Tuesday

Apakah aplikasi android tembus pandang bohong / Hoax ?


DuniaAndroid - Kebohongan Aplikasi Tembus Pandang di Android. Mungkin sebagian sobat dunia android pernah mendengar ataupun sudah pernah menginstall aplikasi kamera yang konon bisa tembus pandang pada suatu objek?. kalau pernah bagaimana menurut sobat, apakah benar-benar aplikasi itu bekerja menurut apa yang sobat angan dan inginkan ?. Kalau dari kacamata admin dunia android sendiri berpendapat bahwa aplikasi android tembus pandang bohong belaka. kenapa berpendapat aplikasi itu hanya aplikasi bohongan?, yuk kita cari jawabannya secara logika dan ilmiah .

aplikasi tembus pandang itu bohong dna hoax

Pada suatu peralatan yang modern, untuk melakukan scan atau foto tembus pandang semacam rontgen dibutuhkan peralatan komponen yang kompleks dan mahal. Kemudian bagaimana bisa kamera smartphone yang tidak dilengkapi dengan komponen x-ray bisa menembus benda padat?. itu logika yang pertama.

Kemudian, Komponen dari handphone juga hanya dikhususkan untuk mencitrakan image yang tertangkap bukan mencitrakan atau menangkap apa yang ada di balik image. tidak ada komponen khusus di dalam smartphone sekarang ini yang terpasang peralatan x-ray layaknya di peralatan kedokteran untuk melihat bagian dalam tubuh manusia.

Kemudian pertanyaannya adalah bagaimana aplikasi kamera tembus pandang yang banyak beredar bisa meyakinkan para pengguna android?, bukankah ada yang sudah mengujinya dan 'kelihatan' benar hasilnya? . mari kira cari tahu lagi menurut ilmu pemrograman aplikasi.

Sebenarnya, banyak diantara 'user agreement' (Persetujuan pengguna) sebelum menginstall aplikasi tersebut ternyata di bawah pembahasan detail aplikasi ada suatu pernyataan dimana aplikasi tersebut hanya sekedar mainan atau untuk candaan. Namun banyak pengguna yang sebelum memasang aplikasi tidak membaca syarat dan persetujuan ataupun detail aplikasinya, tahunya cepat-cepat memasang dan mencobanya untuk hal-hal negatif daripadda sisi positifnya.



Kemudian, dari sisi pemrograman aplikasi, bisa saja aplikasi menyimpan database ataupun bentuk rekayasa image yang mana setelah user memotret objek maka aplikasi akan membentuk sedemikian rupa apa yang ada dibalik tangkapan layar tersebut. Jadi hasil tangkapan layar itulah yang akan direkayasa sedemikian rupa oleh aplikasi agar seolah ada sesuatu dibalik image yang tertangkap.  Jadi anda dibohongi selama ini..hehe.

Coba sekali lagi lihat di deskripsi setiap aplikasi tembus pandang yang ingin anda install, di bagian akhir deskripsi biasanya akan terlihat catatan dari developer bahwasanya aplikasi tersebut hanya candaan bukan untuk fungsi yang sebenarnya.

Dari pengalaman admin yang juga berkecimpung dalam pembuatan aplikasi android, ada persyaratan sebuah file aplikasi bisa diupload di play store yang mana salah satu syaratnya tidak ada fungsi yang dirahasiakan tanpa penjelasan di deskripsinya, bila ternyata si developer aplikasi berbohong maka si pengguna bisa melaporkan aplikasi tersebut ke pihak play store dan nantinya akan ditindak lanjuti dengan pemeriksaan dan akhirnya mendisable aplikasi tersebut.

Nah, itulah sebagian logika mengapa aplikasi android tembus pandang banyak 'menipu' pengguna karena seolah fungsi smartphone android begitu luar biasa. Namun keputusan akhir memang dari pengguna android sendiri entah itu cuma coba-coba atau yakin beneran dengan aplikasi kamera tembus pandang. Dunia android hanya sebagai penyeimbang berita teknologi dan penerapannya agar fair dan semakin meramaikan dinamika aplikasi android. 


Emoticon Emoticon