» , » Apa Penyebab Force Close ketika buka Aplikasi Android ?

Apa Penyebab Force Close ketika buka Aplikasi Android ?



Apa penyebab Force Close ketika membuka aplikasi android ?, Itulah pembahasan yang akan Admin bahas di artikel kali ini. Sistem Operasi Android memang sudah sedemikian terkenalnya di Dunia sekarang ini. Bahkan saking terkenalnya image di masyarakat bahwa tidak mengikuti perkembangan jaman kalau tidak mempunyai Smartphone android. Namun itu hanya image di masyarakat, entah benar adanya atau tidak admin tidak akan berpolemik disini.

penyebab force close di aplikasi android

Kembali ke topik semula, Banyak pengguna ponsel pintar bersistem android mengeluhkan ketika membuka suatu aplikasi tertentu ternyata berhenti di tengah jalan dengan adanya notifikasi bahwa aplikasi telah ditutup paksa alias force close. Biasanya ada 2 error yang memaksa aplikasi untuk menutup yaitu ketika aplikasi sudah berjalan dan aplikasi masih pada awal mula dijalankan.

Ketika aplikasibaru saja dijalankan dan menunjukkan tanda error di layar seperti tulisan 'Unfortunately, Force Closes has stopped' dan pengguna disuguhi dengan tombol OK dan Report untuk aksi selanjutnya maka ada beberapa sebab dan kemungkinan yang terjadi yaitu :
1. Aplikasi yang memang rusak dari pihak pengembangnya

2. Aplikasi corrupt ketika dilakukan pengunduhan dan penginstallan sehingga aplikasi tidak bisa bekerja sebagaimana mestinya.

3. Sistem di smartphone yang Error.

4. Aplikasi Tidak support dengan Versi OS smartphone yang anda punya.
Namun bila Force close terjadi ketika aplikasi sudah berjalan sebagaimana mestinya lalu di tengah aktifitas kita menekan tombol tertentu di menu aplikasi atau aktifitas lainnya maka ada kemungkinnan beberapa sebab yang terjadi seperti :


1. Ada crash kode program di dalam aplikasi yang berjalan

2. RAM di smartphone yang tidak memadai, hal ini biasanya karena adanya spesifikasi RAM kecil atau juga bisa karena adanya aktifitas aplikasi lain yang masih bekerja di background layer sistem.

3. Aplikasi memang ada terdapat bug atau kode program yang salah atau tidak bekerja sebagaimana mestinya.

4. Versi sistem tidak support terhadap aplikasi

5. Kuota penyimpanan data di memori smartphone anda minimum sehingga ada aplikasi yang memang membutuhkan tempat penyimpanan sementara maupun cache yang tidak dapat tersimpan dengan sempurna.

Lalu bagaimana cara mengatasi masalah adanya Force close yang sering terjadi ketika membuka aplikasi ?, Terlebih dahulu harus dibedakan bagaimana reaksi force close yang terjadi. apakah hal tersebut terjadi ketika membuka salah satu aplikasi saja atau bahkan ketika membuka beberapa aplikasi terjadi juga force close.

Semisal anda membuka salah satu aplikasi tertentu dan terjadi Force close dan selalu terulang ketika membukanya kembali maka cara mengatasinya adalah sebagai berikut : (Saya beranggapan aplikasi yang anda unduh adalah aplikasi yang sudah familiar dan populer digunakan oleh pengguna android)

1. Bersihkan dahulu cache dan data aplikasi bersangkutan di pengaturan APL, Cek juga apakah ruang penyimpanan di ponsel anda masih longgar atau sudah minim. Beri ruang kosong minimal 400-an MB untuk ruang kosong di penyimpanan ponsel.

2. Unistall atau copot aplikasi dari smartphone anda, kemudian unduh kembali dari market yag sudah populer seperti Playstore.

3. Setelah anda unduh dan menginstallnya, coba buka kembali aplikasi tersebut.

Bila di setiap aplikasi ( beberapa aplikasi ) yang anda buka ternyata menimbulkan force close maka lakukan hal di bawah ini:

1. Cek dahulu ruang penyimpanan dan yakinkan pula bahwa versi android anda compatible dengan aplikasi.

2. Coba tutup beberapa aplikasi yang sedang berjalan.

3. bersihkan cache pada aplikasi yang menimbulkan masalah

4. Setelah itu coba jalankan kembali aplikasi, apabila di beberapa aplikasi memang tidak bisa berjalan coba unistall semua aplikasi yang bermasalah dan unduh kembali aplikasi serta pasang dan jalankan.

5. Apabila dengan cara diatas beberapa aplikasi tidak bisa dibuka ( force close ) maka lakukan Reset ulang sistem ( default factory ).

6. Sebenarnya seteah melakukan reset ulang umumnya semua apikasi yang kembali anda pasang dan jalankan harusnya bisa berfungsi normal.

Ada catatan satu lagi dari admin, coba cek dahulu apakah smartphone anda terkena virus atau tidak. Kejadian yang sering dialami oleh aplikasi yang berhenti mendadak karena adanya interupted dari script code virus. Coba scan ponsel android dengan antivirus yang populer seperti avast, avira, avg dan lain sebagainya. Setelah melakukan scan silahkan unisstall saja antivirusnya karena malah akan menghabiskan Memori RAM dan memperlambat proses aplikasi yang tadinya bermasalah ketika dijalankan.
Copyrighted : Dunia Android (siandroid.blogspot.com)
loading...

0 komentar:

Post a Comment

Silahkan tinggalkan komentar saudara dengan sopan dan santun
Komentar anda akan dimoderasi Terlebih dahulu ...

loading...