Tips Hemat Kuota Panggilan Whatsapp

Bagi pengguna aplikasi whatsapp tentu sudah pernah melakukan atau sekedar mencoba fitur call atau panggilan. Dimana fitur panggilan over internet selain tidak membebani pulsa juga tidak kalah dalam kualitas suara dibanding telepon via provider selular. Namun disamping kemudahan yang ditawarkan di fitur panggilan gratis tersebut, ada sebagian pengguna yang merasa bahwa kuota data internetnya cepat habis untuk aktifitas telepon. Apakah bisa menghemat kuota internet di whatsapp ketika melakukan telepon online ?, tentu bisa.
Sekarang saatnya Dunia android memberikan tips cara agar ketika melakukan panggilan via whatsapp kuota data anda tetap terjaga dan tidak cepat tersedot habis. Yuk disimak caranya.
1. Pastikan dahulu bahwa aplikasi whatsapp anda sudah ter-update dan dalam kondisi versi terbaru. Bila belum silahkan diupdate dahulu.
2. Setelah yakin aplikasi whatsapp anda sudah up to date maka saatnya membuka aplikasi whatsapp di ponsel android anda
3. Silahkan sentuh tombol menu pada aplikasi whatsapp, dan pilih menu ‘ Setelan ‘
4. Setelah masuk ke menu setelan pilih menu ‘ chatting dan panggilan’
5. Geser paling bawah pada pilihan ‘setelan panggilan’ , beri centang pada menu ‘Penggunaan data Minimum’

6. Selesai dan anda bisa memulai panggilan online via whatsapp dengan kuota data yang lebih kecil dibanding sebelumnya.
Dengan cara diatas kuota data internet anda akan irit namun mempunyai satu dampak yang mungkin akan mengganggu anda yaitu tentang kualitas suara. Logika sederhananya begini, suara yang anda bunyikan mengandung bitrate, semakin besar bitrate semakin bagus kualitas suara anda. Bitrate yang besar memerlukan koneksi data yang lebih besar dibanding bitrate suara yang kecil. maka dari itu proses upload ( anda berbicara ) dan download ( anda mendengar lawan bicara ) juga ditentukan oleh kecepatan, transfer data serta besar data yang terkirim.
Nah, semua ada pada keputusan masing-masing pengguna aplikasi whatsapp itu sendiri. Bila ingin menghemat kuota data internet ketika call online maka lakukan langkah diatas. Namun bila ingin kualitas suara tetap terjaga bagus maka opsi diatas boleh ditinggalkan dengan resiko borosnya data internet. Semoga ulasan ditas bermanfaat.

0 thoughts on “Tips Hemat Kuota Panggilan Whatsapp”

Leave a Comment