Tuesday

Daftar Nama Virus Android yang banyak menginfeksi Sistem & Aplikasi


DuniaAndroid.com - Jenis dan Nama virus yang sering menginfeksi Android. Banyak Aplikasi yang ditawarkan dan menggoda pengguna android untuk mencobanya ternyata juga berujung pada adanya Penyusupan dan penyebaran Virus di android. Di mana Jenis virus di OS android semakin hari semakin banyak bermunculan. dari yang mudah ditangani dengan anti virus sampai yang sangat bandel banyak menyusupi sistem dan menumpang di aplikasi android.

nama virus android yang populer

Di bawah ini ada beberapa nama virus atau malware yang banyak menyebar dan menginfeksi di sistem android. Untuk penamaan virus sendiri sebenarnya tergantung dari si pembuat antivirus, maksudnya bila salah satu developer antivirus misal AVIRA menemukan pertama kali jenis virus android maka pihak Avira-lah yang biasanya menjadi patokan penamaan virus tersebut walau terkadang antivirus lain menamakannya berbeda.

Daftar Nama Jenis Virus di Android

1. Virus Android PjappsM.

Virus Android biasanya ini masuk kedalam android kita melalui android market. Walau saat ini pihak google play sudah memperketat dan melakukan filter terhadap setiap aplikasi yang masuk namun bisa saja yang namanya pembuat virus menerobos batasan security sistem agar tidak ketahuan.

nama virus android

2. Virus Android Geinimi.

Virus ini sejenis trojan yang menginfeksi OS Android yang bernama virus geinimi dan saat ini telah beredar di China. Virus ini menginfeksi game pada android. 

3. Droid Dream atau Android Rootcager.

Baca Juga


Aplikasi ganas yang menginfeksi 60 aplikasi di android market / tempat download aplikasi android tidak resmi. Mampu menembus securiti android dan menginstallnya, mencuri data dan sebagainya. 

4. GGTracker.

Virus yang cukup canggih. Mampu menjebak melalui aplikasi di android market dengan programnya yang terkenal Penghemat Baterai Palsu. Banyak pengguna android yang tertipu mengunduh aplikasii penghemat baterai tanpa menyelidiki dahulu rating, feedback pengguna serta beberapa ulasan tentang aplikasi tersebut. Tahunya si pemilik android langsung main pasang aplikasi penghemat, bukannya lebih hemat baterai malah semakin membuat boros daya disebabkan lalu lintas data internet seccara terus menerus mengirim file ke server pembuat aplikasi virus.

5.Android Plankton.

Sebuah virus Trojan di android. Dibawa melalui game Angry Birds Rio Unlock (tak resmi ).Bagi yang gemar bermain Angry Birds jika ada tulisan Are You Sure You Want to Unlock All Level? jawab saja dengan NO, karena itu adalah virus trojan.

Walau saat ini game angry bird sudah tidak setenar dahulu dan tergantikan dengan tipe game mode petualangan serta virtual reality namun masih banyak penggemar angry bird dengan berbagai episode yang dimunculkannya.

6. Aplikasi Bank Palsu.

Tujuan dibuatnya adalah untuk mencuri informasi rekening dan mengambil uangnya. Pihak Google mengambil langkah cepat dan telah menghapusnya dari daftar aplikasi play store. Jadi bagi anda yang ingin melakukan transaksi finansial melalui aplikasi Banking jangan pernah menggunakan aplikasi yag tidak direkomendasikan oleh pihak Bank karena bisa beresiko pencurian data serta kebobolan rekening

7. Droid Dream atau Android Rootcager.

Aplikasi ganas yang menginfeksi lebih dari 60 aplikasi di android market serta Mampu menembus security android dan menginstall dirinya tanpa diketahui pengguna, mencuri data dan akhirnya melakukan aksi spyware (mata-mata).

8. Droid KungFu.

Virus ini kabarnya sudah dibasmi sebelum masuk ke android market. Droid kungfu Mampu menciptakan aplikasi sendiri sambil menunggu korbannya banyak kemudian memberi virus di tiap ada update.

9. Virus Android System Messenger.

Sebuah virus trojan ( tidak tampak ) yang mampu merekam pembicaraan telepon. Intinya ketika malware jenis ini sudah menginfeksi sistem maka ketika anda melakukan percakapan telepon akan terekam dan hasilnya tentu langsung terunggah di pusat data si pembuat virus tanpa anda sadari.

Bagi pengguna android yang tidak suka berinternet ria tentu semakin aman dari aksi Trojan, spyware ( mata-mata ) via online. tapi jangan khawatir, bagi pengguna android yang hobi nge-net gunakan selalu antivirus yang handal dan terpercaya. begitu juga jangan sembrono mengunduh aplikasi dari pihak-pihak yang tidak diketahui reputasinya. Untuk unduhan aman masuk saja ke play store - nya android pasti terjamin keamanannya daripada harus berburu aplikasi di market lain.


Emoticon Emoticon