk bisa. Sampe saya reset ulang hp saya tetep hamparan layar tedeteksi mulu. Mohon bantuannya ini harus gimana lagi?

Flashing ulang hape nya mba jalan satu satunya

Hamparan layar itu ada satu atau lebih app yang on diatas aplikasi lain. Sy jg ngalamin, skrng android sy udah normal. Coba mba hapus beberapa aplikasi nggak penting sampai androidnya normal. Contoh hp sy jg banyak aplikasi trus sy hapus aplikasi ggak penting satu persatu sampai hamparan layar tidak terdeteksi. Dlm kasus ini sy udah hapus. U browser, app anti virus, tw tt r, olum,d record r. Coba ja dulu mba. N skrng hp sy dah normal


Emoticon Emoticon