Friday

Cara mengatasi Error Xiaomi 'Sayangnya Proses com.android.systemui Telah berhenti'


DuniaAndroid.com - Sistem UI Xiaomi di dalam kinerjanya untuk menunjang berjalannya User Interface pada perangkat Android yang bersangkutan. Sesuai namanya UI sistem berpengaruh terhadap tampilan, interaksi terhadap sentuhan di layar, dan secara keseluruhan menghandle seluruh kinerja yang menyangkut proses visual dan interaksi penggunanya. Namun menjadi masalah bila anda pemilik smartphone XIAOMI mengalami notifikasi error berupa tulisan 'Sayangnya Proses com.android.systemui telah berhenti', bisa berakibat terhentinya sebuah aplikasi dan tidak meresponnya beberapa menu di Xiaomi.

Error Xiaomi 'Sayangnya Proses com.android.systemui Telah berhenti'

Pada beberapa artikel terdahulu admin Dunia Android juga pernah mengulas bab yang sama tentang cara mengatasi 'sayangnya Proses com.android.systemui telah berhenti', tapi pembahasan admin untuk error android pada umumnya. Nah, kali ini khusus pengguna smartphone Xiaomi, saya akan membagikan tips cara mengatasi sistem Xiaomi yang sedang bermasalah tersebut.

Sebab Munculnya Pesan Error Xiaomi dan solusinya

Sebelum membahas tentang cara mengatasi notifikasi error di layar xiaomi seperti judul diatas, kita harus tahu dahulu apa saja penyebab terjadinya pesan kesalahan di layar berupa tulisan 'sayangnya Proses com.android.systemui telah berhenti', yuk disimak.

Baca Juga

1. Aplikasi bermasalah

Bila anda mengalami notifikasi error ketika sedang menjalankan salah satu aplikasi namun tidak muncul ketika membuka aplikasi lainnya maka ada kemungkinan besar aplikasi yang anda buka tersebut mengalami error.

Solusi : anda masih beruntung bila hanya ada satu aplikasi penyebab pesan kesalahan di layar tersebut, anda bisa mencopot (uninstall) aplikasi dan mengundunya ulang untuk memastikan tidak ada script aplikasi yang sedang mengalami masalah, entah karena data aplikasi corrupt atau ada kesalahan sistem ketika aplikasi seddang berjalan.

2. Aplikasi tidak Kompatible

masih terkait solusi Nomor satu diatas, terkadang bukan sistem anda yang bermasalah, walau sudah berulangkali mencoba mencopot dan memasang kembali aplikasi dan tidak membuahkan hasil, maka bisa karena ada Bug atau kesalahan pemrograman dari aplikasi tersebut.

Bisa juga aplikasi tidak kompatible dengan versi sistem android di Xiaomi anda dan menyebabkan setiap dijalankan muncul notifikasi 'sayangnya Proses com.android.systemui telah berhenti'

Solusi : Bila terus berulang terjadi error maka copot saja aplikasi atau bisa juga menurunkan versi dari aplikasi yang bermasalah tersebut ke versi di bawahnya.



3. Memori Penuh

Bicara memori di android tentunya ada 2 hal pokok yaitu RAM dan juga memori Internal yang digunakan untuk berjalannya sistem serta aplikasi.

RAM yang kecil dan disesaki dengan berjalannya banyak aplikasi yang tidak ditutup dengan sempurna atau bahkan aplikasi yang berjalan terlalu berat dan membutuhkan asupan RAM besar maka bisa menyebabkan gagalnya proses di sistem.

Begitu pula Internal memori tempat aplikasi umumnya berjalan, bila memori sudah menipis dan anda menjalankan aplikasi ternyata terjadi error dan ada tulisan 'sayangnya Proses com.android.systemui telah berhenti' maka bisa diatasi dengan solusi sebagai berikut

Solusi : Gunakan Aplikasi Cleaner, Bersihkan RAM, file sampah, Junk file serta cache di smartphone xiaomi anda. setelah membersihkan file sampah di sistem silahkan reboot atau muat ulang Xiaomi dan cobalah.

4. Sistem bermasalah

Setelah melakukan berbagai serangkaian cara diatas dan tidak membuahkan hasil maka ada kemungkinan file sistem rusak.

Solusi : anda bisa terlebuh dahulu melakukan reset sistem, Bisa dengan jalan Hard reset lewat Recovery Mode di Xiaomi.

Bila setelah melakukan reset ternyata masih juga muncul pesan error 'sayangnya Proses com.android.systemui telah berhenti' maka tidak ada jalan lain yaitu melakukan FLASHING sistem dengan firmware yang lebih fresh.

Catatan :

Bila Smartphone Xiaomi yang anda miliki masih dalam masa garansi maka solusi terbaik adalah membawanya ke gerai service resmi Xiaomi dan jangan melakukan flashing terhadap sistem agar klaim garansi Xiaomi tidak hangus.


Emoticon Emoticon