Cara buat charge ponsel di accu motor

Mau tahu Cara buat charger HP di accu / aki sepeda motor ?, tentu bisa dan mudah sekali untuk dipraktekkan. Pada tutorial kali ini Dunia android akan membahas tentang bagaimana membuat ces (charge) di sepeda motor. Dimana dengan charge ini anda akan dimudahkan memperoleh arus yang bersumber dari accu (jawa: aki). Bisa untuk keadaan darurat ketika touring maupun ketika tidak menemukan sumber arus PLN untuk melakukan pengisian daya. Contoh jadi charge buatan saya seperti di bawah ini.

charge ponsel aki sepeda motor

Untuk tutorial membuat charge Ponsel dari arus accu ini sebenarnya bukan hanya ditujukan untuk arus yang berasal dari sepeda motor saja, arus juga bisa diperoleh dari sumber lain yang bervoltase diatas 5 volt, seperti baterai bekas UPS maupun dari sumber powersuply yang bervoltase 12volt sekalipun. Tujuan rangkaian ini nanti adalah yang utama menurunkan tegangan Accu 12volt ke 5 volt yang dibutuhkan ponsel. Maka dari itu diperlukan komponen khusus yang bisa didapatkan di toko elektronika.

Komponen seperti IC, kondensator, resistor maupun led sangat mudah didapat dan murah sekali. kisaran biaya hanya sekitar 10 ribuan dan bila ingin memberi pernik-pernik pelengkap maka bisa membengkak sedikit..hehe. yuk kita mulai tutorialnya.

Baca juga : charge HP dari accu hanya pakai IC 7805

Siapkan bahan / komponennya terlebih dahulu :
  • IC 7805 – 1 buah ( sebagai penurun tegangan )
  • ELCO 470mf/50v – 2 buah ( penstabil tegangan )
  • Resistor 1k – 1 buah
  • Saklar (opsional)
  • Plat pendingin ( untuk pendingin IC 7805 )
  • PCB berlobang ( opsional )
  • Jepit buaya ( opsional – untuk menjepit ke sumber arus aki )
Untuk alatnya siapkan pula :
  • Solder sekaligus timah
  • Kabel 1meter 
  • kabel micro usb (bekas kabel charge yang tidak terpakai)
Untuk prakteknya silahkan simak caranya di bawah ini :

1. sambungkan setiap komponen persis seperti skema gambar di bawah ini
skema charge ponsel
2. Bila tidak memakai PCB langsung saja hubungkan setiap komponen asal sama dengan skema diatas.
3. Jangan lupa beri pendingin pada IC 7805 dengan plat pendingin yang terbuat dari aluminium ( di toko elektronik tersedia ), kutub IC seperti gambar di bawah ini.
4. setelah semua terangkai , sambungkan kabel untuk input arus ke kaki accu ( awas jangan terbalik min- plusnya.
5. Silahkan dicoba, bila punya avometer bisa dites dulu tegangan yang keluar dengan avometer agar lebih yakin. 
6. Tegangan yang keluar menghasilkan output sebesar 5 volt stabil.
Bagaimana, sudah siap mempraktekkan charge ponsel dari accu motor ?, ingat ! mintalah didampingi orang yang sudah mengenal tentang rangkaian elektronika agar terhindar dari kesalahan. semoga bermanfaat.

0 thoughts on “Cara buat charge ponsel di accu motor”

  1. Pake IC 7806 baru bisa ngisi gan, sebelumnya ane rakit IC 7805 mmg bisa ngcas tpi kagak naik2 batrenya, syg nya IC cepat panas walau pake aluminum penggantar panas IC, ane modif dikit pake resistor (10 w-10 ohm) sebelum jalur input IC, spaya IC g trlalu panas aman buat komponen.

    Just share, tapi aku masih blom puas, mohon saran ampuhnya gan.

    Thx.

    Reply
  2. Bro kok ngisinya lama sekali ya naik turun sama kenapa icnya pasas banget batrey 80 % malah turun jadi 70 % tp kadang naik lg apa input ke hp kekecilan solusi

    Reply
  3. kalau accu agak sedikit tekor bisa nggak ya… cuman bisa bell dan riting kalau buat double strater gak kuat… mash bisa nggak ya. kalau bisa saya mau nyobak nih !!!

    Reply
  4. Mas rangkaian ane sudah selesai semua berjalan dgn normal semua hp bisa di cas.yg jadi kendala mengapa ic7812 sama ic7805 semua nya panas berlebihan padahal sudah di kasih pendingin alumunium.

    Reply
  5. perhitungannya harus pas mas, misalkan ni batre hp mas butuh 2200mA, artinya kita butuh resistor dengan nilai yang sesuai atau sedikitnya mendekati. dik: v=5 i=2,2A=2200mA
    R=v/i = 5/2,2= 2,27 ohm. kita butuh resistor senilai 2,27 ohm, biar dpt nilai segitu gaada resistornya jd kita akalin lg, pake 4 buah resistor 10 ohm yg terhbung paralel. dpt deh resistor dgn Rtotal= 2,5 ohm

    Reply

Leave a Comment