Membuat QR barcode di HP android

Barcode sering kita lihat di kemasan-kemasan yang dijual di toko-toko. tapi ada yang baru di era barcode ( kode garis ) sekarang ini, yaitu adanya QR code. QR code sendiri yaitu suatu bentuk penyandian bisa berupa tulisan, gambar, link, dsb yang disandikan berbentuk kotak segi empat kecil dengan titik-titik kotak-kotak kecil yang tidak beraturan.
Untuk dapat membaca sandi yang ada di dalam QR code tersebut maka diperlukan alat decode, bisa berupa mesin reader ataupun ponsel yang sudah dilengkapi kamera serta aplikasi pembacanya. Untuk aplikasi reader / pembaca QR code sendiri ( di HP android ) sudah banyak bertebaran di play store google. Tapi untuk membuat sendiri QR code yang ingin kita ciptakan belum banyak yang merilisnya.
Bagi sobat yang ingin membuat QR code ciptaan sendiri untuk sekedar coba-coba atau untuk me-nyandikan kata-kata tertentu maka ikuti cara berikut ini :
– silahkan masuk ke alamat disini
membuat qr code
– Kemudian sobat tinggal mengetikkan di kolom yang disediakan ( contoh seperti diatas )
– Pilih ukuran yang diinginkan seperti 100 x 100 sampai ukuran maksimalnya 500×500
– Kemudian klik tombol Created QR code
– Dan QR code ciptaan sobat sudah jadi 🙂
QR Code buatan sobat dapat di share dimanapun entah itu di FB, whatsapp, kakao, website atau dimanapun juga dengan cara di save dulu Image ( gambar ) yang sudah tercipta tadi. Pembaca atau teman yang ingin membacanya haruslah memiliki aplikasi pembaca QR code tersebut. Mudah bukan !

Leave a Comment