» , » Sebab Aplikasi berhenti mendadak tanpa Notifikasi

Sebab Aplikasi berhenti mendadak tanpa Notifikasi



Pernahkah and mengalami masalah ketika membuka aplikasi tiba-tiba proses aplikasi berhenti dan menutup (keluar) tanpa anda sadari ?. Atau mungkin kejadiannya ketika sedang menjalankan aplikasi tertentu tiba-tiba aplikasi menutup dengan sendirinya ?. Bila itu kejadiannya silahkan simak uraian dan cara mengatasi aplikasi yang tiba-tiba berhenti tanpa adanya notifikasi dari sistem.

Aplikasi berhenti mendadak

Perlu pengguna android ketahui bahwa berjalannya aplikasi merupakan rangkaian kinerja dari deret source code aplikasi yang berjalan dengan urutan dan perintah program yang telah ditetapkan pengembangnya. Aplikasi yang berjalan juga tidak luput dari kinerja hardware seperti penggunaan space RAM, processor atau chipset, kartu grafis, ruang penyimpanan sampai pada kondisi aplikasi itu sendiri.

Anda bisa membayangkan bagaimana tidak dibuat jengkel apabila sedang asiknya mengerjakan atau menulis sesuatu di aplikasi notepad misalnya tiba-tiba aplikasi menutup dengan sendirinya tanpa sempat anda melakukan save (menyimpan) dokumen yang anda kerjakan. Contoh lain seperti bermain game, melakukan chatting di aplikasi social media atau juga ketika melakukan call online, bisa saja kejadian bukan hanya pada satu aplikasi melainkan terhadap aplikasi lain yang anda miliki.

Sebab aplikasi keluar

Aplikasi yang tiba-tiba menutup atau keluar dengan sendirinya bisa disebabkan oleh hal di bawah ini :

1. Kekurangan memori RAM. Maksudnya adalah space atau ruang RAM overload sehingga menyebabkan aplikasi gagal berjalan dengan semestinya. Keadaan kekurangan space RAM ini merupakan salah satu pemicu utama berhentinya aplikasi secara mendadak tanpa adanya pemberitahuan terlebih dahulu di layar anda. Solusi dari keadaan kelebihan beban RAM ini adalah silahkan coba menutup beberapa aplikasi yang sedang berjalan sehingga ruang memori bisa digunakan untuk aplikasi yang akan anda jalankan.

2. Aplikasi bermasalah. Apabila kejadian aplikasi tiba-tiba menutup dialami oleh aplikasi tertentu maka bisa dipastikan aplikasi tersebut mengalami kerusakan atau error pada programnya. Solusinya, anda bisa melakukan update aplikasi untuk memperbarui bug yang terjadi atau bila tidak berhasil silahkan unistall dan install kembali aplikasi dengan file aplikasi yang baru ( fresh install ).


3. Ruang penyimpanan minim atau bermasalah. Maksudnya adalah ketika aplikasi berjalan maka ruang utama untuk menjalankan aplikasi pasti dari memori penyimpanan, baik itu penyimpanan internal maupun eksternal. Ketika ruang kosong penyimpanan sudah terlalu minim maka bisa menyebabkan aplikasi berhenti mendadak. Apalagi bila ruang penyimpanan sudah mulai menunjukan pertanda rusak seperti adanya badsector atau memori file corrupt dan lain sebagainya.

4. Sistem operasi bermasalah. Pada kejadian aplikasi tiba-tiba berhenti dan berlaku bukan pada salah satu aplikasi tertentu maka sistem operasi smartphone bisa dijadikan kambingbhitam permasalahan. solusinya, silahkan kembalikan ke settingan awal ( reset default factory ) agar sistem kembali fresh.

Dari beberapa penjabaran diatas semoga dapat memberikan gambaran dan solusi terhadap masalah aplikasi yang tiba-tiba berhenti dan keluar dengan sendirinya. Semoga bermanfaat.

loading...

0 komentar:

Post a Comment

Silahkan tinggalkan komentar saudara dengan sopan dan santun
Komentar anda akan dimoderasi Terlebih dahulu ...

loading...