Saturday

Cara Aktifkan Fitur Anti Pencurian Ponsel di Android

Keamanan Android semakin lama semakin ditingkatkan oleh pihak developer-nya, seperti halnya dalam fitur yang ada di OS android Lollipop atau Marsmallow ada alat keamanan anti pencurian ponsel yang bernama Mobile anti Theft (Anti pencurian ponsel). Dimana fitur canggih ini nantinya bisa dimanfaatkan oleh pemilik smartphone apabila dalam kondisi ponsel tersebut berpindah tangan, entah itu hilang atau dalam situasi yang semakna.

fitur anti theft mobile android

( Baca : Kelebihan Android Marshmallow dibanding Pendahulunya )

Bagi pengguna smartphone yang masih awam tentang fitur mobile anti theft atau anti pencurian ponsel ini memang dibuat bertanya-tanya bagaimana cara kerjanya dan untuk apa sebenarnya fungsi ini bila diaktifkan. Apakah pelacakan menggunakan sinyal GPS seperti fitur pelacakan yang sudah dikenal sekian lama oleh pengguna android dengan ADM ( android Device Manager ) sebagai antar mukanya ?, Ternyata tidak sama sekali. 

Sekilas tentang fungsi dan manfaat dari Mobile anti theft ini adalah pemilik sah smartphone ketika kehilangan ponselnya akan bisa melakukan Remote jarak jauh seperti mengunci ponsel (Remote Phone Lock) serta Menghapus data (Remote Data Wipe). Mungkin yang menjadi pertanyaan, apakah ponsel akan bisa ditemukan dengan alat atau fitur ini ?, jawabannya bisa iya dan tidak karena mode anti pencurian dalam fitur ini bukan dalam hal pelacakan namun dari segi keamanan data dan penguncian telepon jarak jauh agar si pencuri tidak dapat leluasa melakukan aktifitas terhadap ponsel curiannya. Tapi jangan salah, bila si pencuri kreatif maka dengan cara melakukan hard reset atau flashing ulang tentunya fitur anti theft juga bisa tidak berfungsi sebagaimana mestinya walaupun dalam hal tertentu ada aplikasi khusus berbayar yang memungkinkan keamanan ponsel tetap terjaga walau sudah dilakukan flashing data.


Kembali ke topik diatas, Bagaimana mengaktifkan mode keamanan anti pencurian ponsel di smartphone android ?, kali ini Admin akan membagikan tips yang sudah saya coba sebelumnya dan berhasil di ponsel Evercoss Winner Y2 plus Extreme dengan OS marsmallow 6.0. Silahkan simak di bawah ini.

1. Buka pengaturan android dan langsung menuju ke opsi Keamanan.

pengaturan anti theft android

2. Setelah itu masuk ke menu Mobile anti Theft. Anda akan disuruh memasukkan nomor emergency contact yang mana nomor yang nantinya anda input adalah nomor ponsel aktif selain yang ada di ponsel yang sedang anda setting opsi anti pencurian saat ini.

3. Masukkan nomor telepon lain yang anda punya (yang masih aktif), jangan lupa beri kode awalan negara setelah itu nomor telepon. Anda bisa memasukkan beberapa nomor kontak sekaligus bila diperlukan. Setelah yakin data benar silahkan klik tombol Done.

setting fitur anti pencurian

4. anda juga akan disuruh memasukkan PIN sepanjang minimal 6 sampai maksimal 20 character. Masukkan PIN setelah itu klik tombol Done. dan proses selesai.



Pertanyaan selanjutnya, bagaimana cara kerja sistem anti pencurian ponsel ini ?, mengapa harus melakukan input nomor kontak segala ?. Jawabannya, karena nantinya ketika ada perubahan aktifitas seperti penggantian simcard atau ponsel anda baru saja hilang maka akan langsung ada notifikasi dari nomor yang baru saja digunakan di dalam ponsel tersebut ke dalam kotak masuk di kontak yang sudah kita tuliskan tadi. Contoh, saya mencoba memasukkan simcard lain ke dalam ponsel Evercoss yang saya jadikan percobaan, teryata setelah saya hidupkan ponselnya ternyata secara diam-diam ponsel tersebut mengirim SMS tanpa saya ketahui ke nomor ponsel yang sudah saya inputkan sebagai emergency Contact sebelumnya.

Dengan begitu, si empunya ponsel akan dengan mudah mengirim pesan kepada si penemu ponsel untuk segera mengembalikan ponsel temuannya. Atau juga pemilik gadget bisa melakukan proses hapus data dan lock dari jarak jauh bila diperlukan ddengan hanya berbekal kode yang diketikkan dari emergency call dari ponsel lain.

Di bawah ini adalah screenshoot pada ponsel saya yang berisi kontak emergency ketika ponsel percobaan evercoss saya isi dengan simcard lain. Ada notifikasi masuk berbahasa china, karena memang evercoss buatan china, lengkap dengan nomor simcard yang tertera di dalam sender-nya.

message emergency contact

Dan Di bawah ini adalah bentuk bentuk Command atau perintah yang bisa dilakukan ketika ponsel anda jatuh ke tangan orang-yang tidak anda kehendaki. Anda bisa melakukan penghapusan data dengan mengetik perintah dari mode emergency call di ponsel yang lain dengan format sebagai berikut.

format penulisan emergency call anti theft

1. Untuk melakukan remote Penguncian telepon silahkan ketik #souding#

2. Untuk menghapus semua data telepon ( Wipe data ) silahkan ketik #xiaohui#

3. Untuk Fetch back anti theft PIN silahkan ketik #mima#

(note: terkadang untuk masing-masing tipe ponsel akan lain jenis perintahnya, untuk perintah diatas adalah format penulisan di smartphone Evercoss)

Mungkin sampai disini dahulu casciscus admin Dunia Android untuk memberikan tips tentang cara aktifkan Mobile anti theft di smartphone Evercoss dengan OS lollipop atau marshmallow, semoga bermanfaat. Silahkan berkirim pertanyaan atau komentar di kolom komen di bawah artikel ini. Terima kasih.


Emoticon Emoticon