Membuat charge HP dari baterai UPS

Membuat charge HP dari baterai UPS. Sumber arus apapun sebenarnya bisa dipakai untuk melakukan pengisian daya baterai HP atau ponsel. Bukan hanya dari powerbank, aki ( accu motor, mobil , dll ) serta Baterai UPS -pun bisa dimanfaatkan sebagai sumber arus. Kali ini Dunia android akan memberikan tips membuat baterai bekas ataupun baru UPS agar bisa difungsikan sebagai pengisi ( charge ) ponsel. 
Bila anda mempunyai baterai UPS yang sudah tidak terpakai ( asal masih bisa digunakan / menyimpan arus tegangan ) bisa kita turunkan tegangannya menjadi charge ponsel. Dimana tegangan di baterai UPS umumnya adalah 12 volt persis seperti tegangan yang dihasilkan accu sepeda motor. Nah untuk membuat baterai UPS berfungsi dengan baik diperlukan rangkaian sederhana penurun tegangan dari 12 volt ke 9 volt. 
Rangkaian penurun tegangan sama persis seperti yang saya jabarkan pada tutorial membuat charge ponsel dari accu motor. Bagi yang belum membacanya silahkan menuju kesini.
Dan dibawah ini adalah penampakan dari charge buatan saya sukses melakukan charge di ponsel lenovo milik si kecil dan hasilnya sangat aman dipakai dan diletakkan dimana saja.
Sedikit merefresh gambaran rangkaian penurun tegangan pada charge bisa dilihat di gambar berikut ini.
Intinya, bila anda sudah mempunyai rangkaian penurun tegangan tersebut maka sumber arus langsung saja bisa anda hubungkan ke baterai UPS. Kelebihan penggunaan baterai UPS ini adalah selain lebih banyak menyimpan daya juga lebih awet untuk beberapa kali proses charge. Bisa 10 kali charge full bila kondisi baterai UPS penuh. selamat mencoba ya…

0 thoughts on “Membuat charge HP dari baterai UPS”

Leave a Comment