» , » Mengapa Android lebih Unggul dari Komputer Desktop ?

Mengapa Android lebih Unggul dari Komputer Desktop ?



Dijaman belum menjamurnya ponsel pintar atau smartphone seperti sekarang ini, Dulu seakan Komputer atau PC menjadi gadget yang tiadak tandingnya dalam kancah dunia Teknologi Informasi. Namun saat ini seperti berbalik arah, gadget seukuran telapak tangan manusia telah mampu mengubah fenomena ketergantungan akan komputer desktop, bukan hanya dalam hal teknologinya namun kemudahan mobilitasnya yang tinggi yang bisa menarik minat penggunanya.

PC vs android

Namun saat ini juga tidak bisa dipungkiri dalam segi software dan kinerjanya memang Personal Computer desktop dengan beberapa sistem yang ada seperti Windows, Mac, Linux dan sebagainya memang tidak bisa tergantikan hanya sekedar memakai smartphone. Misalnya, anda yang biasa melakukan editing foto menggunakan software Photoshop tentu akan beda antara di PC dan di samartphone, anda pengguna smartphone tidak akan bisa menemukan beberapa fitur yang ada di photoshop versi PC. Begitu pula aplikasi-aplikasi 'kelas berat' lainnya walau ada dalam versi mobile tentunya tidak akan bisa dimanfaatkan secara maksimal di dalam mode ponsel pintar karena memang tidak memungkinkan untuk dijalankan.

Mungkin saja suatu saat nanti smartphone sudah bisa mengadopsi atau setidaknya membuat engine emulator yang bisa menjalankan file executable dari aplikasi versi PC ke dalam samartphone itu sendiri. Sehingga dengan mudah semua pekerjaan yang biasa dilakukan dalam aplikasi yang rumit dan komplek di PC bisa berjalan sempurna di ponsel pintar tanpa pengurangan satupun fitur di dalamnya.

Mungkin ada sebagian pembaca yang ingin tahu, mengapa smartphone khususnya yang bersistem android begitu digandrungi dan banyak peminatnya daripada menggunakan Komputer desktop (PC) saat ini ?, yuk simak jawabannya di bawah ini.

1. Dari segi dimensi perangkat tentunya orang akan lebih memilih Ponsel yang hanya segenggaman tangan daripada harus menjinjing PC atau Laptop yang berat. untuk melakukan tugas atau aktifitas memang lebih menguntungkan smartphone daripada PC.

2. Dilihat dari segi mobilitas dan kebutuhan sehari-hari penggunanya tentunya smartphone lebih mudah digunakan dan sangat user friendly dimata user. Contoh, kalau hanya untuk aktifitas mengetik standar atau juga hitung-hitungan di kolom exel standar di smartphone sudah bisa mengatasi hal itu, tidak perlu repot-repot membuka PC kalau hanya untuk mengetik dan melakukan aktifitas terhadap aplikasi standar yang bisa diwakili hanya dengan gadget kecil.


3. Lebih hemat energi. Mungkin yang satu ini adalah alasan paling tepat dan anda akan setuju 100 persen kalau smartphone menjadi pemenangnya. Dimana sebuah PC akan memerlukan daya yang tinggi dalam kinerjanya dibanding sebuah smartphone dengan bekal baterai kecil namun powerfull.

4. Dari segi perangkatnya, Smartphone sudah membuat semaunya menjadi satu kesatuan. ada perangkat bluetooth, Wifi, Router, Penala TV, Penala Radio dan pemancar semua menjadi satu kesatuan dalam satu gadget yang kesemuanya itu jarang ditemui dalam versi Perangkat komputer Desktop. Dimana di PC semua perangkat tersebut akan terpisah satu sama lain dan pengguna harus menyediakan satu persatu dengan menancapkan ke beberapa slot USB yang ada.

5. Masalah driver juga menjadi tolok ukur bagaimana smartphone sudah membuat penggunanya semakin dimudahkan. Di perangkat komputer desktop pengguna awam akan direpotkan dengan beberapa settingan driver perangkat, namun di smartphone semisal android hal itu tidak aakan ditemui. Semua periperhal yang ada di dalam ponsel pintar sudah siap digunakan oleh user tanpa repot-repot menginstal driver perangkat didalamnya.

6. Tampilan antarmuka yang user friendly. anda tidak akan menemukan kelas-kelas privat khusus yang menyediakan pelajaran smartphone untuk penggunanya, lain halnya dengan sistem operasi yang ada di PC, orang awam yang baru menyentuh komputer semisal sistem windows pastinya harus mempunyai bekal khusus untuk menyusuri setiap menu yang ada dan semua itu bisa dilihat dari banyaknya les-les privat komputer di beberapa tempat. Bagi pengguna smartphone lain lagi, sekali membeli mungkin hanya sehari dua hari user akan bingung dengan menu yang ada namun tidak akan sebingung menjalankan sistem operasi di PC.

7. Dari segi harga mungkin smartphone terlihat lebih mahal, namun jangan salah, di dalam ponsel pintar sudah ada beberapa perangkat yang bila dipisah-pisah menjadi dongle tersendiri tidak akan sebanding dengan nilainya. Harga PC akan jauh lebih mahal bila harus menyediakan perangkat seperti yang ada di smartphone seperti menambah perangkat Bluetoth, Modem, Router, Kamera, Penala TV dan lain sebagainya.

Dari beberapa sebab diatas yang membuat PC semakin memudar kepolulerannya tentu lambat laun semakin menjadi kenyataan. Prediksi dari beberapa pakar teknologi modern menyatakan bila suatu saat nanti komputer Desktop sudah akan hilang dari hadapan kita dan berganti dengan perangkat kecil yang cukup disimpan dan dibawa kemana-mana di dalam kantong saku. Bagaimana menurut anda ?

loading...

0 komentar:

Post a Comment

Silahkan tinggalkan komentar saudara dengan sopan dan santun
Komentar anda akan dimoderasi Terlebih dahulu ...

loading...