Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Widget HTML #1

Inilah Penyebab Baterai HP android Melembung

DuniaAndroid..com - Beberapa penyebab Baterai HP melembung. Memang banyak sekali permasalahan yang dihadapi oleh HP dengan system android yang dikeluhkan para pengguna ponsel pintar sekelas android. Mulai dari permasalahan sistem yang sering macet, Aplikasi yang tidak bisa berjalan normal, Baterai yang cepat habis padahal masih baru beli dan beberapa keluhan lainnya. Dari sekian permasalahan yang dihadapi oleh pengguna android smartphone adalah baterai android bengkak ( melembung) yang akan admin bahas kali ini. Kalau dalam bahasa gaul anak muda sekarang baterainya lagi 'hamil'..hehe.

baterai android melembung

Sebenarnya tidak banyak yang salah dengan sistem operasi androidnya, tidak ada juga yang keliru dari segi hardwarenya ( perangkatnya), karena sudah barang tentu perangkat (hardware) dari Ponsel sekelas smartphone yang dipasarkan sudah sedemikian rupa melalui serangkaian uji coba laboratorium yang dikerjakan oleh para ahli yang berkompeten dibidangnya dibarengi riset dan uji standar kelayakan oleh Pihak Independent agar lolos untuk proses produksi dan dipasarkan ke konsumen.

Baca Juga

Kemudian ,kalau gadget/ HP sudah ada di tangan konsumen maka sebagian besar kemungkinan kesalahan adalah di tangan pengguna itu sendiri. Tentunya nilai kesalahan yang dibebankan di konsumen gadget lebih besar prosentasenya karena setiap pemilik HP satu dengan yang lain juga tidak sama memperlakukan smartphone kesayangannya, sehingga tingkat error maupun kerusakan juga berlainan satu dengan yang lain.

Penyebab Baterai HP Android Melembung


Untuk masalah baterai android yang menggelembung / bengkak sebenarnya ada beberapa penyebab salah satunya seperti di bawah ini :

  • Baterai android memang sudah berumur, dalam artian sel-sel di dalam komponen baterai sudah tidak sanggup lagi secara bekerja maksimal menerima masukan dan keluaran arus yang didapat dari alat charger (Pengisi daya)
  • Kesalahan fatal pengguna, seperti melakukan aktifitas menelfon sambil melakukan charge HP. Mengapa ini kesalahan ? karena baterai HP android terbuat dari sel lithium yang bilamana dalam kondisi di-charge kemudian user melakukan aktifitas menelfon akan menyebabkan arus yang masuk ( charge) dengan arus yang dikeluarkan ( menelfone) tidak sebanding, hal ini yang menjadi titik terbesar baterai android cepat rusak dan salah satu cirinya adalah baterai ‘hamil’ alias melembung.
  • Pada waktu di charge Sering digunakan bermain game berat, menonton Video, baik itu streaming maupun melihat video offline juga berpotensi mempercepat melembungnya baterai karena arus yang masuk waktu pengisian daya tidak sebanding dengan arus yang keluar saat proses permainan game
  • Hp android di charge dengan tegangan yang tidak direkomendasikan / lebih tinggi. Banyak kejadian pengguna smartphone asal-asalan menancapkan alat pengisi daya tanpa melihat spesifikasi yang tertera pada alat charger tersebut.
  • adanya komponen penahan arus di dalam HP android yang sudah mulai melemah fungsinya sehingga sewaktu proses charge akan memperpendek umur baterai.
Dan banyak lagi sebenarnya faktor-faktor mengapa baterai android menjadi bengkak dan tidak maksimal lagi fungsinya. Semoga ulasan diatas bermanfaat bagi sobat penggemar smartphone android.