Saturday

Cara atasi Peringatan 'Perlu Tindakan Tambahan' di layar android

Mungkin banyak diantara pengguna android saat ini menerima pemberitahuan di layar bertuliskan ' Perlu tindakan tambahan ', apa maksudnya dan mengapa notifikasi tersebut bisa muncul?. Jangan khawatir, Dunia Android akan membahas mengapa notifikasi tindakan tambahan yang nantinya pengguna harus memasukkan kembali kata sandi di akun google miliknya, dan juga mengapa hal tersebut bisa muncul padahal pengguna android tidak pernah keluar dari akun sebelumnya.

notifikasi perlu tindakan tambahan

Ketika ada notifikasi perlu tindakan tambahan dari pihak google di layar ponsel, tentu berimbas pada semua akun yang terkait dengan akun tersebut seperti google Playstore, email, youtube, hangout, google plus dan lain sebagainya.

Baca : Bisakah 1 akun google untuk beberapa HP android ?
Dengan menghiraukan notifikasi tersebut maka anda tidak akan bisa masuk ke email secara langsung seperti biasanya, tidak bisa melihat akun playstore maupun melakukan update lagi dan tidak bisa bermedia social di produk google. Pengguna diharuskan memasukkan lagi kata sandi pada akun google yang terkait dengan pemberitahuan tersebut.

Apa saja sebab adanya pemberitahuan 'Perlu tindakan tambahan' di layar android tersebut ?

1. Pemilik HP android baru saja melakukan updatesemua produk google dengan versi terbaru, baik itu otomatis ataupun dengan tindakan update manual. Produk terkait tersebut antara lain aplikasi Email, aplikasi Playstore, Hangout, Youtube dan lainnya.

Ketika proses update aplikasi tersebut tellah berhasil maka bisa memunculkan pemberitahuan tindakan tambahan disebabkan adanya pembaruan keamanan pada sistem aplikasi.

2. Anda pernah membuka akun google di perangkat yang berbeda, contohnya saat ini akun anda berada di ponsel android dan diwaktu yang lain anda pernah mengaksesnya dari perangkat PC atau komputer, sehingga demi alasan keamanan di ponsel android memaksa penggunanya untuk memasukkan kode sandi supaya memastikan bahwa si pemilik ponsel benar-benar yang mempunyai otoritas dengan akun tersebut.

3. Anda pernah mengganti password email atau akun google dari perangkat lain sehingga di ponsel android yang juga memakai akun tersebut dipaksa oleh google untuk memferifikasi ulang sandi yang berubah.

Nah, setelah tahu apa yang menyebabkan adanya notifikasi ' perlu tindakan tambahan' di ponsel android, saatnya untuk melakukan tindakan yang diperlukan untuk kembali masuk ke akun agar normal kembali.

kata sandi di akun google

1. Ketika dilayar ada Pemberitahuan Perlu tindakan tambahan silahkan masuk ke opsi tersebut

2. Nantinya ada tampilan yang mengharuskan anda melakukan input kata sandi di akun email / google.

3. Jangan salah memasukkan kata sandi, karena bila salah andda tidak akan bisa lagi mengakses data yang terkait dengan akun tersebut.

4. Bila anda lupa dengan kata sandi atau password akun google silahkan masuk ke opsi 'Lupa kata sandi' yang ada di bawah inputan password.

5. Ketika anda lupa akan kata sandi dan masuk ke opsi pemulihan akun, anda akan dibawa ke form pemberitahuan yang menyatakan bahwa anda akan menerima kode pemulihan di SMS maupun di email yang pernah anda inputkan ketika pertama kali membuat akun Gmail.

Disinilah banyak terletak kesalahan beberapa pengguna android yang mempunyai akun Gmail, dimana tidak pernah tahu bahwa google memberlakukan 2 langkah keamanan untuk membuktikan bahwa si akun tersebut benar-benar miliknya.

Yang perlu diperhatikan, ketika anda mulai membuat akun Gmail maka isikan verifikasi berupa nomor telepon milik anda atau email lain milik sendiri untuk tujuan agar saat anda lupa kata sandi nantinya mudah untuk direcovery. Kesalahan yang banyak dilakukan oleh pengguna akun gmail atau google saat ini adalah sekali membuat email tapi tidak memasukkan verifikasi keamanan seperti nomor telepon aktif maupun alamat email aktif yang lain, sehingga apabila akunnya terkunci atau lupa password akhirnya kebingungan merecovery dan kehilangan akun.

Semoga tips tentang cara mengatasi peringatan 'perlu tindakan tambahan' di ponsel android diatas bermanfaat, Jangan sungkan untuk bertanya ya...terima kasih.


Emoticon Emoticon