Apa itu Processor Qualcomm Snapdragon ?

Apa itu Processor Qualcomm Snapdragon ?. Dari sekian banyak piranti smartphone serta PC pasti didalamnya ada pusat prosea data yang hanya bisa dilakukan oleh sebuah prosessor ( processor ). dan salah satu yang akan kita bahas kali ini adalah processor snapdragon besutan Qualcomm yang sudah tidak asing lagi tentang keunggulan kinerjanya di mobile phone.
apa itu qualcomm snapdragon

Processor snapdragon dengan arsitektur tipe ARM bisa disebut System on Chip ( SoC ). Dimana Snapdragon ( istilah jantung naga ) yang tertanam di smartphone high end sekarang ini bukan hanya sebuah prosessor yang tampak seperti di PC. Snapdragon didesain khusus yang didalamnya sudah tertanam berbagai chip yang memiliki tugas tertentu seperti CPU, pengolah grafis ( GPU ), memori (RAM), wifi, Bluetooth, Display controler dan beberapa chip controller lainnya.

Bisa dikatakan kalau Snapdragon bukan hanya sebuah processor tunggal, namun sebuah kumpulan chip yang didesain sekecil mungkin untuk tujuan penghematan space, hemat daya dan hemat biaya pembuatan. Jadi ponsel dengan kualitas yang canggih hanya diperlukan satu Chip seperti snapdragon ini untuk mengolah segalanya. Dari seri awalnya processor Snapdragon dimulai dari seri S1-S4, Series 200 sampai saat ini series 800 dengan beberapa variannya.
Bagaimana, apakah smartphone anda termasuk juga berisi procesor snapdragon didalamnya ?, kalau belum tahu jenis processornya silahkan dicek menggunakan aplikasi benchmark yang sudah saya ulas pada artikel sebelumnya. Semoga bermanfaat.

Leave a Comment