Friday

Cara Melacak HP Android Pakai IMEI, apakah bisa?

DuniaAndroid.com - Bisakah melacak HP android yang Hilang menggunakan IMEI ?, Jaman sudah semakin canggih, kalau sebelumnya Komputer (PC) menjadi tren maka saat ini yang namanya Smartphone sudah mempermudah setiap penggunanya dalam beraktifitas sehari-hari. Salah satu contoh kelebihan smartphone dibanding dengan perangkat PC adalah kemampuannya untuk dilacak ketika Hilang dari pemiliknya, seperti halnya Android yang sudah include didalamnya fitur untuk melacak HP android yang hilang dengan mudah serta lengkap dengan Peta (Maps) sebagai penunjuk arahnya.

Cara Melacak HP Android Pakai IMEI, apakah bisa?

Bayangan setiap penikmat Teknologi smatphone saat ini pasti takjub dengan teknologi pelacak ponsel tersebut, bahkan melakukan remote jarak jauh ponsel yang hilang seperti menderingkan HP dari jarak jauh walau ponsel saat itu dalam kondisi Silent tetap bisa dibunyikan, Menghapus data serta mengunci Android jarak jauh juga bisa dilakukan dengan mudah.

Bagi anda yang sudah tidak bisa lepas dari smartphone android dan kehilangan ponsel kesayangan tentunya tidak akan bisa tidur nyenyak. Bagaimana tidak, selain harganya yang bisa dibilang mahal untuk perangkat yang berspesifikasi tinggi juga Ponsel pintar saat ini sudah seperti 'Kekasih' yang tidak bisa lepas setiap dari genggaman tangan.

Ada sebuah petanyaan yang sangat benyak ditanyakan para pengguna ponsel android, Apakah bisa melacak HP Hilang dengan menggunakan Nomor IMEI dari Ponsel yang hilang tersebut?

Sebelum menjawab pertanyaan diatas, perlu diketahui bahwasanya semua tipe ponsel android bisa dilacak keberadaannya, entah itu karena Hilang dicuri, terjatuh di suatu tempat atau memang terselip dan lupa menaruhnya.

Bisakah Melacak HP Hilang dengan IMEI ?


Dengan menggunakan aplikasi Android Device manager milik Google melacak HP anddroid mudah dilakukan, begitu juga dengan aplikasi bawaan pabrikan ponsel seperti Find Device milik samsung, pelacak Device milik OPPO, Huawei, ASUS dan lainnya juga bisa digunakan untuk mencari keberadaan HP yang hilang dengan mudah.

Nah, bagaimana kalau mencari HP hilang dengan menggunakan IMEI, apakah bisa dilakukan dengan mudah?

Baca Juga

IMEI (International Mobile Equipment Identity) merupakan Kode unik yang melekat di setiap produk Ponsel yang Unik dan berbeda antara satu dengan lainnya. IMEI merupakan identitas yang disertakan pabrikan ponsel dengan 15 Digit nomor, itupun tidak ada yang menyamainya untuk perangkat yang telah diproduksi di seluruh dunia.

Oleh sebab itu, melacak HP android dengan menggunakan IMEI merupakan Cara yang paling efektif untuk menemukan keberadaan Ponsel yang hilang, entah dicuri atau sebab yang lainnya. Jadi layaknya KTP pada identitas seseorang di suatu Negara begitu juga dengan IMEI yang selalu menjadi identitas unik dari setiap ponsel yang dimiliki seseorang.

Melacak Android dengan IMEI number

Banyak aplikasi yang beredar di market-market aplikasi yang menawarkan fitur pelacakan HP android menggunakan nomor IMEI, dimana menurut sang developer aplikasi bahwa proses pelacakan menggunakan sistem Geo Location dengan memanfaatkan Maps dari Google Location yang sudah tenar sampai saat ini.

Nah, sampai saat ini, Menurut beberapa Informasi yang beredar dan bisa dipercaya kalau belum ada aplikasi yang tersebar untuk umum yang bisa digunakan untuk melacak keberadaan HP yang hilang menggunakan Nomor IMEI. Dimana Menurut informasi juga, bahwa Operator di Indonesia-Pun tidak diperbolehkan atau tidak mengijinkan untuk berbagi informasi terhadap Info pelacakan IMEI tanpa ada kepentingan yang terkait dengan proses penyelidikan yang dalam hal ini aparat yang berwajib untuk membuka dan melakukan hak akses terhadap IMEI ponsel seseorang.

Jadi, Jawaban dari pertanyaan diatas sudah jelas, bahwa ponsel android bisa ditemukan dengan menggunakan nomor IMEI namun tidak bisa digunakan oleh sembarang orang karena menyangkut Privacy dan Hukum, seoga bermanfaat.


Emoticon Emoticon