Tuesday

Penyebab Layar HP Error, tidak responsif dan Lelet


DuniaAndroid.com - Beberapa Sebab touchscreen Smartphone Error. Layar smartphone yang bermasalah, tidak responsif ketika disentuh, lambat merespon sentuhan atau bahkan sering macet ketika digunakan bisa membuat penggunanya jengkel dibuatnya. Apalagi ketika ponsel sedang digunakan untuk aktifitas kerja atau sedang ada kepentingan mendadak tentunya membikin tambah pusing tujuh keliling.

sebab layar sentuh error di smartphone

Sebelum ada kejadian Error di layar sentuh atau Touchscreen di Smartphone milik kita, alangkah baiknya bila sebelumnya berjaga-jaga dan mengetahui apa saja penyebab layar HP bisa terjadi Error, tidak responsil, sering terjadi Lag dan lain sebagainya.

Fungsi Touchscreen sendiri secara sederhana bisa dijelaskan sebagai alat untuk menampilkan User Interface dari sebuah sistem Operasi dan juga sebagai media interaksi antara pengguna dan smartphone. Begitu juga untuk melakukan respon terhadap sistem maka digunakanlah jari sebagai pemantik tampilan dilayar sehingga diterjemahkan oleh sistem kemudian memberi respon balik berupa output yang bisa dimengerti oleh penggunanya. 

Mengapa Touchscreen HP Error?

Di bawah ini akan admin jelaskan beberapa poin penting tentang apa saja penyebab smartphone dengan sistem operasi Android, iPhone maupun sistem yang lain bisa terjadi error ketika dijalankan, yuk simak beberapa penyebab da solusinya berikut ini.

1. Permainan / Game HD

Ada hubungan erat antara permainan dengan layar HP , dimana bila spesifikasi GPU atau alat pengolah grafis dari smartphone rendah dan dipaksa untuk bermain game dengan intensitas tinggi seperti game 3D, game berkualitas HD dan permainan lain yang membutuhkan resource memori serta Perenderan grafik yang tinggi tentunya akan membuat ponsel kita menjadi menurun kepekaannya ketika dilakukan sentuhan.

Baca Juga

Tampilan di layar selain dipengaruhi ooleh beberapa komponen lain seperti prosesor, RAM dan sistem yang digunakan juga sangat berkaitan erat dengan jenis dan kualitas pengolah grafisnya (GPU), semakin bagus GPU smartphone semakin stabil pula ketika melakukan permainan berat sekalipun

Jadi ketika ingin melakukan install game lebih baik pelajari terlebih dahulu deskripsinya maupun beberapa komentar dari yang sudah menjalankan game tersebut supaya nantinya bila spesifikasi HP kita pas-pasan tidak akan berat menjalankan permainan sehingga membuat menurun kinerja touchcreen.

2. Banyaknya Aplikasi Berjalan

Penyebab lain layar HP error atau kurang responsif karena banyaknya aplikasi yang berjalan di background dan juga banyak aplikasi yang sudah dijalankan tidak tertutup dengan sempurna.

Sudah umum dilakukan para pengguna smartphone android bahwasanya ketika ingin beralih ke aplikasi lainnya biasa hanya dengan menekan tombol Home maka aplikasi yang bersangkutan tidak muncul lagi dilayar, padahal yang terjadi sebenarnya aplikasi tetap berjalan hanya saja anda tidak melihatnya.

Semakin banyak aplikasi yang hanya ditutup dengan tombol Home di layar dan seiring banyaknya aplikasi yang kita buka maka bisa berimbas pada menurunnya respon layar ketika disentuh, lelet atau bahkan tidak merespon sama sekali.

Hal tersebut bisa disebabkan konsumsi RAM dan prosesor yang tinggi kinerjanya. Semakin rendah spesifikasi dan ukuran RAM serta prosesor maka proses multitasking atau banyaknya aplikasi yang berjalan akan semakin membuat layar HP mengalami error.

Jadi perhatikan dengan baik apa saja aplikasi yang kita buka dan seringlah membersihkan aplikasi yang sudah anda tutup agar kinerja hardware menjadi ringan.

3. Memori Internal Penuh


Ada keterkaitan antara space memori dengan kinerja layar ponsel, dimana ketika space memori internal yang digunakan untuk menjalankan sistem penuh sesak dan Low Space maka kinerja hardware juga akan meningkat sehingga berpengaruh pada kinerja touchscreen HP kita.

Untuk menghindari gagalnya kinerja sistem yang didalamnya juga mengatur kinerja Layar sentuh ponsel maka perhatikan space memori yang ada, jangan sampai kurang dari 500 MB, sebisa mungkin lebih lapang space memorinya supaya sistem tetap lancar.

4. Sisa RAM sedikit

RAM merupakan hardware vital untuk membantu kinerja prosesor dalam menjalankan serangkaian perintah di sistem, semakin tinggi space RAM di ponsel maka semakin cepat dan responsif pula menjalankan berbagai aplikasi yang ada.

Ketika touchscreen terasa lelet atau tersendat-sendat cobalah untuk membersihkan ruangan RAM supaya file sampah yang menyita space RAM bisa terhapus dan sistem menjadi ringan.

5. Mengisi daya dengan Ampere yang tidak direkomendasikan

Mungkin anda pernah meminjam alat charge HP ke teman kemudian melakukan pengisian daya ke ponsel anda, ketika posisi melakukan pengisian dan HP anda pakai untuk beraktifitas terkadana terjadi loncatan yang tidak presisi pada touchscreen.

Tidak presisi atau terjadinya loncatan-loncatan pada touchscreen HP ketika disentuh tersebut bisa diakibatkan adanya alat charge yang tidak direkomendasikan oleh hardware ponsel. Daya yang terlalu besar atau kualitas alat charge bisa mempengaruhi tingkat responsifitas layar sentuh HP sehingga ketika disentuh kadang 'ngaco' kesana kemari dan tidka fokus pada titik yang kita sentuh.

6. Update sistem operasi

Pabrikan smartphone sangat menyarankan untuk melakukan update sistem untuk penyempurnaan fitur, menambal bug yang ada serta membuat sistem menjadi lebih optimal.

Namun terkadang setelah melakukan update sistem malah menjadikan beberapa fungsi smartphone tidak optimal bahkan error, begitu juga dengan layar sentuhnya.

Bila setelah melakukan update sistem ternyata membuat touchscreen anda tidak berfungsi maksimal bahkan error maka lakukan downgrade atau mengembalikan settingan sistem ke versi sebelumnya.

Nah, itulah beberapa sebab terjadinya error pada layar (touchscreen) smartphone dan solusi yang bisa admin sajikan kali ini, semoga bermanfaat untuk para pembaca Dunia Android sekalian dimanapun berada, terima kasih.


Emoticon Emoticon