Tuesday

Apa itu layar AMOLED - apa kelebihan dan kekurangannya!

DuniaAndroid.com - Apa arti layar AMOLED. Teknologi panel layar di smartphone semakin canggih dengan beberapa varian pilihan bagi penggunanya. Dari panel layar LCD, TFT LCD, IPS, RETINA, S LCD, CLEARBACK sampai OLED dan AMOLED semakin menambah daftar panjang teknologi panel layar canggih. Sekarang dunia android akan sedikit membahas tentang OLED dan AMOLED pada teknologi panel layar smartphone.

Apa itu layar AMOLED

Pengertian LAYAR amoled

OLED atau kepanjangannya Organic Light emitting diode merupakan light emitting diode ( LCD ) yang mana lapisan yang memancarkan cahaya terbuat dari bahan-bahan organic dan ramah lingkungan. OLED tidak membutuhkan sinar latar atau backlight untuk menampilkan gambar pada layar. dengan teknologi ini maka konsumsi daya bisa diminimalkan serta mampu menghasilkan level warna hitam yang lebih pekat dan dalam.

Teknologi layar AMOLED diciptakan oleh Samsung yang bermarkas di Seoul Korea Selatan. Perkembangan teknologi terbaru ini merupakan kelanjutan dari teknologi layar TFT ( Thin Film Transistor).

AMOLED sendiri merupakan perpaduan teknologi OLED dan TFT LCD konvensional. Metode penambahan sensor pada sel Organik dari LED merupakan kunci dari teknologi ini sehingga bentuk atau antarmuka dari perangkat ini bisa mencapai titik ketebalan seper seribu milimeter tanpa mengurangi ketajaman tampilan.

Kedalaman warna di OLED panel lebih baik dari teknologi warna di LCD. OLED mampu menghasilkan warna yang tajam, sudut penglihatan lebih lebar, brightness cerah namun tetap hemat energi. Untuk segi fisik dari OLED sendiri lebih tipis dibanding teknologi layar panel LCD.

AMOLED kepanjangan dari Active Matrix Organic Light Emitting Diode, merupakan varian terbaru dari OLED. Rasio kontras yang lebih tinggi dan Konsumsi daya lebih hemat . Namun teknologi AMOLED untuk menampilkan gambar di bawah terik matahari masih susah dilihat, maka dari itu muncullah pembaharunya yaitu Panel layar Super Amoled dengan menurunkan jarak antar layer di panel instrumennya. 

Kelebihan Layar AMOLED

Diantara beberapa kelebihan teknologi layar AMOLED milik samsung ini diantaranya sebagai berikut :

  • Tampilan di layar akan memiliki tingkat kecerahan atau brightness yang tinggi
  • Warna Foto atau image lebih stabil, cerah dan tajam karena ada fitur penyetelan RGB didalamnya
  • Konsumsi Energi Layar AMOLED rendah sehingga menghemat pemakaian daya perangkat sampai 40 Persen.
  • Layar bisa diproduksi setipis mungkin sampai ketipisan 0,001 mm tanpa mengurangi ketajaman dan bahkan tingkat kehitaman layar lebih tinggi
  • Tampilan di layar tetap terlihat dan tajam walau dilihat di bawah terik matahari
  • Layar AMOLED tidak membutuhkan adanya cahaya Latar seperti teknologi LCD pada umumnya
  • Respon cepat terhadap sentuhan dan nilai sensitif lebih tinggi
  • Amoled bisa diadopsi sampai berapapun besarnya ukuran karena sifatnya yang fleksible, dan masih banyak kelebihan lainnya


Kekurangan Layar AMOLED

Selain beberapa kelebihan dari teknologi layar AMOLED diatas tentunya ada juga sisi kelemahan atau kekurangannya, diantaranya :

Baca Juga

  • Biaya produksi AMOLED mahal sehingga berimbas pada harga produk jadi secara keseluruhan
  • Jarang digunakan pada smartphone karena banyak yang masih memilih teknologi LCD karena bisa menekan harga dan LCD masih layak untuk digunakan sampai saat ini.


Bagian-bagian Layar AMOLED

Setelah mengetahui apa itu AMOLED serta kelebihan dan kekurangannya, silahkan simak pula apa saja susunan dari layar tersebut.

bagian layar AMOLED

  • Lapisan Anode, dimana bagian ini berfungsi untuk membuang elektron pada saat dialiri listrik yang mana lapisan ini mampu menciptakan lubang Elektron.
  • Lapisan Organik Tengah, pada lapisan yang terbuat dari Molekul organik yakni bahan polymer, dimana dalam lapisan ini ada 2 fungsi bagian yaitu penyalur dan juga pemancar. Lapisan penyalurnya sendiri terbuat dari molekul plastik organik yakni Polyaniline dimana fungsinya mengirim lobang-lubang elektron ke lapisan anode. Lapisan pemancarnya  yang terbuat dari Polyfluorence tersebut mempunyai fungsi mengirim elektron dari lapisan katode.
  • Lapisan Katode, Pada bagian ini fungsinya untuk menyuntik elektron ketika dialiri listrik
  • Lapisan Bawah, atau biasa ninamai dengan lapisan substrate yang berfungsi sebagai alasnya layar OLED yang terbuat dari kertas Foil, plastik dan juga gelas.


Itulah sedikit penjelasan mengenai apa itu layar AMOLED yang biasa kita temui di HP maupun layya TV Merek samsung. semoga bermanfaat bagi pembaca dunia android semua.


Emoticon Emoticon