Friday

Mengganti Baterai Non Removable dengan Baterai Removable

Ada sedikit pertanyaan yang sering terlontar bagi pengguna ponsel dengan baterai Non Removable ( NRB ), yaitu apakah baterai non removable bisa diganti dengan jenis baterai Removable ?. Mungkin sebagian pembaca ada yang bilang tidak bisa dan ada sebagian yang lain bilang bisa. Bagi admin Dunia android yang sudah sering berkutat dengan baterai Ponsel, admin akan memberikan jawaban pasti yaitu bisa. Benarkah seperti itu ? Simak ulasannya di bawah ini.

baterai non removable

Baca Juga : Beda Baterai Removable dengan Non Removable

Seperti diketahui, bahwa ada sebagian pengguna ponsel yang anti dengan adanya baterai Non removable alias baterai yang tidak bisa dibongkar pasang dengan leluasa, serta banyak yang memilih baterai bongkar pasang karena alasan lebih efisien dan mudah untuk mencari penggantinya di pasaran. Memang janwaban tersebut benar dan admin akui bahwa baterai Non removable sangat sulit didapatkan dan bila rusak maka cara paling jitu menggantinya adalah memsan baterai melalui service ccenter resmi ponsel tersebut. Walau di pasaran bebas ada yang menjualnya namun mencari yang cocok dengan tipe dan ukuran untuk ponsel terasa mencari jarum dalam jerami.

Lalu apa syarat mengganti baterai non removable dengan baterai yang removable agar ponsel bisa berfungsi secara normal kembali ?, sebenarnya syaratnya cukup mudah, silahkan simak di bawah ini :

1. Pertama kali tentunya anda harus membongkar ponsel dan mengetahui karakteristik Baterai non removable tersebut, maksudnya adalah segi dimensi atau ukurannya, panjang lebar dan ketebalan harus anda ukur sedemikian rupa.


2. Setelah tahu ukuran atau dimensi baterai, anda harus tahu seberapa besar daya atau ampere yang ada di baterai tersebut, Kalau tegangan saya yakin semua ponsel saat ini menggunakan standart tegangan baterai 3,7volt, namun daya yang dikeluarkan pastilah berbeda satu dengan yang lainnya.

3. Setelah tahu ampere dan dimensinya, maka tugas anda adalah membeli baterai dengan dimensi yang sama namun ampere boleh diatas defaultnya. karena semakin besar ampere maka semakin lama daya hidup baterai menyuplai ponsel anda.

4. anda bisa mencari ukuran dimensi yang lebih kecil dari default baterai bawaan ponsel, namun anda harus mencari penyangga atau menempelkan baterai agar tidak goyang.

5. Bagimana dengan konektornya ?, itulah tugas anda, konektor baterai non removable tidaklah seperti baterai removable pada umumnya, karena terbuat dari kabel flexible. untuk mengakalinya silahkan menyambung secara manual kutub demi kutub pada baterai removable. Ingat, jangan sampai terbalik memasang kutub-kutubnya.

6. Anda bisa memasang kabel dengan bantuan isolasi atau solder bila diperlukan agar lebih kuat. Bila tidak bisa memasang kutub-kutub baterai silahkan bawa ke tukang service ponsel terdekat pasti mengerti cara kerja dan pasang kutub baterai ponsel anda.

Dari beberapa tips ulasan diatas tentunya sangat beresiko bila dilakukan oleh orang yang tidak mengetahui dasar-dasar arus listrik, bukannya ponsel menjadi hidup malah nanti bisa konsleting dan merusak ponsel anda. Bila anda yakin sudah menemukan baterai removable sebagai ganti baterai non removable maka langsung saja menuju tukang service untuk dilakukan 'renovasi' pemasangan baterai. Semoga ulasan diatas bermanfaat.


Emoticon Emoticon