Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Widget HTML #1

Bahaya Ces Ponsel dan Online Ketika ada Petir, Benarkah bisa tersambar?

DuniaAndroid.com - Bahaya Ponsel Online Ketika ada petir. Benarkah Petir bisa menyambar Ponsel ketika Online atau menyala ? Bukan baru-baru ini saja sebenarnya kejadian tentang orang yang terkena efek sengatan listrik dari tegangan super extra tinggi yaitu petir. Sejak munculnya ponsel jaman dulu banyak kejadian dimana orang tanpa disadari terkena imbas dari sambaran listrik mematikan ini. Sebenarnya bahayakah bermain HP atau online ketika sedang ada petir ?, simak ulasannya dibawah ini.

Ilustrasi : bahaya petir

Aliran listrik yang paling ditakuti saat ini adalah bersumber dari petir. Tegangan yamg dikeluarkan bisa puluhan sampai ratusan ribu volt. dimana petir akan menyambar apa saja yang dekat dengan sumbernya. Ketika kita bermain ponsel atau HP tanpa kita sadari bahaya mengancam ketika petir sedang berlangsung. Ponsel memancarkan sinyal yang bisa menjadi konduktor atau rambatan dari arus listrik yang berasal dari petir. Oleh karena itu baik itu ponsel, Televisi, Handytalky, radio, pemancar atau apapun yang menghasilkan sinyal rambatan arus bisa memicu petir untuk menyambarnya, Itu Pendapat sebagian orang ( lihat catatan di akhir artikel ini)

Banyak kejadian dimana orang sedang asik-asiknya bermain HP tiba-tiba dia ponselnya tersambar petir, bukan hanya ponselnya saja yang tersambar, orang yang memegangpun pasti ikut menjadi rambatan arus listrik dari petir tersebut. Maka dari itu ikuti tips di bawah ini agar kita semua selamat dari sambaran petir ketika sedang memegang ponsel.

Baca Juga

1. Bila petir bergejolak dan menyambar-nyambar sebaiknya aktifkan mode pesawat di ponsel anda, karena mode pesawat akan memposisikan ponsel pada zero signal dan anda tetap bisa bermain aplikasi yang tentunya tidak memerlukan sambungan data.

2. Bila belum yakin dengan mode pesawat sebaiknya matikan saja ponsel anda, itu lebih aman.


3. Bila ponsel ingin tetap ON, jangan gunakan untuk proses panggilan dan matikan sambungan data internet.

4. Bila di perjalanan dan banyak petir menyambar-nyambar jangan melewati area persawahan, mengapa ? karena posisi tubuh kita lebih tinggi dibanding tumbuhan di areal persawahan. dengan kondisi anda lebih tinggi maka akan menjadi incaran petir terlebih dahulu.

5. Bila ingin berteduh ketika petir sedang menyalak, hindari berteduh di bawah pohon karena pohon juga bisa menjadi hantaran listrik dari petir.

6. Jangan charge Ponsel ketika petir sedang aktif menyambar-nyambar karena bila jaringan listrik tempat anda terkena dampak maka bisa jadi ponsel anda juga akan rusak.

Catatan :

1. Menurut Ilmuwan dan ahli di bidang kelistrikan, bahwasanya Listrik statis dan gelombang elektromagnetik adalah dua Hal yang berbeda. Petir bisa merambat melalui media jaringan kabel listrik, kable telephone, Jaringan Pipa Air serta beton Bertulang. Jadi menurut mereka tidak ada hubungannya Petir dengan Gelombang radio.

2. Terjadinya sambaran petir ke arah Ponsel yang sedang menyala dan ketika itu ada petir yang sedang menyambar-nyambar dan mengenai Smarphone bisa dikarenakan adanya komponen yang terbuat dari lempengan Logam dan menjadi pemicu perambatan arus listrik

3. Bila ada pertanyaan mengapa tower BTS atau antena pemancar yang tinggi selalu diberi penangkap petir, katanya petir tidak menyambar gelombang radio ?. Begini, Pemasangan penangkal (Sebanarnya istilahnya penangkap untuk yang berbentuk tombak tembaga) tersebut karena tower terbuat dari rangkaian besi dan ada beberapa kabel yang teraliri arus listrik untuk mensuplay daya antena. Nah, adanya penagkap petir tersebut untuk meminimalkan efek sambaran ke besi penyangga antena ataupun kabel listrik agar tidak berimbas ke peralatan radion pemancarnya.

Jadi selain meminimalkan efek dan biaya daripada radio pemancar terkena dampak sambaran maka diberilah penangkal (penangkap) petir. Ingat, petir selalu mendahulukan menyambar benda Logam yang paling tinggi dari permukaan tanah sebagai media rambatan.

4. Kesimpulannya, Kejadian Ponsel tersambar Petir ketika Online bukanlah hal yang mutlak pasti terjadi karena bila hal tersebut terjadi mungkin saja sampai saat ini sudah ribuan orang tersambar petir padahal bisa kita lihat sendiri di pusat keramaian, di jalan-jalan dan di berbagai tempat masih banyak orang yang mengaktifkan Ponselnya ketika petir sedang aktif.

Nah, diantara sekian banyak bahaya online ketika ada petir tentu akan membuat kita lebih waspada dan berhati-hati. Karena di dalam ponsel dan sekitar kita banyak benda logam yang bisa menjadi rambatan petir maka hindari Online dengan HP dekat dengan media yang biasa menjadi rambatan Listrik. Berhenti sejenak untuk tidak melakukan aktifitas ber-online ria tentu lebih bijak daripada bahaya yang ditimbulkan. Semoga bermanfaat.

Baca juga : Bahaya charge HP sambil Online