Melacak HP android dalam Keadaan mati ?

Ada pertanyaan yang sering terlontar dari para pembaca Dunia android “Apakah bisa melacak ponsel android dalam keadaan mati atau off ?”. Kali ini dunia android akan menjelaskan kepada pembaca tentang seri melacak keberadaan HP atau ponsel android sedangkan ponsel dalam keadaan mati atau tidak aktif. Penjelelasan tentang bab melacak ponsel menjadi berantai dari artikel-artikel saya sebelumnya.

lacak ponsel android


Sebelumnya saya perjelas dahulu bagaimana sebuah sistem bisa terlacak dari suatu tempat dengan interface atau perantara perangkat lain. Di sistem android antara perangkat smartphone dan server akan selalu berhubungan satu sama lain untuk menjaga kinerja serta proses sinkronisasi data yang diperlukan.
Oleh sebab itu, ketika ponsel dalam keadaan hidup, entah itu dalam mode standby ( layar padam ) atau dalam keadaan digunakan secara aktif, ada sebuah mekanisme sinkronisasi di balik layar yang pengguna sendiri tidak akan mengetahui detailnya karena berisi kode program yang berjalan. Pengguna hanya mengetahui garis besar apa saja yang sedang berjalan seperti sinkronisasi data akun, email, contact, pembaruan aplikasi, letak lokasi dan lain sebagainya.

baca juga : 


Bermula dari situlah mengapa ponsel cerdas seperti android sangat mudah ditemukan keberadaannya, tentunya syarat-syarat untuk penentuan letak lokasi haruslah disetting jauh sebelum ponsel tersebut jauh dari genggaman ataupun hilang.

Smartphone android sendiri ketika sambungan data hidup akan selalu sinkron sesuai dengan akun yang tertanam di server android. jadi dimanapun berada senyampang sambungan data aktif maka server android akan selalu memonitoring keberadan ponsel tersebut. Dengan bantuan ADM atau android device manager dengan mudah ponsel akan terlacak keberadaannya dengan user interface yang mudah dimengerti serta tool yang powerfull seperti melakukan dering jarak jauh, lock jarak jauh ataupun menghapus data jarak jauh sekalipun.




Pertanyaannya, bisakah ponsel android yang dalam keadaan off atau mati bisa terlacak keberadaannya ?, jawabannya adalah tidak akan bisa. Mengapa ?, karena tidak ada sedikitpun data yang terhubung dari ponsel ke server android yang memungkinkan adanya hubungan sinkron data satu sama lainnya. Begitu juga bila posel ingin dilacak via nomor IMEI juga tidak akan memungkinkan disebabkan transmit signal tidak akan terjadi dalam keadaan ponsel mati. jadi Ponsel yang dalam keadaan off tidak akan bisa sama sekali untuk diketahui keberadaannya dengan software apapun selama ponsel tersebut belum dihidupkan kembali oleh penggunanya. 
Semoga sedikit ulasan diatas bisa memberi pencerahan terhadap pertanyaan serupa seputar melacak posisi keberadaan ponsel android. Semoga bermanfaat.

0 thoughts on “Melacak HP android dalam Keadaan mati ?”

  1. Maksudnya begini, bila android hilang si mbak bisa melacaknya dari gadget lain semisal ponsel teman atau pakai komputer. Bila di ponsel install aplikasi ADM (android device manager)..lalu masuk menggunakan alamat email (akun) ponsel yg hilang. Kemudian mulai melacak, akan ada informasi terakhir kali ponsel hilang. Di halaman tersebut.

    Reply
  2. intinya begini, kalau akun yang tertanam di HP yang hilang masih sama seperti milik yang terdahulu (hp hilang) maka masih bisa dilacak. Kalaupun sudah diganti dengan akun lain masih tetap terbaca namun hanya posisi terakhir aktif dan letak terakhirnya saja

    Reply
  3. maaf,berarti hp yang menginstal aplikasi ADM itu ga berpengaruh ya, dalam artian hp nya jadi garusak atau semacamnya? soalnya saya khawatir niatnya mau mencari solusi malah takutnya jadi nambah masalah 😀

    Reply
  4. setau saya kalau GPS tidak aktif…pake ADM pun tidak bisa melacak lokasi tersebut….cuma bisa di deringkan..saya uda coba memakai 2 HP…ada solusinya..GPS tidak aktif bisa dilacak?

    Reply
  5. kalo lokasinya gak di temuin itu knp?cara nemuin lokasinya gimana?aku udah pake apk ADM tapi lokasinya tdk di temukan bantu donggg hp aku baru ilang tadi pagi rumah kebobolan

    Reply
  6. jalan terakhir mah berdoa dapat rezeki yang lebih dan jangan lupa klu punya android. file semua harus d back up, untungnya pke xiaomi, jd smua file tersimpan di mi cloud. hehhehe gk pp hp jelek. ouppp simpan file juga bisa kok di account google/gmail pas kita buat acount android..

    Reply
  7. saya sudah menggunakan ADM tapi hasilnya perangkat tidak ditemukan, kl misalnya tetap melakukan lock, kira2 berfungsi gak ya meskipun hp yang hilang dalm keadaan mati

    Reply

Leave a Comment