Tuesday

Cara Mengatasi Kesalahan Kode 406 di WhatsApp Android

DuniaAndroid.com - Cara mengatasi Error Code 406 di Aplikasi WhatsApp. Media social media Milik google ini memang sangat populer dibanding dengan aplikasi messenger lainnya, Angka unduhannya saja sudah mencapai satu Miliar lebih dan belum tertandingi oleh aplikasi lain. Mugkin karena beberapa fitur WhatsApp (WA) yang membuatnya begitu populer, seperti kinerjanya yang cepat, Ringan dijalankan, Sangat cepat dalam merespon berkirim dan menerima pesan sampai melakukan panggilan via Internet juga tergolong lancar. Tahu sendirilah Server milik google pastinya tangguh dan canggih bukan ?

error kode 406 WA

Namun tidak semua aplikasi terlepas dari masalah, seperti halnya saat ini banyak pengguna WhatsApp yang sering menemui kode Error 406 di layar. Kemunculan error dengan disertai kode tertentu biasanya merujuk pada permasalahan tertentu. Begitu juga dengan adanya kode di layar yang menandakan permasalahan bisa diatasi dengan mengetahui apa arti kode tersebut dan apa penyebabnya.

Munculnya Kode Kesalahan 406 di WhatsApp

Seperti halnya pada aplikasi lain, misalnya Web Browser, ada banyak peringatan yang disertai kode ketika terjadi masalah seperti munculnya Code 301, 404, 500, 406 dan code-code lainnya, yang kesemuanya ada artinya sendiri.

Baca Juga

  • Khusus pada pembahasan kali ini, apa sebenarnya arti error kode 406 secara garis besar ?
  • Error Code 406 biasanya muncul saat Server tidak melakukan respon terhadap client atau sebaliknya
  • Adanya format yang tidak dimengerti oleh server ketika client melakukan unggahan data
  • Ada karakter khusus yang tidak dimengerti atau tidak diijinkan ketika client mengirim lalu lintas pesan ke server
  • Melakukan Unggahan data seperti image, file dan format lainnya dengan ukuran yang melampaui ijin yang ditetapkan oleh server
  • Bahasa yang tidak disupport oleh aplikasi, dan beberapa sebab lainnya

Cara mengatasi WhatsApp muncul Error 406


Nah, bagi anda pengguna aplikasi WhatsApp yang sering muncul kode kesalahan di layar yaitu nilai 406, bisa melakukan tips di bawah ini.

1. coba restart dahulu smartphone android anda dan pastikan setelah menyalakan ulang koneksi data internet sudah terhubung dengan baik dan lancar. Anda bisa mencoba browsing atau menjalankan aplikasi lain apakah sudah terhubung dengan baik via Internet atau belum.

2. Sesudah dipastikan sambungan internet di HP lancar, silahkan masuk ke menu Pengaturan >> APP atau Aplikasi >> kemudian cari aplikasi WhatsApp

3. Setelah ketemu, tekan tombol Clear cache (Hapus Cache), kemudian tekan lagi tombol Clear Data (Hapus Data)

4. Setelah melakukan clear data tentunya anda akan disuruh login kembali ke aplikasi WhatsApp dan seperti semula anda harus meregistrasi ulang nomor ponsel yang anda gunakan sebagai akses masuk ke akun WA.

5. Tidak mengatasi masalah ?, lakukan pencopotan aplikasi WA kemudian unduh ulang dan pasang kembali aplikasi, hal tersebut bertujuan untuk meminimalisir kemungkinan file WA hilang atau corrupt.

6. Bila ternyata dengan menggunakan metode Clear Data, clear Cache sampa install ulang WA tidak memperbaiki masalah di WhatsApp silahkan lakukan Reset ulang pengaturan ponsel. Melakukan reset tentunya akan menghapus seluruh aplikasi yang ada, jadi bila anda memang 'ngebet' ingin menjalankan apikasi WA tentu jalan terbaik adalah melakukan reset ponsel.

Dengan tips diatas Insya Allah permasalahan pada aplikasi WhatsApp yang sering keluar peringatan kode 406 bisa diatasi dengan mudah dan berjalan normal kembali.


Emoticon Emoticon