Sinyal Android Lemot ,Ini dia Penyebabnya !

Sinyal Android Lemot ,Ini dia Penyebabnya ! . Salah satu yang selalu dikeluhan para pengguna Android adalah Sinyal Internet Lemot. Tidak dipungkiri lagi, Masalah lemot-nya sinyal internet menjadi momok tersendiri bagi yang sudah kecanduan internet. Mulai dari Facebook lambat Update, BBM pending, Gagal Unduh aplikasi, browsing halaman Web lama loadingnya dan banyak lagi permasalahan disebabkan data internet yang lelet bin lemot. Lalu apa saja penyebab Lemot-nya data internet di android ?. simak jawabannya di bawah ini.
Yang harus menjadi patokan pertama kali sebelum kita membahas permasalahan lemotnya sinyal data internet adalah bahwa Bukan hanya Ponsel kita yang menjadi penyebab itu semua, Penyedia Layanan selular juga bisa berdampak ke lemotnya sinyal di ponsel android. Nah, untuk lebih jelasnya kita simak satu persatu jawabannya di bawah ini.
  • – Kemungkinan pertama sinyal data internet lemot karena kesalahan setting jaringan di Ponselnya. Bisa jadi settingan jaringan GSM yang dipilih bukan otomatis atau WCDMA only.
  • – Bila sinyal data menunjukkan ke 3G atau tanda H / H+ namun internet tetap lelet untuk aktifitas browsing coba cek apakah banyak aplikasi berjalan yang belum tertutup sempurna. Cara melihatnya tekan Home beeberapa saat dan disana akan terlihat aplikasi apa saja yang masih berjalan dan belum tertutup sempurna. Aplikasi browser, game online maupun massenger tentu akan membutuhkan data internet untuk sinkronisasi data. Itu bisa menjadi penyebab lemotnya data internet.


  • – Ponsel kemasukan malware atau virus. Ingat, malware di androidd rata-rata bekerja secara sembunyi-sembunyi dengan bantuan data internet terua menerus. Banyak kejadian pengguna kehabisan kuota data walau merasa tidak menggunakannya secara berlebihan. 
  • – Perlu refresh koneksi data.maksudnya, bila sinyal lemot atau kadang tidak asa traffik data sama sekali bisa saja karena sambungan internet yang berjalan dalam kondisi idle atau tidak digunakan. Solusinya, matikan beberapa detik koneksi data dan hidupkan kembali.
  • – Gagalnya sistem Operasi android. terkadang walau ponsel seperti tidak terlihat adanya kejanggalan sewaktu digunakan namun dibalik layer sistem ada kegagalan sambungan data. solusinya silahkan reboot kembali ponsel android anda kemudian nyalakan kembali data internetnya.
  • – Padatnya pemakai. Maksudnya, adanya traffik data di suatu coverage area penyedia data yang padat pengguna. Sehingga beban traffik yang overload menyebabkan data yang diterima pengguna internet harus rela dibagi dengan user lain. semakin banyak pengguna di suatu jaringan operator selular maka semakin banyak pula beban kuota yang harus dibagi rata. Makanya, bisa jadi anda menggunakan operator ‘x’ di daerah ‘a’ begitu lemot sinyal datanya. Namun bila pindah ke daerah lain misalnya ‘b’ bisa cepat data internetnya. Itu disebabkan banyak dan tidaknya pengguna di suatu area operator selular.
  • – Sinyal kurang Optimal. Bila tanda ‘bar’ di penunjuk sinyal tidak sempurna atau full bisa jadi itulah penyebab lemotnya data internet. Bisa juga sinyal yang sering naik turun menandakan ketidakstabilan data dari operator selular.
  • -Komponen penerima sinyal data di ponsel sudah mulai kehilangan fungsinya.
Nah, ulasan penyebab-penyebab data internet lemot ponsel android diatas semoga bisa menambah wawasan kita tentang seluk beluk dunia android. semoga bermanfaat.

Baca juga : Koneksi Internet Android Terputus

0 thoughts on “Sinyal Android Lemot ,Ini dia Penyebabnya !”

  1. gan Di Android ane buat internetan lemot/error padahal sinyal H+ tapi kalau buat tethering/hostpot ke PC ane di ping sinyal kog bagus internet lancar, mohon penjelasan gan,

    Reply
  2. ada banyak kemungkinan yang bisa terjadi karena lemtpnya internet di ponsel, salah satunya adalah banyaknya aplikasi yang berjalan dan menggunakan sambungan data. yang kedua adanya masalah dengan sistem itu sendiri.
    o iya, lemotnya internetan di HP kalau boleh saya tahu sewaktu membuka aplikasi tertentu atau salah satu aplikasi saja ?

    Reply
  3. Om nanya dong… Ane pake lenovo a6000 itu sinyal kadang suka apa sendiri knapa ya?
    Trus kalo pake 4g ddlm drumah lemot nya minta ampun..
    Mohon pencerahannya itu ksalahan dr jaringannya atau setingan di hpnya..
    Makasih agan…

    Reply
  4. Maksudnya sinyalnya kurang stabil ya?, Jaringan BTS operator selular berpengaruh terhadap kualitas tangkapan sinyal di hp bisa naik turun. Bila jaringam bts dan sinyal baik namun tetap sering putus coba setting ke opsi 4G only..jangan dibuat otomatic

    Reply
  5. Kalo sinyalnya gk full kagak mqu kluar tu sinyal knapa yah ..ada tanda segitiga di sinyal klo sinylnya umpamanya E gk kluar tu sinyal bisanya klo H+ / 3 g tp udh di otomatiss

    Reply
  6. Saya pke hp Xiaomi note 3,kenapa ya pas internetan lemot bgt,padahal sering oke WiFi,dan kadang jaringannya keliatan full,tpi pas dipake internetan lemot bgt,mohon pencerahannya bos

    Reply
  7. Banyak penyebab internet lemot di android, salah satunya kondisi sinyal, banyaknya aplikasi yang konek internet di backgroud, sistem error, dan lainnya..
    Sinyal internet dari kartu juga dipengaruhi banyaknya pengguna kartu yg sama di suatu area..semakin banyak pengguna kondisi kecepatan jg akan menurun

    Reply
  8. Gan, ane nanya dong. Hp ane support 3G, tp blm support 4G. Pertama kli and beli kartu IM3, koneksi internet ane ane cepet banget, tapi makin hari makin melemah gan smpe saat ini. Bahkan malah lebih parah turun ke E. Jd skrg koneksi ane naik turun antara 3g, h+, sma E. Udh gk kyk dlu lg gan cepetnya

    Reply
  9. untuk sinyal yang tiba-tiba berubah turun dari 3G ke 2G atau EDGE umumnya disebabkan oleh coverage sinyal di setiap lokasi masing-masing. coba juga setel pengaturan jaringan ke mode 3G only, bila jaringan 3G tidak tersedia berarti di area tersebut terkendala jangkauan 3G.

    Reply
  10. Oh jd mslh di kawasan ane berada ya gan? Kmrn ane udh coba tuh ke sklh ane krna di situ biasanya kenceng bngt, bar sinyal nya sih penuh gan, tpi ane liat di status tlpn, signal strength nya jg turun gan smpe -80 dbm. Pdhl biasanya -60 smpe -70. Bingung ane ane gan.

    Btw makasih ya gan responnya, soalnya dr dulu gk hp lama gk hp baru, ini ini mlu persoalannya..

    Reply

Leave a Comment