Sunday

Cara Backup Data Android di Akun Samsung dan Google

DuniaAndroid.com - Cara mencadangkan data Android di google account dan akun Samsung. Melakukan backup seharusnya menjadi hal utama sebelum melakukan aktifitas rutin lainnya di smartphone android. Anda Pengguna HP Samsung Galaxy J series seperti Galaxy J1, J2, J3, J5, J7 atau S series misal samsung S2, S3, S4 S5, S6, Galaxy S7 atau S8 ada 2 metode backup data yang bisa dilakukan secara Otomatis.

Cara Backup Data Android di Akun Samsung dan Google

Dengan semua kelebihan backup data yang ada tentunya melakukan aktifitas di smartphone android, yang dalam pembahasan ini adalah Samsung Galaxy, tentunya tidak akan khawatir bila suatu saat terjadi kesalahan sistem, data seperti Kontak, data aplikasi, password yang tersimpan dan data lainnya hilang bisa dikembalikan dengan mudah.

Seperti diketahui, di Android di setiap tipe ponsel yang ada bisa dicadangkan dengan mudah di akun google sebagai pengembang utama android, semua pengaturan seperti Data APlikasi, data kontak, Foto, file dokumen dan lainnya bisa dengan mudah dikembalikan (recovery) ketika terjadi kehilangan data seperti terhapus, sistem direset atau bahkan dilakukan flash ulang.

Di smartphone Samsung Galaxy, pencadangan data melalui akun penyimpanan cloud bisa dilakukan dengan 2 cara sekaligus yaitu melalui akun Samsung yang tersimpan di server Pusat samsung dan juga di akun Google Cloud.

Baca Juga

Cara Backup data HP Samsung di 2 akun cloud

Intinya, daripada melakukan backup secara manual di perangkat keras seperti flashdrive maupun media memori eksternal MicroSD lebih aman mencadangkan data di Penympanan Awan (cloud) milik google, Samsung dan juga beberpaa penyedia akun penyimpanan cloud lainnya. Dengan melakukan backup via cloud account anda bisa mengembalikan file di manapun tempatnya asal ada koneksi internet tanpa repot menyiapkan data yang tersimpan di memori eksternal yang rawan rusak dan hilang.

Disini admin akan membahas tentang bagaimana cara melakukan mempersiapkan dan setting backup di Ponsel android Samsung Galaxy tipe J series dan S series dengan menggunakan 2 akun sekaligus yaitu akun Google dan juga Akun Samsung. Kelebihan menggunakan dua akun sebagai proses backup data android yaitu anda bisa mempunyai cadangan data ketika salah satu akun bermasalah atau lupa akses masuknya.

1. Silahkan masuk ke menu pengaturan di HP sobat, disini admin membuat contoh screenshot gambar dari Galaxy J2 Prime,

2. Dari menu pengaturan masuk ke opsi 'Cloud dan Akun' >> Backup

setting pencadangan data di HP samsung

3. Dari tampilan yang ada di halaman opsi backup anda akan melihat 2 jenis tempat dan akun yang bisa digunakan sebagai media pencadangan data, yaitu Akun Samsung dan juga Akun google.

Untuk settingan Akun Google biasanya sudah aktif secara default semenjak anda melakukan setting ponsel pertama kali dengan ditandai Slider yang sudah menyala Biru (enable)


4. Langkah berikutnya, silahkan masuk ke opsi 'cadangkan data saya' pada bagian akun samsung

5. Silahkan geser slider 'pembuatan cadangan data Otomatis' agar nantinya backup dilakukan secara periodik (berkala) tanpa proses manual pencadangan.

6. Bila anda mulai pertama kali mengaktifkan opsi pencadangan data di akun samsung silahkan tekan tombol 'Buat cadangan sekarang' agar semua proses pencadangan data dimulai saat itu juga.

mencadangkan/backup data di HP samsung galaxy

Baca Juga

7. Anda juga bisa melakukan pengaturan data apa saja yang ingin anda backup dengan mengaktifkan atau menonaktifkan slider di samping opsi jenis data uyang ingin di backup misal data telepone yang meliputi log atau riwayat panggilan keluar masuk, data Jam yang meliputi settingan Alarm dan jam Dunia, Data widget Home Screen yang meliputi tata letak aplikasi, widget serta wallpaper yang telah anda lakukan sebelumnya, Data Aplikasi yang meliputi File APK dari aplikasi serta pengautran di dalamnya, data kontak dan lain sebagainya.

Dengan melakukan pencadangan data seccara otomatis dengan memanfaatkan 2 akun seperti SSamsung dan juga Google pastinya anda akan merasa nyaman tanpa takut kehilangan file dan data penting ketika ada ponsel yang bermasalah.

Satu lagi, Keuntungan lain ketika anda menggunakan penyimpanan cloud maka ketika anda menggunakan ponsel lain dengan tipe sejenis maka anda bisa masuk dnegan akun yang sama, aplikasi yang sama, data log telepon yang sama dan semua pengaturan lain sama persis dengan yang adda di ponsel anda saat ini, enak bukan?

Sekian dulu tips yang bisa admin bagikan untuk pembaca setia Dunia Android, semoga tips backup data Android Samsung Galaxy dengan akun google dan akun Samsung diatas bermanfaat, terima kasih.


Emoticon Emoticon