Adakah APN Internet Tercepat dan Lancar ?

Bicara tentang APN atau access Point Name dari pihak operator selular memang terkadang banyak membuat bingung bagi para pengguna smartphone. Walaupun sekarang ini para user yang masih awam terhadap dunia internet langsung bisa memanfaatkan sambungan data tanpa ada utak-atik settingan APN sedikitpun, mengapa ?, ya karena ketika awal memasukkan kartu Sim ( simcard ) dan booting awal sudah dimulai semua settingan akan otomatis ‘nempel’ di pengaturan jaringan.
apn tercepat

Lain lagi persoalannya bila ada beberapa pengguna smartphone yang secara tidak sengaja menghapus, mengedit atau memang ‘sedikit usil’ dengan settingan yang ada, bisa saja sambungan internet tidak bekerja sebagaimana mestinya. Penggunaan APN tentu bukan sekedar monopoli smartphone saja, para pengguna modem sebagai jembatan tersambungnya internet di PC (komputer) juga mempunyai persoalan yang sama dalam hal isian data APN yang benar.

Dunia android sudah sering membuat artikel berkaitan tentang access point, dimana bagi sobat semua yang belum tahu apa dan bagaimana fungsi APN silahkan baca tutorialnya pada tautan di bawah ini.

Baca : Fungsi APN operator selular

Kali ini admin akan mengulas tentang beberapa pertanyaan yang sering menjadi polemik perihal APN, yaitu adakah APN operator selular yang tercepat ?, mungkin bila dijabarkan dalam pertanyaan yang sedikit panjang sebagai berikut “adakah APN yang paling cepat dan paling stabil untuk fungsi sambungan data operator selular ?”. Pertanyaan semacam itu sering terlontar di antara pengguna smartphone atau modem dengan kartu selular dari operator Lokal seperti Telkomsel, im3 Ooredoo, axis, XL, 3, dan smartfren. Dimana para pengguna merasa APN yang sudah ditetapkan oleh pihak operator tidaklah secepat yang diinginkan. 
Untuk menjawab pertanyaan diatas, yuk disimak beberapa uraian tentang APN tercepat yang diinginkan para pengguna smartphone di bawah ini menurut versi Dunia android.

1. Access point names ( APN ) di setiap provider memang sudah ditentukan sedemikian rupa agar pengguna dapat melakukan sambungan data internet dengan lancar dan dengan jalur yang sudah ditentukan. Setiap pengguna tidak bisa merubah sekehendak hatinya untuk mencari alternatif lain isian data APN yang bertujuan memanipulasi kecepatan data yang sudah ditentukan pihak operator.
2. Bila ada isian APN yang tidak ditentukan oleh pihak provider dan ternyata sambungan data masih bisa dilakukan bukan berarti pihak operator kecolongan atau merasa di’hack’, itu perkiraan yang salah, mengapa demikian ? karena tanpa disadari bila isian APN diubah sedemikian rupa dan sambungan internet masih bisa berjalan disebabkan pihak operator sudah mengalihkan settingan ke pengaturan defaultnya tanpa diketahui user walaupun di perangkat yang bersangkutan masih tertera settingan yang ‘salah’ tersebut. Ingat !, pihak operator bukanlah ‘anak kemarin sore’ yang bisa dipermainkan oleh para pelanggannya.
3. Lalu apakah benar ulasan di situs-situs yang menawarkan nilai APN tercepat tersebut benar-benar berfungsi ?, jawabannya : silahkan simak dengan seksama situs-situs yang membuat judul tentang APN operator tercepat pasti di dalamnya yang ditulis hanya nilai Default access point dari pihak operator tanpa ada yang berubah sedikitpun. Rata-rata situs yang membuat artikel tersebut memang bertujuan untuk meningkatkan rating penayangan pada setiap artikel yang dimuat dan dengan judul yang sedemikian rupa menarik minat pembacanya.
4. Jadi apakah ada APN tercepat untuk kartu selular lokal saat ini ?, jawabannya : APN tercepat adalah nilai yang telah diberikan pihak operator itu sendiri. Karena bagaimanapun anda mencari atau merubah nilai data pada settingannya tidak akan berpengaruh terhadap kecepatan internet. Ingat, kecepatan internet bukan hanya dari segi APN namun ada beberapa aspek yang mempengaruhinya seperti Kondisi Hardware perangkat smartphone, kuota data yang dibeli, jarak antara BTS dengan pengguna, Cuaca, penghalang sinyal, adanya virus di perangkat dan lain sebagainya.
Nah, Diantara jawaban tentang Kecepatan APN diatas mungkin sudah sedikit membuka cakrawala para pambaca Dunia android perihal polemik APN tercepat operator selular saat ini yang masih banyak dipertanyakan. Jadi ikuti settingan APN yang diberikan provider agar lebih aman dan memang sesuai peruntukannya. Semoga ulasan diatas bermanfaat, terima kasih.

0 thoughts on “Adakah APN Internet Tercepat dan Lancar ?”

Leave a Comment