Wednesday

Apakah Aplikasi Bawaan HP Android bisa dihapus dan bagaimana caranya?

DuniaAndroid.com - Cara mematikan aplikasi bawaan HP Android tanpa Root. Pada setiap smartphone android umum disertai oleh pabrikan pembuat ponsel dengan menyertakan Aplikasi bawaan atau biasa disebut BloatWare. Seringkali berbagai aplikasi yang disertakan tidak berguna untuk pemakainya dan cenderung menghabiskan ROM atau ruang memori internal. Apalagi beberapa tipe HP anddroid murah yang memiliki internal memori di bawah 8 GB tentunya kemungkinan untuk menginstall aplikasi dari play store semakin tidak leluasa kerena minimnya kapasitas Internal memory.

Apakah Aplikasi Bawaan HP bisa dihapus dan bagaimana caranya?

Bagi yang sudah terbiasa mengutak-atik sistem smartphone Android mudah sekali menghilangkan berbagai apikasi yang ada dari bawaan HP android karena umumnya menghilangkan aplikasi bloatware secara permanen bisa dilakukan dengan menggunakan akses root. Tentunya tidak semua pengguna tahu bagaimana cara melakukan root sistem dengan baik dan malah akan membahayakan sistem.

Pertanyaannya apakah bisa aplikasi bawaan HP android dihilangkan secara permanen namun ponsel tidak di root?, simak jawabannya :

Baca Juga

1. Aplikasi bloatware/bawaan pabrikan smartphone tidak bisa dibuang secara permanen namun bisa dimatikan prosesnya agar tidak memakan resource memori berlebih.

2. Proses aplikasi yang dinonaktifkan tersebut setelah dimatikan akan dikembalikan ke setelan pabrikan dan tidak akan melakukan aktifitas apapun sebelum penggunanya mengaktifkannya kembali.

3. Dapat menghemat pemakaian resource ruang penyimpanan internal yang minim, karena seperti diketahui bahwa setiap aplikasi yang berjalan di background seccara terus menerus akan menciptakan file temporary dan cache yang semakin lama memenuhi ruang penyimpanan ROM.

Cara mematikan Aplikasi Bawaan Android


Nah, bila sudah tahu jawaban mengapa aplikasi bawaan pabrikan smartphone tidak bisa dihapus dan hanya bisa dinonaktifkan prosesnya, selanjutnya admin akan memberikan tips untuk menonaktifkan aplikasi bloatware android di bawah ini:


1. Silahkan masuk ke menu pengaturan ponsel dan masuk ke opsi manager aplikasi. Untuk beberapa tipe ponsel tempat dan letak pengaturan aplikasi bisa berbeda namun intinya semua ada menu dan opsi untuk masuk ke setelan aplikasi.

2. Setelah masuk ke opsi manajer aplikasi, silahkan pilih aplikasi mana yang ingin dinonaktifkan.

mematikan proses aplikasi bawaan android

3. Sebagai contoh admin ingin mematikan proses dari aplikasi bawaan android yang biasa nempel di setiap type ponsel bawaan pabrik yaitu apl cuaca atau weather

4. Pilih aplikasinya dan akan tampil beberapa opsi serta tombol, silahkan tekan tombol 'nonaktifkan' atau 'matikan'

5. nantinya akan muncul pemberitahuan bahwa data dan juga aplikasi terkait lainnya akan terpengaruh, tidak usah dihiraukan klik saja tombol persetujuan. di beberapa versi android juga akan memunculkan notifikasi semisal kalimat 'apakah anda ingin menggantikan dengan versi pabrik' maka jawab saja yes/ok

6. Selesai, dan lanjutkan mematikan beberapa aplikasi yang anda rasa tidak diperlukan.

itulah tips tentang cara menghilangkan/mematikan aplikasi bawaan HP android, semoga bermanfaat bagi pembaca situs DuniaAndroid.com


Emoticon Emoticon