Saturday

Bagaimana Mengempiskan baterai melembung ?

Bagaimana Mengempiskan baterai melembung ?,- Sahabat Dunia Android, sudah dari jamannya Ponsel jadul sampai ponsel pintar yang sudah banyak pemakainya saat ini, yang namanya Baterai melembung sudah menjadi hal yang umum. Banyak sekali beberrpa pertanyaan dari beberpa pengguna HP yang menanyakan perihal cara membuat baterai melembung bisa kempis kembali dan juga ada yang bertanya apakah ada efeknya ?, untuk menjawabnya yuk simak ulasan perihal baterai ponsel di bawah ini.

susunan isi baterai

Di kebanyakan perangkat penyimpan arus di Ponsel masih menggunakan baterai bertipe Lihium-Ion walau banyak juga yang sudah mengadopsi tipe baterai Lithium Polymer (Li-Po) yang lebih efisien dalam penyimpanan daya listrik.

Baca : Powerbank Darurat dari baterai Kotak 9volt

Sebelum menjawab pertanyaan diatas, sekilas kita telisik dahulu apa sebenarnya isi dari baterai ponsel yang sering kita lihat dan pegang bentuknya tersebut. Baterai ponsel dibuat dari lapisan-lapisan khusus yaitu bagian luar sendiri merupakan cassing dari keseluruhan isi cell-cell didalamnya. Lalu bertahap ada namanya Positif elektroda, kemudian sparator atau pembatas, kemudian negatif elektroda.
Baca :Bahaya baterai Melembung dipakai di Ponsel



Dimana lempengan elektroda tersebut berfungsi sebagai penyimpan dan penghantar arus ketika digunakan di perangkat elektronik seperti smartphone. Jadi intinya, di dalam baterai tersebut berisi lapisan berupa lempengan kutub positif dan negatif dan dibatasi dengan pembatas khusus agar tidak bersinggungan satu sama lain serta diletakkan sedemikian rupa dan dipadatkan sampai terbentuk ukuran baterai yang tipis seperti kita lihat sekarang ini.

Sebab baterai melembung

Kebanyakan kasus yang menyebabkan baterai bisa melembung tidak sepresisi bentuk normalnya bisa bermacam-macam seperti :
1. Baterai dipaksakan untuk dicharge dengan voltase dan ampere yang melebihi kapasitas maksimum yang bisa diterimanya. Jadi berhati-hatilah ketika melakukan charge dengan perangkat pengisian yang bukan peruntukannya dan tidak tahu berapa tegangan yang dikeluarkan yang menyebabkan overload dan menyebabkan baterai melembung karena beban yang berlebihan

2. Melakukan aktifitas Game Berat dan telephone sambil melakukan charge, hal ini bisa mempercepat melembungnya baterai ponsel anda disebabkan arus yang masukk dan keluar tidak seimbang sehingga membebani kinerja baterai dan merusak cell

3. Baterai yang sudah rusak komponen pemutus arusnya atau sudah uzur juga akan rentan merusak cell dalam baterai
Baca : Hati-hati HP sering main game, ini bahayanya
Bagaimana cara mengempiskan baterai Melembung ?


Seperti yang admin jelaskan diatas, bahwa struktur penyimpan arus atau baterai ini merupakan susunan lempengan elektroda yang sudah ditata sedemikian rupa dan mempunyai sekat pengaman di beberpa sisinya dan bila cell sudah mengalami kerusakan dan tertekuk maka di dalam rongga baterai melembung tersebut ( jenis Li-ion)sebenarnya berisi udara dan jalan satu-satunya membuat kempis baterai adalah dengan menusukkan jarum ke dalam baterai serta menekannya sampai kempis.

Perhatian!!, Namun ingat bahwa menusuk bodi baterai atau bahkan menekannya bisa berakibat fatal terhadap cell-cell baterai yang bisa menyebabkan konsleting antara satu cell kutub dengan kutub yang lain.
Begitu juga melakukan penekanan terhadap baterai yang melembung juga bisa merusak tatanan cell kutub yang ada. Bahayanya, baterai tidak akan meningkat fungsinya bahkan akan membahayakan perangkat serta si pemakai karena bisa meledak setiap saat disebabkan arus pendek pada cell penyimpanan.

Nah, masih mau mengempiskan baterai melembung dengan jarum dan menekannya atau lebih baik beli yang baru ?, saran Admin adalah belilah yang baru daripada mengorbankan perangkat ponsel anda yang harganya lebih mahal dari baterai itu sendiri. Dan kalau meledak kan bisa gawat...semoga bermanfaat.


Emoticon Emoticon