Tuesday

Cara mengatasi error ASUS Zenfone 'Sayangnya ZenUI Launcher Telah berhenti'


DuniaAndroid.com - Bagi Anda yang mempunyai Smartphone ASUS tipe Zenfone dan keluar tulisan 'Sayangnya ZenUI telah berhenti' tentunya membuat semua proses dan aktifitas multitasking di gadget terhenti. Launcher yang bermasalah menjadi salah satu penyebab keluarnya peringatan di layar yang menandakan aplikasi launcher bawaan sistem Zenfone berhenti bekerja karena suatu sebab tertentu.

Cara mengatasi error ASUS Zenfone 'Sayangnya ZenUI Launcher Telah berhenti'

Seperti diketahui bahwa ASUS tipe Zenfone menggunakan User Interface khas milik mereka sendiri walau pada dasarnya tetap pada platform OS android. Seperti Halnya pada Xiaomi juga demikian, Xiaomi sendiri menggunakan ciri khas launcher dan user Interface yang sudah dikenal dengan nama MIUI dan untuk OPPO dikenal user Interface-nya bernama ColorOS.

Fungsi sebuah Launcher pada android sangatlah penting yang salah satunya untuk interaksi sistem dengan penggunanya. Tanpa Launcher tentunya pengguna smartphone android tidak akan bisa memahami apa dan bagaimana yang harus dilakukan ketika berhadapan dengan layar, seperti ada tombol, ikon, fungsi sentuhan dan lain sebagainya, semua diatur sedemikian rpa oleh yang namanya launcher.

Baca Juga

Bagi anda pengguna ponsel ASUS Zenfone dan saat ini mengalami permasalahan terhadap launcher, biasanya akan keluar tulisan berupa notifikasi popup di layar bertuliskan 'sayangnya ZenUI Launcher telah berhenti', dan seketika itu pula sistem menjadi error bahkan tidak bergerak sama sekali menerima sentuhan dari penggunanya.

Cara mengatasi Error Launcher ASUS Zenfone

Lalu apa yang harus dilakukan ketika mengalami error di gadget Zenfone tersebut ?, silahkan simak beberapa tahap troubleshooting permasalahan ASUS Zenfone di bawah ini.

1. Cek Ruang memori Internal

Pertama kali untuk mengatasi launcher bermasalah coba lakukan pengecekan kapasitas memori Internal ponsel Zenfone anda. Banyak kejadian error dari smartphone android disebabkan sesaknya ruang memori yang hanya menyisakan beberapa MB saja.

Pastikan ukuran ruang yang masih tersisa di memori lebih dari 400an MB agar sistem dan aplikasi yang berjalan bisa normal dan memperingan kinerja CPU serta RAM.

2. Hapus cache dan Data Launcher

Cara kedua apabila setelah melakukan pengecekan space memori masih banyak dan tidak mengatasi masalah error di ASUS Zenfone maka lakukan pembersihan cache dan juga menghapus data aplikasi Launcher ZenUI, caranya sebagai berikut :

  • Silahkan masuk ke menu pengaturan (settings) > select Apps > All > ZenUI services and Power saver
  • setelah itu tap tombol 'clear cache' dan juga tap 'clear data'
  • Kemudian lakukan restart (reboot) Zenfone anda

3. Recovery reset

ketika sudah melakukan penghapusan cache dan data Launcher ZenUI namun tidak juga mengatasi masalah keluar tulisan 'sayangnya ZenUI Launcher talah berhenti' maka cara ketiga bisa dilakukan dengan menjalankan mode recovery reset.

Tujuan Utama melakukan factory reset yaitu untuk memulihkan semua settingan sistem ke dalam kondisi default alias asli bawaan pabrikan. Nah, untuk melakukan factory reset via mode recovery silahkan simak ccaranya berikut ini.

- Silahkan matikan ponsel zenfone dan pastikan kondisi daya baterai ASUS anda minimal 50 persen keatas.

- setelah itu, dalam kondisi ponsel masih mati silahkan tekan tombol Power + Volume bawah secara bersamaan sampai keluar mode recovery, setelah itu lepaskan tombol.

- Silahkan pilih opsi 'factory reset' untuk mengembalikan setelan ke default-nya kemudian lakukan restart.

4. Flashing Firmware ASUS

Nah, cara terakhir bila semua opsi sudah anda coba dan tidak berhasil maka bisa dipastikan terdapat sistem yang error serta corrupt filenya.

Cara terbaik menyembuhkan ASUS Zenfone yang sudah rusak file sistemnya tentu dnegan memanfaatkan metode flashing. Layaknya di Operating system pada perangkat PC. ponsel juga perlu adanya install ulang sistem agar lebih fresh lagi dan berfungsi secara optimal.

Itulah beberapa langkah jitu untuk menyelesaiakn permasalahan error pada ASUS Zenfone pada Launcher-nya. semoga bermanfaat.


Emoticon Emoticon