Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Apa Efek Melakukan upgrade android ke versi lebih tinggi?

Banyak sekali bertebaran di dunia maya tentang cara-cara upgrade / meningkatkan versi sistem operasi ponsel android dengan versi dan firmware yang menurut mereka lebih tinggi versi dan kernelnya yang ternyata tidak di support oleh pihak vendor android itu sendiri. sehingga banyak sekali keluhan yang dihadapi oleh pengguna yang telah melakukan langkah upgrade demi mencapai keinginannya. padahal efek buruk upgrade android ke tingkat yang lebih tinggi bisa mengganggu kinerja ponsel tersebut baik sisi sistem dan kinerja android seccara keseluruhan.

efek buruk upgrade android

Di dunia maya, berbagai trik telah dijabarkan seperti contoh, HP dengan OS Kitkat ingin di upgrade ke Marshmallow dan selainnya , disitu banyak yang tidak menyelasaikan masalah tapi menimbulkan masalah baru. mulai dari kesulitan peng-aplikasiannya sampai masalah yang ditimbulkan karena gagalnya sistem yang tidak stabil. di bawah ini sekelumit akibat Efek buruk upgrade android ke tingkat yang lebih tinggi yang tidak di support pabrikan ponsel pembuatnya, Kernel maupun sistem.

  • Dari segi hardware, upgrade tentu akan semakin memaksa memori yang pas-pasan untuk bekerja me-load berbagai perangkat sistem yang diperlukan sehingga hp akan semakin lemot
  • Prosesor akan semakin bekerja ekstra dan panas
  • beberapa aplikasi akan gagal loading
  • terkadang menu-menu tidak seperti yang kita harapkan karena loading yang gagal
  • walau hp tetap menyala terkadang fungsi call / sms tidak sesempurna seperti versi bawaan hp
  • adanya malware / virus yang tertanam di program yang tertanam di emulator upgrade
  • dan banyak lagi kekurangan lainnya
dari penjabaran diatas tentu setiap pengguna android mempunyai berbagai cara untuk menyikapinya dan juga berpendapat. mungkin yang sukses meng-upgrade OS androidnya akan tidak setuju dengan pendapat diatas. tapi memang survey membuktikan bahwa melakukan upgrade ke tingkat yang lebih tinggi dan tidak di support oleh sang vendor akan banyak menyisakan sisi kekurangan dan kelemahan dari gadget android tersebut.

Namun kekurangan melakukan upgrade android ke versi lebih tinggi seharusnya tidak menghalangi penggunanya untuk melakukan update firmware.

Dimana Firmware dengan versi yang lebih tinggi akan menutup berbagai celah keamanan, Bug dan juga kekurangan sistem agar bekerja lebih optimal.

Dari beberapa kasus, sedikit sekali pengguna smartphone android yang melakukan update software / firmware ke versi lebih tinggi menjadikan ponselnya bermasalah, malah sebaliknya, akan terasa kinerjanya semakin baik dan dari sisi keamanan akan meningkat.

Kesimpulannya, bila ada versi terbaru yang disarankan oleh pabrikan smartphone untuk melakukan update maka lakukan saja, biasanya melalui sambungan realtime OTA. Dan jangan memaksa untuk upgrade sistem operasi atau Melakukan Custom ROM yang tidak didukung oleh vendor resminya.