Tuesday

Penyebab HP XIAOMI cepat Panas dan cara mengatasinya

DuniaAndroid.com - Cara mengatasi HP XIAOMI yang cepat Panas. Tentunya bagi pemilik smartphone android Xiaomi merasa khawatir ketika ponsel miliknya Panas ketika digunakan. Padahal hal tersebut sudah menjadi fenomena dan pastinya banyak dialami oleh sebagian besar pengguna android apapun type dan pabrikannya. Selain itu, Kekhawatiran panas pada Ponsel kesayangan bisa menyebabkan borosnya Baterai, Lemot ketika digunakan dan beberapa akibat lainnya dari panas yang ditimbulkan Android.

Penyebab HP XIAOMI cepat Panas dan cara mengatasinya

Banyak sekali sebab HP xiaomi cepat panas yang salah satunya karena adanya perangkat keras yang namanya Prosesor sebagai otak seluruh perangkat berkerja keras karena menjalankan sistem dan juga berbagai aplikasi.

Begitu juga sinyal yang lemah, RAM yang kapasitasnya kecil dan banyaknya aplikasi yang berjalan di background bisa menyebabkan panas berlebih pada HP XIAOMI.

Sebab dan cara mengatasi XIAOMI panas


Jika anda pengguna HP XIAOMI yang merasa cepat panas pada gadgetnya, admin Dunia Android akan menyuguhkan tips mengatasinya di bawah ini.

1. Sinyal Lemah

Inilah penyebab utama panasnya ponsel android yang sering dilupakan yaitu sinyal yang minim dan terus digunakan untuk beraktifitas.

Jangkauan sinyal dari BTS provider selular sangat menentukan kinerja hardware dalam menala dan menangkap signal yang ada sehingga bila sinyal melemah akibatnya hardware yang bertugas menangkap sinyal di ponsel akan bekerja keras dan membutuhkan asupan daya baterai yang maksimal agar kualitas signal stabil dan bisa digunakan. Sinyal yang tidak stabil berpotensi membuat panas berlebih pada perangkat Xiaomi anda.

Baca Juga

Anda bisa membedakan dengan mudah bila kondisi sinyal full dengan yang minim, pastinya ponsel akan lebih dingin dengan kondisi sinyal yang penuh. Oleh sebab itu tips pertama untuk mengatasi ponsel Xiaomi anda yang cepat panas adalah dengan mengecek kondisi sinyal yang didapat, pastikan sinyal tidak naik turun secara drastis.

2. Pemakaian tidak wajar

Saat ini banyak sekali aplikasi yang menggoda pengguna android untuk mencobanya, apalagi tipe aplikasi Game maupun video streaming yang menjadi tren penarik perhatian seluruh pengguna gadget, tak terkecuali anda pemilik HP XIAOMI.

Pemakaian Ponsel Xiaomi untuk bermain game atau live video streaming secara terus menerus bahkan sampai berjam-jam tanpa henti memicu panas yang tidak wajar.

Hal tersebut dikarenakan prosesor, RAM, Pengolah grafis (GPU) dan juga perangkat jaringan akan bekerja terus menerus tanpa diberi waktu jeda sehingga suhu meningkat dan mempengaruhi seluruh kinerja sistem, aplikasi dan hardware.

Bila ponsel Xiaomi terasa panas yang tidak normal ketika anda menggunakannya untuk misal bermain game atau menonton video online, silahkan luangkan waktu sebentar untuk beristirahat sampai xiaomi dingin.

3. Banyak Aplikasi


xiaomi yang cepat panas juga disebabkan banyaknya aplikasi yang terisntall dan dijalankan tanpa menutupnya dengan sempurna.

Umumnya pengguna android akan menekan tombol Home untuk keluar dari aplikasi untuk membuka aplikasi lainnya, padahal aplikasi yang baru saja tertutup sebenarnya tertimpa dan masih berjalan di background.

Bayangkan saja kalau proses menutup aplikasi tidak melalui tombol exit atau close aplication dan banyak sekali yang telah anda buka dan tutup maka bisa dipastikan beban CPU akan tinggi dan menyebabkan panas berlebih di HP XIAOMI anda.

4. Menjalankan aplikasi berat

Menjalankan aplikasi berat di xiaomi

Jangan paksa aplikasi yang berat untuk dijalankan ketika HP XIAOMI milik anda mempunyai spesifikasi RAM Kecil. contoh menjalankan Game 3D yang membutuhkan kecepatan prosesor tinggi, GPU bagus dan RAM besar.

Ketika Type Xiaomi anda mempunyai RAM berukuran kecil dan selalu anda paksa untuk menjalankan aplikasi berat akibatnya bisa memperpendek umur Ponsel karena hardware terus diforsir bekerja extra keras sehingga suhunya meningkat tajam.

5. Menjalankan Aplikasi sambil charge

Walau saat ini sistem dan hardware ponsel kelas menengah keatas sudah sedemikian canggih namun kebiasaan melakukan ces atau pengisian daya baterai dibarengi penggunaan secara terus menerus akan meningkatkan suhu hardware secara drastis.

Xiaomi Menjalankan Aplikasi sambil charge

Begitu pula akibat lain dari penggunaan android dibarengi aktifitas charge daya akan membuat umur baterai pendek serta bisa menyebabkan baterai melembung karena daya yang masuk tidak sebanding dengan daya keluar untuk menjalankan setiap aplikasi yang anda buka.

6. Kecerahan layar tinggi


Ini juga termasuk salah satu penyebab panas Xiaomi berlebih, dimana keccerahan layar yang terlalu tinggi akan menyebabkan asupan saya baterai meningkat dan suhu dalam ponsel cepat meningkat.

Jadi agar suhu tetap terjaga di HP Xiaomi, silahkan minimalkan keccerahan layar Xiaomi sampai batas minimal asalkan anda masih nyaman melihatnya.

Anda juga bisa melakukan penyetelan kecarahan layar Xiaomi secara otomatis yang akan menyesuaikan dengan sinar yang ada di sekitar, caranya masuk ke menu setting > Display> Brightness Level> kemudian aktifkan Automatic Brightness.

7. Ovelock Xiaomi

Melakukan overlock umumnya dilakukan oleh beberapa orang yang ingin performa hardware lebih tinggi diatas normalnya settingan pabrikan.

Seringkali kegiatan overclock ini dilakukan pada sebuah Prosesor di Perangkat Komputer (PC) dan saat ini banyak sekali tool untuk membuat performa prosesor dan RAM di android meningkat dari batas normalnya.

Overclock yang berlebihan akan memperpendek umur hardware, suhu yang tinggi dan juga membebani penggunaan daya baterai.

8. Sistem Out-Date

Umumnya di setiap perangkat android ada fitur yang digunakan untuk Update Sistem dan versi dari Android. Bukannya untuk pajangan saja lho, tapi adanya fitur updater tersebut sangat berguna untuk meningkatkan kinerja dari hardware dan sistem.

Jadi bila XIAOMI cepat panas karena proses overclock, cobalah untuk mengembalikan ke settingan defaultnya.

Itulah beberapa tips yang bisa admin bagikan untuk anda pengguna HP XIAOMI yang cepat panas. semoga bermanfaat, terima kasih.


Emoticon Emoticon