» , , , » Beda Panel layar OLED dan AMOLED

Beda Panel layar OLED dan AMOLED



Teknologi panel layar di smartphone semakin canggih dengan beberapa varian pilihan bagi penggunanya. Dari panel layar LCD, TFT LCD, IPS, RETINA, S LCD, CLEARBACK sampai OLED dan AMOLED semakin menambah daftar panjang teknologi panel layar canggih. Sekarang dunia android akan sedikit membahas tentang beda antara OLED dan AMOLED pada teknologi panel layar smartphone.

beda antara oled dan amoled

OLED atau kepanjangannya Organic Light emitting diode merupakan light emitting diode ( LCD ) yang mana lapisan yang memancarkan cahaya terbuat dari bahan-bahan organic dan ramah lingkungan. OLED tidak membutuhkan sinar latar atau backlight untuk menampilkan gambar pada layar. dengan teknologi ini maka konsumsi daya bisa diminimalkan serta mampu menghasilkan level warna hitam yang lebih pekat dan dalam.

Kedalaman warna di OLED panel lebih baik dari teknologi warna di LCD. OLED mampu menghasilkan warna yang tajam, sudut penglihatan lebih lebar, brightness cerah namun tetap hemat energi. Untuk segi fisik dari OLED sendiri lebih tipis dibanding teknologi layar panel LCD.

AMOLED kepanjangan dari Active Matrix Organic Light Emitting Diode, merupakan varian terbaru dari OLED. Rasio kontras yang lebih tinggi dan Konsumsi daya lebih hemat . Namun teknologi AMOLED untuk menampilkan gambar di bawah terik matahari masih susah dilihat, maka dari itu muncullah pembaharunya yaitu Panel layar Super Amoled dengan menurunkan jarak antar layer di panel instrumennya. 

Teknologi panel Oled dan Amoled sendiri merupakan identik besutan dari vendor kenamaan yaitu samsung. Dimana panel layar ini sering kita jumpai pada produk-produk smartphone samsung terkini. Nah, sudah tahu kan apa itu OLED dan AMOLED ?, semoga sedikit ulasan tentang panel Layar smarthone diatas bermanfaat.

loading...

0 komentar:

Post a Comment

Silahkan tinggalkan komentar saudara dengan sopan dan santun
Komentar anda akan dimoderasi Terlebih dahulu ...

loading...