Monday

Cara Mengatasi Andromax error 'Sayangnya Launcher3 Telah Berhenti'


DuniaAndroid.com - Mengatasi Andromax macet keluar tulisan 'Sayangnya, Launcher3 Telah Berhenti'. Launcher pada sistem android sangat penting fungsinya untuk mengatur tampilan alias User Interface pada layar untuk interaksi penggunanya. Yang menjadi masalah bila launcher sistem bermasalah yang berakibat semua proses tampilan dan interaksi pengguna di layar android terhenti dan tidak bisa merespon dalam waktu lama sampai terjadi Hang sehingga mengharuskan pengguna gadget harus melakukan restart atau reboot.

Cara Mengatasi Andromax error 'Sayangnya Launcher3 Telah Berhenti'

Bila anda pengguna HP smartfren Andromax yang mengalami pesan error di layar bertuliskan Unfortunately, Launcher3 Has Stopped' atau dalam Ponsel yang berbahasa indonesia tertulis 'Sayangnya, Launcher3 Telah Berhenti' maka anda bisa melakukan langkah perbaikan dari sisi sistem yang akan admin bahas di bawah ini.

1. Lihat Space Internal Memory

Pertama kali yang bisa anda lakukan untuk mengatasi error di ponsel smartfren Andromax adalah dengan melakukan cek space yang ada di Memori internal yang notabene merupakan pusat semua aplikasi dan sistem yang berjalan.

Apabila memori Internal andromax sudah terlalu penuh dan hanya menyisakan tidak lebih dari 300 MB maka bisa jaddi itulah penyebabnya. Coba kurangi bebrapa aplikasi atau file yang anda punya, bisa dipindah ke perangkat lain bila penting.

Baca Juga

File yang terlalu sesak dan menghabiskan space memori di android bisa menyebabkan kegagalan sistem melakukan kinerjanya dan salah satu efeknya ponsel bisa Hang dan keluar tulisan error di layar.

2. Hapus Cache dan Hapus data

Cara berikutnya yaitu dengan menghapus cache serta data yang adda di launcher Andromax. Untuk cache memang tidak ada masalah untuk dihapus, namun bila nantinya harus menghapus data launcher maka settingan yang telah anda lakukan di launcher akan hilang dan harus dimulai mensetting dari awal. Namun anda perlu melakukan hal ini karena tujuannya untuk perbaikan error, lebih baik melakukan pengaturan ulang daripada error tidak teratasi.

Untuk menghapus cache dan data Launcher di Andromax bisa anda lakukan seperti contoh di bawha ini.

menghapus data dan cache aplikasi andromax

  • Buka menu pengaturan > Aplikasi > Semua > setelah itu cari aplikasi 'Peluncur' (Launcher)
  • Setelah ketemu silahkan tap tombol hapus cache dan juga 'Hapus data'
  • lakukan reboot ulang ponsel

3. Recovery atau Hard Reset

Bila cara diatas tidak menyelesaikan masalah di ponsel andromax anda silahkan lakukan hard reset melalui mode Recovery agar nantinya sistem bisa fresh dan berjalan seperti baru beli. caranya simak di bawah ini :

- Pastikan isi daya baterai masih lebih dari 50 persen agar ponsel tidak mati dan kegagalan proses sewaktu melakukan reset nantinya

- dalam kondisi ponsel mati, silahkan tekan tombol 'Power + Volume atas' secara bersamaan, jangan dilepas dahulu sampai muncul halaman Recovery Modde.

- Untuk proses hard reset di andromax silahkan pilih opsi ' Wipe Data / Factory reset' kemudian pilih 'Yes - delete All user data' , untuk memilih karena layar sentuh masih belum berfungsi dalam mode recovery maka gunakan tombol power untuk eksekusi dan tombol volume untuk navigasi naik turunnya.

- Setelah proses selesai silahkan lakukan reboot / restart ponsel andromax.

4. Flash firmware Andromax

Nah, ini cara yang terakhir yaitu melakukan flashing ulang terhadap sistem android andromax dnegan firmware yang masih fresh bila tips diatas sudah tidak mampu lagi mengatasi masalah.

Untuk proses flashing sistem tentu tidak semua orang bisa melakukannya karena butuh pengalaman dan ilmu flashing HP, bila hanya ingin coba-coba maka resiko Ponsel mati ketika proses flashing bisa saja terjadi.

Semoga ulasan tentang cara mengatasi masalah HP andromax yang error keluar tulisan 'Sayangnya, Launcher3 telah berhenti' diatas bermanfaat untuk pembaca Dunia Android semua, khususnya pemilik android Smartfren Andromax.


Emoticon Emoticon