Friday

Arti BootLoop Android, Sebab dan Cara mengatasinya

Pernah mengalami android anda tidak bisa booting ? atau restart berulang-ulang dan hanya menampilkan logo boot ponsel walau anda tidak menyentuh tombol apapun di ponsel anda ?. Itu bisa dinamakan bootloop. Di dalam sistem operasi android umum ditemukan kegagalan sistem ketika akan menyalakan ponsel. ada beberapa sebab mengapa bootloop bisa terjadi dan pasti ada solusi mudah didalamnya. Walau banyak situs yang membahas tentang bootloop namun apa salahnya Dunia Android kembali mengulasnya untuk anda dengan gaya bahasa yang tentunya mudah untuk dipahami.


Istilah BootLoop sendiri sebenarnya berasal dari 2 suku kata yaitu Boot dan Loop. Boot dalam bahasa sistem operasi adalah proses awal dimana ponsel menyiapkan segala peripheral input-output dan meloading berbagai script yang diperlukan agar ponsel bisa menyala dengan sempurna. Sedangkan Loop dalam segi bahasa adalah pengulangan atau berulang-ulang. Bila dipadukan maka arti BootLoop dalam dsistem operasi adalah kejadian diamana sistem operasi tidak bisa melakukan booting atau booting namun berulang tanpa sukses memasuki mode normal.

Bootloop di android sendiri bisa disebabkan oleh berbagai sebab seperti :

1. Kesalahan pada instalasi aplikasi

2. Kegagalan melakukan Root ponsel

3. Mengubah isi script yang ada di root atau folder sistem android

4. Kesalahan menanam font dari pihak ke-3

5. Sering melepas baterai ponsel secara tiba-tiba dalam keadaan ponsel android masih menyala.

6. Menghapus file sistem tanpa kesengajaan maupun dengan disengaja, dan lain sebagainya


Kemudian bagaimana cara mudah mengatasi bootloop pada ponsel android itu sendiri ?. sebenarnya Android diciptakan dengan berbagai kemudahan pada penggunanya, dan di kasus bootloop ini pengguna tidak perlu buru-buru membawa ponsel kesayangannya ke tukang servis sebelum melakukan tips di bawah ini.
  • 1. Bootloop bisa diatasi dengan melakukan factory reset atau penyetelan ke default bawaan android. penyetelan ulang pada kasus bootloop dilakukan dalam keadaan ponsel off. Tekan tombol power + home + volume up secara bersamaan dan akan keluar mode root untuk bisa dimanfaatkan sebagai langkah factory reset. dalam beberapa tipe ponsel ada perbedaan cara melakukan penekanan tombol untuk masuk ke boot menu.
  • 2. Bootloop juga bisa dilakukan dengan prosedur recovery mode. Dimana pada setiap ponsel ada yang mempunyai fungsi ini dan ada yang tidak. Untuk masuk ke mode recovery silahkan tekan tombol volume up + volume down + dan power secara bersamaan dan ikuti langkah recovery agar sistem dapat di repair kembali. 
  • 3. Dan langkah terakhir apabila 2 langkah diatas tidak bisa digunakan tentu cara terakhir adalah melakukan flshing firmware ulang ke tempat service smartphone.
Semoga sedikit ulasan tentang Bootloop pada ponsel android diatas bermanfaat. Jangan lupa baca juga tips dan info menarik lainnya seputar dunia android di bawah artikel ini.


Emoticon Emoticon