Apa itu root dan akibat root android

Apa itu root dan akibat root android. Mungkin sebagian pengguna smartphone android sudah banyak mendengar bahkan pernah menjalankan apa itu root atau bisa disebut rooting android. ternyata banyak keistimewaan setelah ponsel dilakukan root dan juga bisa sebaliknya bisa membahayakan ponsel android itu sendiri. Kali ini dunia android akan mengulas apa itu root dan akibat root di android itu bagaimana. mari ikuti ulasan singkatnya di bawah ini.
Root atau rooting sistem di android sebenarnya sudah umum dilakukan para pengembang sistem operasi untuk tujuan perbaikan bug, update software, menambal celah keamanan dan berbagai fungsi level tinggi administrator sistem. Karen sistem android menjalankan kernel dari Linux maka sudah biasa masuk ke menu administrator itu dinamakan root. 

Namun para pengembang OS android maupun para vendor smartphone sendiri tidak mengijinkan user untuk melakukan rooting di default sistem bawaan ponsel. Karena ada beberapa sebab yang memungkinkan user bisa mengutak-atik jeroan sistem android itulah ada berbagai dampak serius yang nantinya bisa menguntungkan bahkan merugikan pihak user itu sendiri. sebelumnya, saya jelaskan dulu sebagian fungsi root di android sebagai berikut.
1. Rooting berfungsi sebagai pintu masuk ke inti sistem dengan mode administrator tertinggi. dimana dengan mode ini kita dapat mengutak-atik kode program sampai melakukan perubahan signifikan terhadap sistem android.
2. Dengam masuk ke root atau akar dari sistem maka user akan bisa membuka, mengedit, mendelete file yang tadinya tidak bisa dilakukan dengan mode normal atau user.
3. Dengan root pula user bisa menginstall aplikasi yang sebenarnya dilarang atau dibatasi penggunaannya pada smartphone android.
4. root memungkinkan pengguna bisa merubah apapun baik itu tampilan, theme, settingan aplikasi sampai mencopot program bawaan android.
Nah, diatas adalah sebagian fungsi yang bisa dilakukan user dalam mode root. tapi perlu diingat pula, bahwa melakukan root terhadap sistem android akan berdampak seperti kehilangan garansi, kegagalan sistem sampai ponsel mati total dan harus dilakukan lagi proses flashing menyeluruh terhadap sistem. Semoga ulasan diatas bermanfaat.

Simak juga : Bahaya Rooting HP android

0 thoughts on “Apa itu root dan akibat root android”

Leave a Comment